Rabu, 16 Maret 2011

Pemilihan komoditas akuaponik

Sistem akuaponik ini masih belum banyak informasi tentang kesesuaian antara komoditas ikan yang dipelihara dengan komoditas tanaman yang ditanam. Yang terpenting adalah air yang telah digunakan dalam budidaya kembali menjadi baik kualitasnya setelah dilewatkan pada media tanam untuk menghidupi tanaman yang ada.
Pemilihan jenis ikan
Sebagai bisnis pokok dalam teknologi akuaponik, pemeliharaan ikan menyumbangkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan usaha tanaman sayuran. Beberapa hal yang berkaitan dengan pemeliharaan ikan secara baik dalam teknologi akuaponik antara lain adalah mengenai jenis ikan yang dipelihara. Pemilihan jenis ikan yang akan dipelihara merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan denga tepat agar usaha pemeliharaan ikan dalam teknologi akuaponik dapat berhasil. Beberapa jenis komoditas ikan air tawar yang umumnya dapat dipelihara adalah ikan nila, patin, gurame, tawes, mujair, mas, lele, bawal dan ikan hias.
Pada umumnya jenis-jenis ikan tersebut tidak memerlukan pemeliharaan yang relatif rumit. Yang penting adalah air yang berkualitas baik, tersedia cukup pakan, dan benih yang sehat merupakan sarat utama dari pemeliharaan ikan tersebut.

Pemilihan jenis tanaman
Tanaman dengan akar yang tidak terlalu kuat merupakan salah satu syarat untuk dipelihara dalam sistem akuaponik dengan menggunakan sistem filter yang sederhana. Sementara tanaman dengan akar yang kuat dan mempunyai ukuran besar tidak dianjurkan untuk dipelihara karena dapat merusak bak filternya.
Tanaman dengan nilai dan jumlah kebutuhan pasokan di pasar yang relatif tinggi juga merupakan salah satu pertimbangan dalam sistem akuaponik. Produk tanaman-tanaman tersebut akan semakin tinggi dibandingkan dengan produk serupa di pasar karena produk tanaman akuaponik boleh dikatakan merupakan produk organik. Dalam akuaponik, tidak menggunakan pupuk anorganik dalam pemeliharaannya, melainkan hanya dengan air yang telah diperkaya oleh limbah atau kotoran dari kolam ikan. Beberapa sayuran yang bisa ditanam dengan sistem akuaponik yaitu : kangkung, selada, sawi, caisim, bayam, seledri, cabai, tomat, timun.


2 komentar:

YUDA CAHYANING SAPUTRO mengatakan...

mas randi, sy minta bantuan ilmunya,,
1. alas yang di pakai untuk aquapinicnya pakai apa ya? apakah plastik
2. apakah gambar di tengan papan putih untuk menancapkan tanaman itu adalah stroform, berapa tebalnya dan apakah ada jarak antara dinding dan stroformnya?
3. pompa yg di gunakan menggukanan pompa aquarium apakah bisa (yg kekuatan brapa? untuk kolam lele ukuran 5x2)
trima kasih sebelumnya ,, semoga smakin sukses... amieeen

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Yuda :

1. Untuk foto diatas kami menggunakan arang sekam dan untuk foto dibawahnya lagi kami menggunakan kapuk untuk menanam tanaman sebagai media pengikat tanaman untuk bisa berdiri dan menggantung.

2. betul sterofoam, tebal 2 cm, jarak antar dinding bawah dengan sterofoam 5 cm.

3. Pompanya tidak menggunakan aquarium, akan lebih mahal. Kami menggunakan pompa air sumur.

Terima Kasih

Randi Farm

Posting Komentar