Selasa, 22 Maret 2011

Penanaman Tanaman Aquaponik

Setelah dilakukan penyemaian dengan menggunakan pupuk organik (kompos maupun kandang) maka dipilih benih tanaman yang baik untuk dipindahkan ke dalam bak pemeliharaan tanaman di kolam. Umumnya benih yang digunakan dalam sistem akuaponik adalah benih tanaman yang sudah mencapai ketinggian 10 cm.
Benih tanaman beserta akarnya dipindahkan dari penyemaian ke dalam bak pemeliharaan pada sore hari. Hal ini untuk menghindari benih tanaman layu setelah pemindahaan. Benih tanaman diusahakan dalam posisi tegak dengan bantuan media tanam sebagai tempat pemeliharaan.
Jarak tanam antar tanaman merupakan hal yang perlu diperhatikan jika digunakan wadah pemeliharaan. Jarak tanam tergantung daru jenis tanamannya. Untuk tanaman kangkung, pakchoi dan selada jarak tanam yang dianjurkan 10 cm. Sedangkan untuk tanaman tomat, cabai dan terung sayur hendaknya jarak tanamannya berkisar 40 cm. Jarak tanaman yang sesuai dengan jenis tanaman yang dibudidayakan akan membuat tanaman tersebut tumbuh dengan baik karena adanya ruang tumbuh yang memadai.
Jika menggunakan wadah berupa pot/ember maka jarak tanam sangat tergantung pada wadahnya. Umumnya setiap pot ditanami satu tanaman. Untuk jarak tanam setiap wadah dapat disesuaikan atau wadah disusun agak rapat antara yang satu dengan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar