Kamis, 05 Mei 2011

Membuat Pakan Ikan Sendiri

Setelah kita mampu membuat mesin pembuat pelet sendiri. Sekarang akan saya share lagi info tentang cara membuat pakan ikan sendiri. Info ini saya dapat dari narasumber saat mengadakan pelatihan aquaponik di Kelurahan Purwanegara Tanggal 5 Mei 2011 bertepat di Aula Kelurahan Purwanegara. Diharapkan info ini bisa disebarluaskan kepada petani ikan agar bisa melakukan swasembada pakan ikan sendiri. Dalam pembuatan pakan ikan yang harus diperhatikan kadar protein pada ikan, walaupun kadar karbohidrat, serat dan vitamin juga diperlukan akan tetapi protein lebih banyak diperhatikan. Sehingga perlu perhitungan yang tepat dalam meramu pakan ikan tersebut. Setelah perhitungan jelas , bahan pakan ditimbang lalu dicampur satu persatu hingga homogen. Untuk bahan ikan sebagai sumber protein jangan diambil dari limbah ikan air tawar karena bisa menyebabkan ikan bersifat kanibal terhadap ikan lain. Gunakan limbah ikan dari ikan air laut atau ikan laut BS. Untuk perbandingan dan  campuran awal yaitu
A. Bahan Adonan Besar
1. Limbah ikan atau Ikan Laut BS ( 9 kg)
2. Parutan Singkong ( 3 kg)
3. Aci singkong (1/4 kg)

4. Dedak (1,5 kg)
5. Daun Bambu (1/4 ons)
Kelima bahan diatas dicampu menjadi satu menjadi adonan besar yang homogen. Setelah itu kita membuat larutan khusus untuk campuran adonan besar. Larutan ini dibuat dengan perbandingan 1:1 untuk semua bahan. Cara membuat larutan campuran adonan sebagai berikut :
1. Mikroba 2 atau bisa menggunakan probiotik

2. Nutrisi ikan : bisa dibuat dengan cara membuat jus ikan sehingga menjadi halus
3. Tulang sapi
4. Cangkang Telur
5. Jahe
6. Bawang putih
Keenam bahan diatas dibuat dengan perbandingan 1:1 semua. Jika dibuat 1/4 kg jadi semua perbandingan bahan 1/4 kg semua. Lalu dihaluskan dan dicampur menjadi larutan khusus untuk campuran adonan besar.
Larutan dari keenam bahan diatas lalu diambil sebanyak 1 tutup botol air mineral (kurang lebih 8 ml), lalu ditambahkan dengan 8 liter air. Lalu 8 liter air yang sudah ditambahkan 1 tutup larutan dicampur dengan adonan besar diaduk merata hingga homogen.
Kemudian di FERMENTASIKAN ke dalam Drum Plastik selama 1 minggu dan ditutup rapat. Jika sudah satu minggu tutup drum akan menggembung tandanya terdapat gas didapat drum. Dibuka jika baunya tajam seperti bau tape bahan pakan ikan sudah jadi. Kemudian dikeringkan atau dijemur selama 3 hari. Jangan dikeringkan melalui oven karena akan mematikan mikroba yang terdapat pada bahan pakan. Jika ingin pakan berbentuk granul saat dikeringkan/dijemur dicampur tepung tapioka. Pakan siap digunakan setelah kering selama 3 hari. Fermentasi diperlukan untuk meningkatkan protein dari bahan-bahan yang sudah dicampur.
Saat ini kami sedang mencoba membuat pakan sendiri dari resep diatas.Semoga informasi ini bermanfaat untuk semua. Info lebih lanjut hubungi kami di
HP : 085647613701
Email : randifarmpurwokerto@gmail.com

6 komentar:

Endah Rosriani Apriliani mengatakan...

Salam kenal .......
makasih artikel nya, bermanfaat sekali

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Terima kasih ibu endah

Ada resep yang lebih lengkap lagi bu.Silahkan kirim email ke kami di randifarmpurwokerto@gmail.com

Salam...

Daryanto mengatakan...

Sukses terus usahanya mas Yusuf

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Terima Kasih banyak pak Daryanto atas doa dan dukungannya :-)

Agen starbio ternak (Fermentasi) mengatakan...

Terimakasih telah berbagi informasi mas,SUKSES terus

Rudy mengatakan...

great inovations :)

Posting Komentar