Selasa, 26 Juli 2011

Pupuk dan Material Organik di lahan budidaya

Pupuk organik merupakan hal yang sangat penting dalam budidaya ikan dan sayuran sistem aquaponik. Seperti postingan sebelumnya tentang Green Water System fungsi dari pupuk organik  organik yaitu untuk menjaga kestabilan lingkungan biota air dengan mempertahankan planton dan mikroba yang menguntungkan. Pupuk organik merupakan sumber nutrisi dan menjaga lingkungan hidup bagi perkembangan planton dan mikroba didalam air sehingga terciptalah Warna Hijau pada lingkungan kolam. Pupuk organik juga akan mendukung mikroba yang berfungsi sebagai probiotik dan menekan perkembangan patogen yang merugikan bagi kehidupan kolam. Sehingga ketika kita bisa memberikan pupuk organik untuk mencapai Green Water System maka kita juga mendukung mikroba yang menguntungkan dan menekan mikroba yang merugikan bagi ikan. Hal ini bisa terjadi karena dengan pemberian pupuk organik dan aplikasi probiotik pada kolam akan meningkatkan perkembangan probiotik yang menguntungkan. Probiotik akan mengeluarkan zat antioksidan yang menghambat perkembangan patogen atau mikroba yang merugikan. Sehingga air kolam akan sehat dan kestabilan planton juga akan tetap terjaga.

Untuk Hidroponik sendiri tentu saja pupuk organik dibutuhkan sebagai sumber nutrisi makro dan mikro untuk tanaman. Nutrisi organik akan diserap sedikiti demi sedikit pada tanaman. Pupuk organik sudah mengandung bahan unsur makro dan mikro secara lengkap karena merupakan hasil penguraian dari bahan organik yang juga dibentuk oleh unsur hara makro dan mikro. Pupuk organik juga berfungsi sebagai tambahan nutrisi pada kolam tandon dalam sistem kami sebelum masuk ke dalam sistem budidaya hidroponik.

Sehingga dalam sistem budidaya aquaponik peranan pupuk organik sangat penting bagi keberlangsungan biota kolam ikan dan sumber nutrisi untuk tanaman.
Pupuk organik dalam sistem Randi Farm kita buat sendiri dari kolam yang kami sebut sebagai kolam kultur dan kolam pengkayaan nutrisi. Sehingga dalam satu areal kami bisa mandiri menghasilkan pupuk organik untuk keberlanjutan sistem budidaya organik Aquaponik di lahan kami. Informasi apa maksud dan tujuan dari kolam kultur dan kolam pengkayaan nutrisi akan kami postingkan selanjutnya. Dan bagaimana cara pembuatannya akan kami share di pelatihan kami atau bisa datang langsung ke Farm Kami di Purwokerto..

GO GREEN WITH HEART

0 komentar:

Posting Komentar