Rabu, 29 Juni 2011

Go Green Tujuan Besar Kami (Randi Farm)


Semakin bertambahnya waktu dunia tempat tinggal kita akan semakin tua, disisi lain kehidupan manusia di bumi ini semakin bertambah. Kita senantiasa hidup dengan sesuatu yang serba praktis dan cepat. Padahal tidak semua hal bisa dilakukan dengan praktis dan cepat. Seperti halnya bahan tambang, minyak bumi, batubara yang setiap harinya kita keruk dan eksploitasi. Apakah itu terjadi dalam proses yang cepat!!! Tidak..minyak bumi dan batubara perlu proses dan waktu yang sangat panjang untuk bisa dimanfaatkan.Filosofinya adalah
"ALAM TIDAK TERBURU-BURU, ALAM BUTUH WAKTU NAMUN ALAM AKAN MEMBERIKAN SEMUA YANG KITA BUTUHKAN"
Semua hal didunia ini butuh proses tidak bisa cepat. Sayangnya kita terbiasa dengan sesuatu yang cepat mulai dari makanan cepat saji, instan sampai dengan kegiatan budidaya baik ikan, tanaman dan ternak. Dalam ranah budidaya pertanian, perikanan dan peternakan konvensional, karena sasaran yang diambil adalah keuntungan, uang dan materi dengan mempercepat masa tumbuh dan pemberian pakan pabrikan yang harganya sangat mahal. Hasilnya semakin banyak petani, peternak yang mengeluhkan harga pakan yang tinggi dan jumlah kematian yang semakin banyak.

Disisi lain dengan penggunaan obat, bahan kimia, antibiotik  yang besar baik pada hewan dan tanaman, justru akan merusak keseimbangan alam, meningkatkan polusi dan kontaminasi di indonesia. Dari sisi hewan dan tanaman,  terlalu tinggi tingkat residu bahan kimianya yang justru akan merusak kesehatan manusia jika dikonsumsi. Bahkan di negara-negara pengekspor sudah banyak sekali produk hewani di indonesia yang ditolak seperti link berita konsumen-luar-negeri-tolak-udang-antibiotik-indonesia dan Jepang Tolak Udang Sulsel. Sudah banyak informasi yang membicarakan tentang residu kimia baik dari hewani dan tanaman Awas, Residu Kimia. Apakah kita akan terus seperti ini?? apakah indonesia akan terus menerapkan teknologi yang dimana di negara lain sudah dilarang dilakukan??Apakah indonesia akan terus meracuni dirinya sendiri??apakah kita tidak bisa hidup dengan bahan makanan yang sehat??
RANDI FARM menjawab kita bisa dan kita layak untuk hidup sehat.
Sebagai pelaku pertanian dan perikanan kami selalu berupaya mulai dari kami untuk menerapkan teknologi budidaya yang sehat ,ramah lingkungan dan tetap menjaga keseimbangan lingkungan dengan berprinsip melakukan budidaya sesuai dengan habitat hidupnya. Tehnik hidroponik dilakukan dengan memodifikasi lingkungan sesuai kehidupan di alam dan tehnik budidaya akan kita kembangkan menjadi tehnik budidaya yang sesuai dengan habitat hidup ikan lele. Kami tidak lagi menggunakan sistem intensif dengat kolam tertutup atau indorr. Akan tetapi akan membuat kolam terbuka dengan kebutuhan sinar matahari yang cukup untuk kolam. Dan kami akan bekerja sama dengan Bapak Gunawan sebagai penyedia probiotik organik dengan  Probiotic Organic Miracle Green. Kami sadar fungsi dari agen kecil ini sangat penting bagi keseimbangan dan penjaga kualitas air. Dengan bantuan mikroba probiotik inilah kita bisa membudidayakan baik tanaman dan hewan secara organik secara menyeluruh.
Pertanian organik mengharuskan kegiatan yang menyeluruh dan mandiri dalam menyediakan bahan pangan, nutrisi baik bagi hewan dan tanaman dengan cara yang organik tidak tergantung dari bahan luar. Nantinya kita akan terus berprinsip menyediakan air yang berkualitas baik bagi ikan dan tanaman dan memberikan pakan alami bagi ikan lele. Sehingga kami akan terus mandiri dalam hal nutrisi dan pangan bagi ikan dengan biaya yang murah. Kami senantiasa memberikan ilmu yang sudah kami terapkan untuk masyarakat dan untuk kesejahteraan semua. Nantikan postingan kami selanjutnya!!

ILMU UNTUK SEMUA
DUNIA UNTUK BERSAMA


6 komentar:

Gus Mus mengatakan...

Assalaamu'alaikum wr.wb.

Menurut RANDI FARM, tanaman apa dan jenis ikan apa yang dapat memberikan keuntungan paling maksimal (keuntungan paling besar) untuk sistem Aquaponik.

Terimakasih sebelumnya.
Salam
Agus Mustofa
Cilegon Banten

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Waalaikumsalam wr wb

Menurut kami sendiri belum bisa menjawab karena setiap komoditas memiliki keuntungan dan kekurangan yang berbeda-beda.Misalnya Kangkung daya panen cepat akan tetapi harganya 9000/kg.beda dengan kangkung yang butuh 1,5 bulan akan tetapi harganya bisa 17000/kg. Ikanpun juga sama yang cepat besar butuh pakan protein yang tinggi dan pelet yang besar.Untuk Ikan nila,mujaer dan Gurame pakannya lebih murah tetapi lama. Belum ada penelitian yang membahas margin keuntungan antara dua komoditas tersebut. Jadi kami juga belum tau komoditas yang paling maksimal.

Randi Farm

Anonim mengatakan...

Mantap ...teruslah berkarya. frm ketut-gianyar bali

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Terima Kasih atas dukungan dan doanya saudara ketut..Salam Kenal dari kami :-)

Randi Farm

sultoni aprianto mengatakan...

Salam kenal mas randy,saya peternak lele pemula saya bertempat ϑĩ bogor klo untuk ikut pelatihan ϑĩ purwokerto sangat jauh mas,saya sangat suka dengan artikel mas randy,,,ada video atau buku petunjuk yang lengkap gak tentang ternak lele organik yang hemat biaya ala mas randy,atau bisa kirim email ke bilelton@yahoo.co.id ƍak,trim

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Sultoni : Salam kenal dan terima kasih atas apresiasi yang baik dari saudara kepada .kami juga menjual modul dan cd pelatihan kami seharga Rp 50.000 + ongkos kirim.Silahkan hubungi kami di 085647613701.

Terima Kasih

Posting Komentar