Rabu, 23 Maret 2011

Profil RANDI FARM

Misi
Mensosialisasikan, mendukung dan menciptakan gaya hidup sehat dengan menyediakan sayuran berkualitas non kimia dan bebas pestisida.
Menerapkan teknologi tepat guna untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi agrobisnis baik dari sayuran dan hasil perikanan.

Latar Belakang
"Randi Farm" adalah usaha kecil mikro didaftarkan atas nama Randi Farm momentum yang didirikan pada tanggal 21 Agustus 2010 . Ini adalah merek dagang dari sayuran aquaponik, yang merupakan rumah plastik komersial yang menggunakan teknologi aquaponik di Indonesia.

Ide awal "Randi Farm" muncul setelah keinginan untuk menerapkan ilmu pertanian khususnya hidroponik yang didapat dari hasil belajar di perkuliahan. Selain itu peluang akan konsumsi sayuran sehat dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat. Percobaan pertama dilakukan pada  Agustus 2010 dengan teknik hidroponik NFT dimana sumber nutrisi diambil dari air ikan lele untuk komoditas selada. Percobaan ini dilakukan di rumah plastik di Karangwangkal Purwokerto hanya dengan luasan  91 m2. Selama percobaan dua bulan dan ditawarkan ke swalayan dan toko buah ternyata serapan pasar sangat baik. Percobaan selanjutnya pada komoditas kangkung dimana hasil yang didapat kangkung sangat baik dan serapan pasar yang  bagus. Hasil yang baik digunakan sebagai dasar perluasan lahan di Bobosan Karang Salam purwokerto dengan luasan lahan mencapai 709 m2.

Teknologi
Aquaponik adalah teknologi terapan hemat lahan dan air yang dikombinasikan dengan berbagai tanaman sayuran dan budidaya ikan. Nutrisi untuk sayuran didapat dari air kolam ikan yang mengandung unsur hara makro dan mikro hasil pelarutan dan perombakan bahan organik dari air ikan.


Rumah plastik kami terbuat  dari plastik UV untuk atap dan bambu sebagai kerangka. Lahan penanaman hidroponik dibuat dari kerangka kayu dan bambu serta fiber glass sebagai bahan tempat penanaman. Untuk kolam ikan dibuat dari terpal tepat dibawah tempat penanaman. Air selalu di filter dan bergerak dengan teknik hidroponik substrat.


Sayuran diproduksi dengan menggunakan teknologi ini bebas pestisida kimia  dan nutrisi kimia karena itu secara signifikan lebih sehat , segar dan higienis.

Pengembangan Produk
 
 
Saat ini Randi Farm terus mengembangkan berbagai komoditas yang dibudidayakan dengan sistem aquaponik. Komoditas utama yang dibudidayakan saat ini kangkung, tomat dan timun. Rencana kedepan akan terus mengembangkan komoditas sayuran daun seperti, selada, caisim, sawi, dan bayam dengan teknik aquaponik.
Untuk komoditas ikan, kami membudidayakan ikan lele dengan teknologi padat tebar yang bisa mengoptimalkan lahan dengan biaya yang murah dengan menggunakan terpal. Hasil ikan lele lebih menarik karena lele dibudidayakan dengan sumber oksigen yang cukup sehingga menghasilkan lele  dengan warna yang cerah dan tidak gelap.

18 komentar:

Anonim mengatakan...

pak, bisakah saya belajar hidroponik lewat dunia maya ini pak?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Silahkan bapak dengan senang hati...ilmu memang harus dibagikan...salam hangat dari kami

mil mil mengatakan...

Saya browsing dari google, mreka ada pake heat ato solar panel.. apakah di Indonesia dibutuhkan jg??
kalo utk tanaman masi terbatas yah??

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Terima kasih atas pertanyaannya.
Indonesia memiliki lama penyinaran matahari yang stabil yaitu 12 jam, dan cukup untuk memberikan penyinaran bagi fotosintesis tanama sepanjang tahun. Solar panel dan heat biasa digunakan dinegara yang lamanya penyinaran matahari kurang dari 12 jam. Biasanya di musim gugur atau dingin. Untuk diindonesia heat atau solar panel biasa digunakan untuk kultur jaringan atau penanaman hidroponik indor (dalam ruangan)

Randi Farm

O-chon mengatakan...

mas, ukuran tempat penanaman dan tempat pemeliharaan ikan yang mas buat panjang lebar dan tinggi berapa ?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Maaf baru dibalas untuk saudara O-chon ukuran tempat penanamannya saya gunakan ukuran lebar 1 m x panjang 4 meter dengan tinggi 1 meter. Untuk pemeliharaan ikan tinggi 50 cm kalo ukurannya disamakan dengan ukuran penanaman krn tempatnya tepat dibawah tempat penanaman.jadi pemeliharaan ukuran lebar 1 m, panjang juga 4 meter.

Electric World mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Widodo mengatakan...

Klo saya terapkan didesa saya bagaimna mas

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

tentu bisa bapak..sistem budidaya lele organik dan menanam sayuran aquaponik tidak terbatas daerah semata..semua daerah bisa melakukannya :-)

Anonim mengatakan...

Salam Kenal Mas,

Sy ingin sekali memiliki kebun & aqua ponik nampaknya cocok untuk saya coba. Saya tinggal di riau, saya memiliki lahan seluas 30x50m.
Kalau boleh mohon bantuan untuk bimbingannya mas, dari awal sampai akhir. Apakah sy perlu datang ke purwokerto untuk melihat & praktik secara langsung?

Terima Kasih,
Maman

david d fernando mengatakan...

untuk kolam lelenya khan berada di bawah tempat penanaman sayur, berarti tidak terkena sinar matahari langsung khan pak? apa tidak beresiko tumbuh jamur dan bakteri yang dapat mengganggu ikan lele tersebut,

trims
david

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

sekarang kami sudah tidak menggunakan sistem tersebut..semua kolam kami diluar dan tidak dibawah tempat penanaman sayur :-)

Anonim mengatakan...

salam kenal bang...air yang digunakan misal harus ngambil dari pam/pdam,,,bisa gak bang?
thnk's

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Biasanya air dari PDAM mengandung kaporit yang tinggi. Baiknya dibuat kolam sendiri untuk mengendapkan kaporitnya..

Anonim mengatakan...

Saya indrato, saya sangat tertarik dgn teknologi aquaponik dan hidroponik,saya ingin tetap punya aktifitas dihari tua, apa ada syarat tertentu agar saya bisa belajar dari awal sampai menguasai semuanya? Saya masih awam bidang tsb, berapa lama wajarnya utk berguru dgn bpk? Terima kasih pak, saya sangat menunggu kabar baik dari bapak, salam dari kami dan semoga than melimpahkan berkah.

holand bakeri mengatakan...

saya sangat tertarik dengan bisnis bpk randi..ide2 ya kreatif.
sya juga mw pengen belajar dengan bpk randi..apakah bisa pak.terimakasih

Anonim mengatakan...

assalamualaikum, apa di perusahaan bapak menerima siswa untuk pkl?

Mohammad Yusuf mengatakan...

Mohon maaf kami sudah tidak budidaya sayuran aquaponik lagi. Terima kasih

Posting Komentar