Selasa, 11 Oktober 2011

Model kolam budidaya terpal Randi Farm

Hasil teknik budidaya lele kolam terpal yang telah kami lakukan. Akhirnya didapat model yang baik yang dilakukan untuk budidaya lele atau budidaya ikan lainnya. Model ini kami gabungkan dengan tehnik Miracle green dan tehnik budidaya ikan koi. Dengan berprinsip air kolam selalu bersih dari kotoran dan mudah dibersihkan dengan cepat.

Keterangannya adalah :

  1. Lebar kolam dibuat 2 meter x panjang 4 meter dengan kedalaman 1,5 meter.
  2. Kolam terpal yang digali kedalam tanah sedalam 50 cm dan yang diatas permukaan tanah 100 cm.
  3. Lapisan bawah dibuat menyerong ke arah lubang pengeluaran yang dipasang pipa paralon ukuran 1 dim.Fungsinya : untuk menampung kotoran ikan dan pakan yang tidak termakan.Cara membersihkan kotoran yaitu membuka sambungan paralon ukuran 1 dim ke atas. Maka kotoran yang menumpuk akan tersedot ke saluran pengeluaran.
  4. Lubang penampungan kotoran dibuat 30 cm x 30 cm.
  5. Jaring dipasang dengan ukuran lebar 2 meter x panjang 3 meter dengan tinggi 1,2 meter.
  6. Jaring yang didalam air sedalam 100 cm dan diluar permukaan air 20 cm.

Prinsipnya yaitu :
  1. Ruang hidup ikan lele hanya didalam jaring. Jaring diperlukan untuk mempermudah proses sortasi dan mencegah ikan lele mengaduk-aduk kotoran yang berada di bawah kolam.
  2. Kotoran akan jatuh dan terpusat di tempat penampungan kotoran di pojok kolam yang telah dibuat khusus lebih rendah dari pada permukaan lain.
  3. Ketinggian air dibuat 130 cm dan penambahan air kolam budidaya berasal dari kolam pengkayaan.
Dengan ini air kolam akan tetap bersih dari kotoran atau pakan yang tidak termakan.Sehingga menjaga kualitas air kolam agar bisa dipertahankan tetap hijau dan mudah dalam proses sortasi atau pemanenan tanpa harus membuang air kolam.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan atau bisa ikuti pelatihan kami yang rutin akan kami adakan.

Randi Farm

8 komentar:

Anonim mengatakan...

Mas Randi, berarti pakai terpal 5x7 ya? beli terpalnya untuk sekitaran purwokerto di toko apa,ketebalanya A?,harga permeternya berapa? Anto ,bms.

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Betul Mas Anto, memakai terpal ukuran 5 x 7.Kami beli di Toko Grosir Surya Indah di jalan pramuka dengan ketebalan A3. Harga permeternya 4750.

Salam

Anonim mengatakan...

mas randi,
saya masih bingung tentang sistem pembuangannya, model pipa paralonnya seperti apa, apa hanya lurus memanjang ke atas atau bentuk L ?
Firman.

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Pipanya menggunakan bentuk L atau sok drat dalam dan sokdrat luar..namun agar tetap bisa menjaga ketinggian air dibuat dengan sambungan pipa yang menjulur ke atas..jika ingin membuang air kita tinggal membuka pipa pembuangan ke atas dengan cara ditarik.Jika ingin ditutup kembali tingga memasukkan pipa ke dalam sokdrat pengeluaran.

Anonim mengatakan...

misal semuanya diatas tanah gimana mas?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Bisa saja, bahkan sebetulnya kolam terbaik itu kolam di tanah.

Mas Mamox mengatakan...

apakah airnya bisa naik keluar melalui pipa?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Mas Mamox : tentu bisa pak..jika musim hujan, air akan meluap dan keluar melalui pipa..

Posting Komentar