Jumat, 23 Desember 2011

Parameter alami air kolam siap tebar ikan






Pernahkan anda menonton film RED PLANET..ya betul film yang berkisah tentang penelitian planet mars mencari sumber air dan tanda-tanda kehidupan, di akhir cerita ditemukan padang ganggang hijau yang mampu memproduksi oksigen di mars.Pernakah anda menonton kisah Word of War yang diperankan oleh Tom Cruise?? film ini berkisah tentang invasi dan penyerangan alien ke bumi. Akhir cerita ini bukanlah aktor yang berhasil mengalahkan alien, atau kekuatan militer namun Alien mati oleh serangan bakteri dan virus yang hidup di bumi yang sangat tidak cocok untuk alien ini hidup.Inti dari cerita ini bahwa untuk mendukung kehidupan yang besar tentu dimulai dari organisme dan mahluk hidup yang kecil. Begitu pula untuk kolam ikan yang nantinya akan menjadi tempat mereka hidup dan berkembang dengan baik.
Menciptakan air yang baik dan berkualitas untuk ikan sring tidak diperhatikan sebagian besar petani ikan lele. Karena mereka menganggap bahwa ikan lele merupakan ikan yang kuat. Setelah menemukan banyak ikan yang sakit dan mati barulah mereka sadar. Terkait dengan parameter air seharusnya petani wajib menyiapkan air yang baik untuk ikan dan tidak bisa sembarangan apalagi hanya mengerjar keuntungan yang didapat sehingga semua cara dilakukan setelah terjadi kematian ikan.
Salah satu cara mudah untuk menilai air kolam ikan lele yang siap digunakan yaitu

1. Munculnya hewan-hewan kecil yang hidup dikolam. Mahluk hidup ini kasat mata dan bisa kita lihat secara langsung pergerakannya. Logikanya jika hewan-hewan air ini sudah muncul di kolam maka airnya sudah baik untuk suatu kehidupan dan perkembangan mahluk hidup ini , apalagi untuk ikan lele. Selama didalam air belum terlihat hewan-hewan kecil semacam kutu air, maggot air, monia, dapnia, rotifera. Maka air kolam juga belum siap untuk ditebar. berikut gambar-gambar hewan-hewan yang muncul didalam kolam yang siap tebar.
 
2. Air kolam yang tidak berbau. Sering kali petani umum mendoktrin bahwa air yang baik warnanya hijau, betul sekali air hijau merupakan parameter air yang baik. Namun kami sendiri cenderung lebih mengutamakan air kolam yang tidak berbau walaupun berwarna coklat. Salah satu cara mengatasi air kolam agar tidak berbau yaitu pemberian azolla.
3. Kadar keasamaan Air netral. Menurut dosen ilmu tanah UNSOED bapak Purwandaru suatu kolam yang dimana diatasnya ditumbuhi azolla dengan baik dan subur maka air didalam kolam tersebut NETRAL. Betul azolla selain sebagai pakan ikan lele yang berkadar protein 22-24% juga merupakan penetral air dan membuat air didalam kolam tidak berbau.



Parameter inilah yang selalu kami terapkan di kolam kami. Dan alhamdulillah ikan lele tumbuh dengan cepat dan sehat.Semoga informasi ini bisa membantu.


9 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks mas info nya , tapi sayangnya saya kebingungan di mendapatkan azola di palembang ..

Anonim mengatakan...

thanks mas info nya , tapi sayangnya saya kebingungan di mendapatkan azola di palembang ..
by kafy .

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Coba kita kirimkan dengan paket ke palembang.Mudah-mudahan bisa sampai ke palembang dan masih bisa hidup.Nanti kemungkinan menggunakan jasa kirim cepat ke palembang.

meylanox mengatakan...

Mas bisa minta kirim Azola ke batam ga? berapa ongkosnya?
saya tunggu infonya ya? terimakasih

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@meylanox : dikirim ke batam insya4wl bisa mas..hanya saja karena jarak yang jauh nanti mudah-mudahan bisa bertahan sampai sana tapi kita tidak bisa pastikan karena jarak yg jauh.

Terima Kasih

Randi Farm

andrie fei hung mengatakan...

Mas untuk kolam yg dlmnya 2 meteran azolla bisa tumbuh dan berkembang gak ya..

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Tentu bisa mas...kedalam 2 meter bahkan lebih baik,karena airnya cenderung lebih stabil..

Young Ajalah mengatakan...

mas,, untuk kolam 1 x 3m kedalaman air 1 m baiknya brp banyak benih Lele yg dimasukin kekolam.,,,,???

mohon pencerahannya :)

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Young : dibuat per meter persegi isi 175-200 benih bisa mas..

Posting Komentar