Selasa, 26 Juli 2011

Kolam Kultur dan Kolam Pengkayaan Nutrisi Randi Farm



Bahan material baik berupa tanaman dan hewan yang ada di sekitar kita bisa dijadikan pupuk organik, hanya saja perlu agen pengurai yang akan bekerja menguraikan bahan-bahan yang keras dan padat menjadi bahan-bahan yang tersedia baik untuk tanaman maupun untuk sumber makanan planton dan mikroba yang menguntungkan.
Tanaman membutuhkan unsur hara makro dan mikro dalam bentuk senyawa tertentu untuk bisa diserap dengan baik oleh tanaman. Sedangkan kaitannya dengan kolam, dimana plankton dan mikroba membutuhkan sumber nutrisi dari hasil penguraian material padat menjadi bahan atau senyawa yang siap digunakan.
Sehingga kita membutuhkan kolam khusus yang fungsinya sebagai pengurai dan pemecah bahan organik makro menjadi senyawa organik mikro yang bisa digunakan baik untuk nutrisi tanaman dan sebagai penjaga kestabilan biota air di dalam kolam (Green Water System).
Kolam kultur memiliki fungsi sebagai kolam fermentasi dimana terjadi penguraian bahan-bahan organik makro yang padat menjadi senyawa organik mikro yang siap digunakan. Selain itu didalam kolam kultur akan terjadi penambahan dan perkembangan probiotik yang akan mendukung planton pada kolam ikan dan nutrisi pada tanaman. Didalam kolam kultur akan terjadi konsentrasi atau EC yang sangat  tinggi hingga mencapai 2000 ppm. Hal ini terjadi karena semakin banyaknya bahan organik yang terurai dan terlarut di dalam air. Selain itu dengan semakin berkembangnya probiotik yang menguntungkan akan semakin meningkatkan ketersediaan bahan organik di dalam kolam kultur.
 Jika di analogikan dengan yang lain.Kolam kultur ibaratkan sebuah pabrik penghasil pupuk organik dimana agen-agen pengurainya adalah probiotik yang menguntungkan yang sudah kita berikan dalam perlakuan awalnya. 

Salah satu kolam kultur yang di buat di Randi Farm 





Pupuk organik dari kolam kultur tidak bisa serta merta langsung diberikan ke dalam kolam budidaya ikan dan hidroponik karena memiliki tingkat kepekatan yang sangat tinggi. Sehingga perlu pengenceran menjadi ke tingkat konsentrasi yang lebih encer sekitar 900 ppm dengan penambahan air dan volume air yang lebih besar. 
Sehingga diperlukan kolam khusus yang berfungsi sebagai kolam pengenceran pupuk organik yang kami sebut sebagai kolam pengkayaan nutrisi. Di kolam ini juga akan terjadi perkembangan probiotik yang menguntungkan dalam jumlah besar, kolam pengkayaan juga akan menumbuhkan, nutrisi, enzim, dan pakan alami ikan dalam bentuk makro dan mikro. Dalam bentuk makro yaitu maggot, kutu air, dll. Dalam bentuk mikro yaitu plankton, algae dll. Dari kolam pengkayaan inilah setelah dirasa pakan alami cukup berkembang bisa masuk ke dalam kolam budidaya.

Salah satu kolam pengkayaan nutrisi yang dibuat di Randi Farm





Informasi tentang pembuatan kolam kultur dan kolam pengkayaan nutrisi akan kami berikan baik di pelatihan kami yang akan kami adakan rutin atau bisa datang ke Farm kami di Randi Farm Purwokerto.

GO GREEN WITH ORGANIC

4 komentar:

romeo rohman mengatakan...

ilmu sgt bermanfaat bg kami...mohon ijin share gan..!

Raden W Siahaan mengatakan...

apakah selama proses pengkayaan nutrisi tidak menimbulkan bau yg menyengat?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@romeo : Silahkan semoga bisa mencerahkan..dan bermanfaat..
@Raden : proses dekomposisi jelas akan menimbulkan bau tapi tidak menyengat hanya bau lumpur. Tapi lama kelamaan bau akan hilang akibat proses dekomposisi yang sudah selesai.

Terima Kasih

CATFIZ mengatakan...

Purwokerto benar-benar inovatif

Posting Komentar