Sabtu, 17 Desember 2011

Fermentasi enzim dan mikro dalam pertanian alami

Pertanian alami mengajarkan tidak hanya menyediakan  sumber nutrisi berupa pupuk saja akan tetapi juga mengadakan kegiatan berupa penyediaan enzim dan mikroorganisme yang sangat dibutuhkan tidak hanya untuk tanaman akan tetapi untuk hewan dan pertanian. Beberapa kegiatan yang dimaksud yaitu menciptakan Stater sendiri yang merupakan gabungan dari kultur Lactic Acid Bacteria (LAB) dan IMO (mikroorganisme lokal).



 Pembuatan LAB dan IMO di Randi Farm

Selain itu dalam pengekstrakan enzim ada kegiatan sebagai berikut :

1. Fermented Fruit Juice (FFJ)
Yaitu kegiatan fermentasi buah untuk diambil ekstrak enzim, vitamin yang akan diterapkan dan diberikan kedalam tanaman dan hewan. Kekuatan enzim yang berasal dari buah yang digunakan untuk revitalisasi tidak hanya untuk tanaman dan hewan namun untuk manusia.




Pembuatan FFJ di Randi Farm

2. Fermented Plant Juice
Fermentasi sari tanaman (FPJ) adalah ekstrak fermentasi enzim dan klorofil. Gula merah digunakan untuk mengekstrak esensi melalui tekanan osmotik. Oleh karena itu, FPJ adalah larutan enzim yang kaya penuh bakteri. 





Pembuatan FPJ di Randi Farm


3. Oriental Herbal Nutrien
OHN merupakan faktor penting dalam pertanian alami. OHN dibuat dari tanaman-tanaman yang populer bisa mengobati (herbal medicine) seperti akar manis, kayu manis, bawang putih, jahe dll yang difermentasi, bukan direbus, untuk membantu pertumbuhan tanaman.




4. Fish Amino Acid
Asam amino ikan merupakan cairan yang dibuat dari limbah ikan yang mengandung banyak nutrisi dan berbagai asam amino. FAA bisa diserap langsung oleh tanaman dan merangsang aktifitas mikroorganisme. 





 Sebetulnya masih banyak lagi bahan-bahan yang diperlukan yang terkait dengan pertanian alami. Tapi kami sendiri untuk saat ini menggunakan FFJ, FPJ, OHN dan FAA didalam sistem pertanian hidroponik dan aquaponik kami. Pemberian ekstrak enzim kedalam kolam budidaya lele sebagai penambahan enzim dan vitamin. Hingga saat ini kami masih dalam tahap mencoba dan belum diketahui hasilnya. Tapi kami yakin dengan aplikasi dengan bahan alami yang kita buat sendiri akan memberikan hasil yang baik tidak hanya untuk tanaman hidroponik namun juga untuk budidaya lele organik.


Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

2 komentar:

Faeyza Busana mengatakan...

Saya sedang tertarik dengan agrobisnis , ulasan Pak Randi diatas membuka peluang usaha yang sangat menarik. Sudah 1 tahun ini , saya mencari tahu pembuatan / permentasi diatas. Karena luar biasa hasil budidaya perikanan, peternakan dan pertanian , dengan pemanfaatan pro biotik . Saya ingin belajar dan mencoba . Semoga dapat kesempatan dari Pak Randi. Undangan dan kerjasama dari semua pembaca , kami tunggu juga . terima kasih Bambang Dwi Relawanto ( HP 08129053838 / PIN BB 2259FFD5 )

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Silahkan bapak Faeyza jika ingin belajar dan mencoba dan jika ada yang ingin ditanyakan, kami dengan senang hati akan menjawab.

Randi Farm

Posting Komentar