Rabu, 14 Desember 2011

Indegenous Microorganisme (IMO) Bakteri Lokal Dengan Kemampuan Mengagumkan



Mahluk hidup diciptakan dengan kondisi yang sesuai dengan lingkungannya. Sifat morfologi dan fisiologinya akan mendukung lingkungan tempat dia hidup. Semua mahluk hidup mempunyai habitat hidupnya dimana tempat dia tinggal dan berkembang biak adalah tempat terbaiknya. Walaupun manusia bisa tinggal dimana saja akan tetapi membutuhkan adaptasi terhadap lingkungan. Dalam pertanian alami dimana semua potensi lokal termasuk mikro harus dimanfaatkan. Oleh karena itu muncullah penerapan mikroorganisme lokal sebagai salah satu mikroba terbaik di daerah tersebut. 

Pertanian Alami menganjurkan penggunaan Mikroorganisme Lokal (IMO). IMO merupakan makhluk renik yang terdapat dan telah hidup di suatu wilayah selama beberapa waktu. IMO sangat berguna bagi pertanian karena sangat kuat dan efektif.
“mikroorganisme terbaik adalah yang berasal dari lingkungan setempat. Yang kita butuhkan adalah yang ada di lingkungan kita sendiri.”
Klasifikasi
Mikroorganisme Lokal (IMO)
Mikroorganisme buatan (Artifisial)
Daya tahan
Bisa bertahan hidup pada berbagai kondisi cuaca/lingkungan ekstrim
Akan mati pada kondisi cuaca/lingkungan ekstrim
Adaptasi
Beradaptasi dengan lingkungan setempat selama ribuan tahun
Efektif hanya pada lingkungan yang sesuai dengan kondisi pembuatannya
Sumber
Tersedia di lahan pertanian itu sendiri
Didatangkan dari luar
Fungsi
Dorman pada kondisi lingkungan sesuai sebaliknya kembali efektif jika memungkinkan
Memiliki jangka waktu kehidupan dan keefektifan pendek

Pentingnya IMO
Pertanian hanya akan menghasilkan panen yang baik jika lahan yang diberdayakan memiliki kondisi tanah yang sesuai untuk jenis tanaman yang dibudidayakan. Mikroorganisme memainkan peranan penting dalam mengolah tanah agar sesuai bagi pertumbuhan tanaman. Bersama dengan binatang kecil di dalam tanah, mikroorganisme secara harmonis memperbaiki kondisi tanah dan membantu pertumbuhan tanaman. Mereka menghancurkan dan mendekomposisi bahan organic dalam tanah. IMO bisa dikumpulkan dan dibiakkan.
Mikroorganisme memiliki dua fungsi penting dalam pertanian :
  • Mikroorganisme menguraikan senyawa organik kompleks seperti bangkai tanaman, hewan dan sampah menjadi nutrisi sehingga bisa diserap oleh tanaman  
  • Mikroorganisme bisa menghasilkan zat-zat berguna seperti antibiotika, enzim dan asam laktat yang menekan pertumbuhan penyakit dan mendukung kondisi tanah yang sehat.
IMO terutama digunakan untuk menghasilkan kondisi tanah yang ideal bagi pertanian (yaitu tanah yang subur dan sehat) dan untuk mencegah penyakit tanaman. Dalam pertanian alami, IMO digunakan dalam pengolahan lahan untuk meningkatkan ketahanan akar tanaman agar terpelihara dan tumbuh kuat tanpa dipengaruhi oleh cuaca buruk, IMO pada daun dan batang akan mempengaruhi proses fotosintesis dan katabolisme yang akan membentuk tubuh tanaman sehat sehingga tanaman mempunyai kekuatan untuk menahan serangan musuh dari luar.
Randi Farm sendiri menggunakan IMO sebagai salah satu bahan untuk membuat stater probiotik dan untuk kegiatan penambahan enzim di Hidroponik. Mikroorganisme lokal sangat penting terkait dengan budidaya ikan dan tanaman dengan sistem Aquaponik. Ada banyak cara untuk mendapatkan IMO di sekitar kita. Didalam salah satu materi pelatihan yang  kami adakan rutin juga ada tentang cara membuat IMO.

Semoga bisa bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar