Selasa, 22 Maret 2011

Perawatan Tanaman Aquaponik

Dalam sistem akuaponik, pemupukan yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman secara terus-menerus dipasok melalui air yang dialirkan dari kolam yang cukup mengandung bahan-bahan organik dari sisa-sisa pakan maupun hasil metabolisme ikan.
Tugas kita hanya sebatas mengontrol lancarnya pasokan dan pengeluaran air di bak pemeliharaan tanaman agar tidak kurang ataupun lebih sebagai akibat kemungkinan buntunya lubang outlet. Selain itu, menjaga tanaman agar tetap tegak juga merupakan hal yang perlu diawasi setiap harinya.

Kesehatan tanaman juga lebih terjamin mengingat pasokan makanan buat tanaman yang terjamin. Di samping itu, pemanenan secara periode maupun total dengan mengganti keseluruhan tanaman dengan tanaman baru yang sejenis ataupun berbeda juga berfungsi untuk memotong daur hidup patogen yang biasanya menyerang tanaman dan dapat mempengaruhi hasilnya. Pada umumnya dari hasil kajian yang telah dilakukan, tanaman yang dipelihara dengan sistem akuaponik tumbuh lebih bagus dibandingkan tanaman konvensional. Hasilnyapun lebih terjamin sebagai komoditas organik yang jauh mempunyai nilai tambah dibandingkan komoditas biasa.

0 komentar:

Posting Komentar