Selasa, 26 Juli 2011

Probiotik sebagai agen pengurai dan penghasil pupuk organik


Setelah kita mengetahui fungsi dari kolam kultur dan kolam pengkayaan sebagai wadah tempat proses pembuatan pupuk organik. Kini kita membutuhkan agen pengurai dengan bantuan Probiotik dan agen pengurai lainnya. Hal ini merupakan salah satu kunci dari awal memulai pertanian budidaya aquaponik secara organik. Disinilah fungsi stater yang berisi sekumpulan probiotik akan memulai kerjanya. Stater berisi kumpulan probiotik yang nantinya akan bekerja secara spesifik dan memberikan lingkungan yang menguntungkan bagi perkembangan mikroba pengurai lainnya. Salah satu fungsi probiotik yang penting dalam budidaya organik yaitu mempunyai fungsi menetralisir segala jenis polutan dan kemampuannya yang luar biasa hingga mampu mengangkat logam berat yang merugikan. Hal ini penting karena air diindonesia sudah banyak terkontaminasi oleh logam berat akibat penggunaan pupuk kimia dan pestisida secara berlebihan. Fungsi lain dari probiotik yaitu peranannya dalam membantu ekosistem dimana dia berada, peranannya dalam mengolah nutrisi yang diperlukan dan menumbuhkan tuna serta stabilitasasi air dan tanah yang sangat mengagumkan.

Dalam Green Water System dimana dibutuhkan pupuk organik dalam menjaga biota perairan dengan menumbuhkan plankton yang baik. Didalam sistem kami, pupuk organik yang dimaksud kami namakan Stabilizer Air. Stabilizer air disini berfungsi sebagai penjaga kestabilan kehidupan mikroorganisme didalam air. Mikroba dan probiotik yang tumbuh di dalam Stabilizer Air berfungsi sebagai sumber nutrisi dan sumber probiotik dan mikroba di dalam air. Sehingga dalam pengkondisian kolam kami akan berwarna hijau namun tetap bening dan tidak berbau. Inilah kunci dari menjaga kestabilan air agar terciptnya Green Water System dimana air kolam tidak berbau namun sangat mendukung bagi perkembangan budidaya ikan dan biota air yang ada di dalamnya.

Stabilizer Air


Informasi tentang stater yang kami gunakan serta cara membuat stabilizer bisa ikuti pelatihan kami atau bisa langsung datang di Randi Farm Purwokerto.

GO GREEN FOR BETTER FUTURE

0 komentar:

Posting Komentar