Jumat, 06 Mei 2011

Azolla campuran pakan ikan berkadar protein tinggi


Setelah postingan sebelumnya, kita membicarakan tentang cara pembuatan pakan ikan sendiri. Kini kami akan memberikan info tambahan pakan campuran yang kaya akan protein dan mudah didapat.  Azolla telah dikenal do China sejak tahun 1540, dan pada awal abad ke 17, beberapa daerah telah menggunakan Azolla sebagai pupuk hijau. Azolla berasal dari bahasa latin, yaitu Azo yang berarti kering dan Ollyo yang berarti mati. Tanaman ini akan mati bila dalam keadaan kering. Azolla merupakan tumbuhan sejenis paku-pakuan air yang hidupnya mengambang di atas permukaan air. Berukuran kecil, lunak, bercabang-cabang tidak beraturan. Helain daunnya tumpang tindih, tersusun saling menutup.
Apa keunggulan Azolla????
Azolla selama hidupnya bersimbiosis mutualisme dengan ganggang hijau biru Annabaena azollae, yang mampu memfikasi nitrogen dari udara bebas. Kerja sama yang saling menguntungkan antara Azolla sebagai tanaman inang dan Annabaena azollae yang menumpang hidup, terjadi sebagai berikut:
1. Annabaena azollae mengakumulasi nitrogen dari udara dalam jumlah yang banyak, melebihi kebutuhannya, sehingga kelebihannya dilepaskan ke dalam media (tanaman inang) dan lingkungan tumbuh Azolla tersebut, sehingga dengan demikian Azolla dapat berkembang secara vegetatif dengan sangat cepat.
2. Sebaliknya Annabaena azollae memperoleh karbohidrat dari tanaman inang Azollae.
Penelitian Azolla Terhadap Pakan Ikan
Penelitian mengenai pengaruh tepung Azolla sebagai bahan penyusun pakan ikan nilai merah oleh Widya Susanto pada tahun 1995, memberikan hasil sebagai berikut :
1. Tepung Azolla tidak mengganggu proses daya cerna protein pada ikan.
2. Penambahan azolla pada pakan ikan yang paling baik dilakukan pada kadar 15%-16% atau dengan perbandingan 1:3 antara protein tepung kedelai dengan Azolla.
Di china, penelitian terhadap ikan gurame dengan memberikan tambahan pakan 22,8% Azolla segar ke dalam konsentrat pakan ikan, ternyata tidak merubah kualitas ikan sama sekali. Setiap pemberian Azolla sebanyak 31,5 kg, dapat meningkatkan berat badan ikan gurame sebesar 1 kg/ekor.
Dengan hasil penelitian yang dilakukan memberikan hasil yang baik dan berpengaruh terhadap ikan. Dengan manfaat kandungan nitrogen yang tinggi pada Azolla hal ini sangat baik jika dijadikan pakan campuran pada pembuatan pakan sendiri. Kandungan Nitrogen yang tinggi pada azolla akan meningkatkan kadar protein pada pakan buatan.
Info lebih lanjut kontak kami di
HP : 085647613701
Email : randifarmpurwokerto@gmail.com

20 komentar:

hendrik.hutabarat@yahoo.com mengatakan...

Salam kenal pak, saya hendrik di medan-sumatera utara-indonesia, saya ingin tahu, dimanakah alamat penjual azolla di medan ? bagi yang tahu, mohon di informasikan ke email : hendrik.hutabarat@yahoo.com atau sms ke hp no. +6285262020304 terima kasih.

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Salam kenal Bapak Hendrik. Mohon maaf kami kurang paham alamat penjual azolla di medan karena kami sendiri berdomisili di purwokerto jawa tengah.Nanti jika ada info akan kami kabari.

Terima Kasih

Anonim mengatakan...

salam kenal pak,,,saya febri dari pontianak-KALBAR...mau tanya apakah bpk menjual azolla trus brapa harga nya????
mhon infonya ke email:nurfebrian@ymail.com atau sms ke no 085750169353 terima kasih

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Salam Kenal Saudara Febri. Kami saat ini tidak menjual azolla.Kalopun ada kami akan berikan gratis. Saat ini kami baru memproduksi untuk kebutuhan kami. Azolla itu tanaman yang mudah dibudidayakan kami tidak akan menjual bahkan kami akan beri gratis. Tapi sayangnya susah untuk dikirim.Apalagi hingga ke kalimantan, jika dikirim akan mati dijalan.Apakah ada cara lain??

Anonim mengatakan...

Salam kenal neh Om Randii...
Saya Adnan dari Tangerang, Tapi sedang menjalani kuliah dan menetap d Malang???

saya ingin mengetahuii bagaimana cara budidaya Azolla nih Om...
mohon bantuannya???

Syukron. .

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Salam Kenal Mas Adnan...

Cara budidaya azolla mudah. Cukup dengan membuat kolam sebagai contoh ukuran 3 x 2 dan tergantung luasan lahannya juga. Bisa dibuat dari terpal atau plastik biasa. Ketinggian kolam dibuat 30 cm dan sebelum diisi air diberikan kompos dan tanah pada lapisan bawah kolam ketebalan 3 cm. Lalu baru diisi air setinggi 20 cm.Kemudian azolla bisa ditebar dan akan berkembang. Semoga membantu.

Terima Kasih

Randi Farm

Anonim mengatakan...

Mas. . .
minta email atau no Hp nya bisa ga. . .

pengen Bisa Lebih jauh memahaminya???
dan saya pengen juga kayak mas randii...
Budidaya Azolla dan Budidaya ikan Lele. . . .

Mohon bantuan dan ilmunya Mas. . .


sebelumnya terima kasih. . .

Adnan Baradja
adnan.baradja@yahoo.co.id
083874448527

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Salam kenal..Untuk Email dan no HP sudah kami cantumkan diatas.
Email kami : randifarmpurwokerto@gmail.com
HP : 085647613701

Terima Kasih

Anonim mengatakan...

salam kenal mas randi
saya heri dari kudus,untuk wilayah jawa tengah dimanakah saya bisa mendapatkan bibit azolla? terutama daerah yg dekat dengan wilayah kudus

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Kami juga menjual bibit azolla untuk dikembangkan. Harganya 35 ribu dan ongkos kirim 35 ribu.
Infonya ada di postingan kami
http://randifarm.blogspot.com/2011/12/order-benih-azolla-randi-farm.html

Anonim mengatakan...

Salam kenal mas randi,

Saya Litra. Mas,untuk mengembangkan azolla dari bibit kira2 butuh waktu berapa lama ya sampai nantinya siap digunakan? Rencananya untuk pakan ternak.

Kira2 bibit azolla yang mas jual, 1 kemasan itu nantinya bisa jadi berapa gr atau kg azolla?

kalo butuh kira2 400 kg azola, butuh berapa bibit mas?

Terimakasih

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Salam kenal Litra..

Azzola itu seperti enceng gondok satu genggam bibit saja akan menyebar dengan luas..daya berkembangnya 40x dlam dua minggu..

Yang kmi jual nanti bisa berkembang menjadi banyak..bahkan 400 kg juga bisa..memang butuh waktu juga..satu kemasan sudah bisa berkembang banyak.

Terima Kasih

Akang mengatakan...

Salam kenal mas randi,

Saya Arief. Mas, dari bandung. saya ingin mencoba mengembangkan azolla, bisakah mas kirim ke saya? kalo dijual berapaan? Rencananya untuk pakan ternak ikan lele sangkuriang, sy baru berternak udah 8 bulan, baru bisa untuk skala rumah tangga saat ini.


Terimakasih

Gustina Dwi Debora Bangun mengatakan...

Salam kenal mas randi,

Saya Tina...
Saya mau pesen azolla pinnata
kira2 kita bisa pesen ke mas randi?
Terima kasih...

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Salam kenal mba tina..untuk sekarang kami belum bisa menjual azzola dahulu karena stoknya sedang habis..nanti jika sudah siap..akan kami kabari kembali. Terima Kasih

Randi Farm

Anonim mengatakan...

Salam Kenal pak: Saya dari kediri jawa timur, snagat tertarik< Insya Alloh Suatu saat saya pengin silaturahmi ke purwokerto untuk belajar membuat pakan, selama ini saya belajar dari temen temen yang katanya sudah training di purwokerto,
Hormat Kami Arif
Email: Arifhidayatprw@yahoo.com

Intan Hapsari mengatakan...

salam kenal pak,saya intan dari brebes, ingin bertanya kalo pemberian azolla pada ikan lele ada pengaruh'nya atau tdak...

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Arif : Baik mas arif..silahkan.
@Intan : pemberian azzola baik untuk ikan..namun baiknya diberikan dalam keadaan kering dan jangan terlalu sering.
Per minggu 3 kali.

Terima kasih

Randi Farm

Le_Dave mengatakan...

SEDIA AZOLLA,
Sebagai pakan ternak alternatif ayam, lele, dll. juga pupuk untuk sawah dan ladang...
Harga = Rp. 20.000 per paket isi 500gr (belum Bea Kirim)
Siap kirim seluruh Indonesia dan siap COD daerah MADIUN dan SEKITARNYA...
Garansi hidup 1 bulan...
Minat serius? HUB 08993348711
Ayo Hijaukan INDONESIA dengan pakan ORGANIK...

percetakan tangerang mengatakan...

salam kenal om....saya lagi belajar ternak tapi baru banget sih, mo nanya kalo azolla bisa dibudi dayakan di aquarium gak yah...soalnya saya gak punya kolam

Posting Komentar