Sabtu, 24 September 2011

Fungsi Jaring Untuk Budidaya Ikan


Kolam budidaya yang kami lakukan di Randi Farm menggunakan jaring sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya ikan lele. Awalnya kami sering mendapatkan masukan bahwa penggunaan jaring pada kolam lele akan merusak sungut dan kulit lele, selain itu penggunaan jaring menurut para ahli justru akan menjadi media patogen pada ikan. Kami sebagai pelaku dan pembudidaya mencoba beberapa kolam yang menggunakan jaring dan tanpa menggunakan jaring. Hasilnya :

  1. Kolam dengan menggunakan jaring warna air  agak lebih hijau dengan tingkat kekeruhan sedang.
  2. Kolam dengan tanpa menggunakan jaring warna air coklat dengan tingkat kekeruhan pekat.

Walaupun seperti itu ikan lele tetap tumbuh dengan baik dan sehat.  Namun menurut para ahli dengan tingkat kekeruhan air yang tebal akan mempengaruhi percepatan pertumbuhan ikan lele. Ikan lele akan lebih lambat dalam pertumbuhan.Sehingga kami bisa mengambil kesimpulan bahwa 
  1. Fungsi Jaring yaitu untuk menghindari ikan lele yang akan mengaduk-aduk kotoran yang jatuh kebawah kolam. Sehingga tingkat kekeruhan kolam akan berkurang. Kotoran yang jatuh ke bawah kolam akan disedot menggunakan pompa celub.
  2. Fungsi Jaring juga akan mempermudah proses sortasi dan proses pemanenan sehingga mempersempit waktu sortasi dan pemanena ikan yang akan berpengaruh terhadap tingkat stress ikan lele.
  3. Penggunaan jaring tidak akan merusak sungut atau kulit lele. Selama kita bisa memberikan air yang sehat dan berkualitas sehingga pertumbuhan potogen  yang muncul pada jaring akan berkurang.

Bagaimana kami membuat jaring untuk budidaya ikan??
Sering kali kita tidak menemukan keramba yang cocok untuk ukuran kolam kita sehingga kamipun menghitung luasan kolam budidaya kita. Caranya kami membeli jaring dalam bentuk gulungan dengan lebar 1,2 meter. Lalu kami membawa ke tukang jahit untuk dibuatkan rangkaian jaring yang dijahit sesuai ukuran kolam kita. Tukang jahit akan menyambungkan sambungan jaring dengan menggunakan benang nylon atau benang yang khusus tahan di air. 

SEMOGA BERMANFAAT

0 komentar:

Posting Komentar