Kamis, 23 Februari 2012

Biota di perakaran Azolla sebagai penghasil pakan alami untuk ikan.






Postingan ini didasarkan dengan hasil penelitian berjudul " Perkembangan Biota pada Perakaran Azolla Microphylla Kaulfuss..oleh Nita Etikawati dan Jutono di link http://biodiversitas.mipa.uns.ac.id/D/D0101/D0101pdf/D010106.pdf .

Pakan alami ikan lele merupakan salah satu pakan yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan ikan lele. Pakan alami bisa berasal dari makro dan mikroorganisme yang hidup di air. Azolla ternyata mampu menghasilkan pakan alami yang terdapat di perakarannya. Perakaran azolla menjadi habitat yang baik bagi mikro dan makroorganisme .Hadirnya mikroorganisme ini dirangsang oleh eksudat akar, sehingga jumlah mikroorganisme di rhizosfer (daerah perakaran) dari pada diluar perakaran. Beberapa jenis mikroorganisme yaitu  Fungi, Actinomycetes, Alga, Protozoa dimana populasinya meningkat sejalan dengan pertumbuhan tanaman. Biota yang berasosiasi dengan azolla berasal dari golongan insecta, molusca, Nematoda, alga, cyanobacteria, protoza ,fungi dan bakteri.  Jika kita lihat dari jenis biota yang hidup ini, merupakan pakan alami yang baik untuk ikan.
Ternyata dalam tiap minggunya perkembangan biota juga berbeda dan beraneka ragam.Hasil penelitian yang bisa saya ringkas sebagai berikut :

  1. Minggu pertama : Ditemukan protozoa dalam jumlah besar, pada minggu tersebut bahan organik yang tersedia untuk protozoa dan jumlah pemangsanya semakin sedikit. Jenis fungi dan actinomycetes yang ditemukan setiap minggu relatif sama. Namun terjadi penurunan jumlah yang berarti pada minggu keempat, hal ini kemungkinan disebabkan pemangsa yang mengalihkan makanan dari  bahan organik yang jumlahnya kecil ke fungi dan actionmycetes. Crustaceae dan molusca sudah ditemukan.Rotifera juga sudah ditemukan pada awal penebaran.
  2. Minggu kedua : Ditemukan larva insecta Nymphulla yang dikenal hama azolla, kehadiran hama tersebut menurunkan produksi azolla karena memakan dan membuat sarang di daun azolla.JUMLAH BIOTA SECARA KESELURUHAN BERKEMBANG PESAT DAN MENCAPAI PUNCAKNYA .Dengan ditandai dengan perkembangan azolla yang sudah memenuhi areal kolam di percobaan kolam ukuran 1 x 2 meter dengan tinggi 20 cm.
  3. Minggu ketiga dan keempat beberapa golongan biota sudah menurun diakibatkan over populasi sehingga mengganggu keseimbangan ekosistemn. Hal ini dapat pula terjadi akibat memburuknya parameter-parameter air kolam didalam percobaan sistem tertutup dan  jumlah azolla yang semakin banyak sehingga sinar matahari sudah tertutup oleh azolla. Sehingga terjadi persaingan antar individu yang menyebabkan individu yang kuat yang mampu bertahan hidup.
Secara umum penambahan jumlah biota akan menambah nilai kadar protein pada azolla. Karena didalam sel-sel biota mengandung protein, polisakarida, lipida dan asam nukleat kurang lebih 90% persen dari massa sel hidup. Ternyata perakaran azolla merupakan penghasil pakan alami terbaik yang mampu memberikan protein yang baik untuk ikan. Dan kami sendiri menyimpulkan bahwa pemberian azolla terbaik kedalam ikan yaitu diberikan pada azolla yang sudah tumbuh dan berkembang dalam waktu 2 minggu. Karena didalam perakaran azolla di umur dua minggu ini lah terjadi perkembangan biota terbanyak sehingga pakan alaminya akan menjadi sumber pakan terbaik untuk ikan lele.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk semua.

6 komentar:

tino jelek mengatakan...

maaf mas...saya sudah nyari muter2 bibit azolla di daerah jakarta tidak ada,,,kalau ada boleh dong saya pesan,,,,

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

silahkan...dikirim ke jakarta ongkos totalnya Rp 70.000
Bisa transfer atas nama M YUSUF RANDI Bank Mandiri 139 000 4127 225.

Anonim mengatakan...

pe kebumen aja ongkos total berapa mas?

Anonim mengatakan...

order modul pelatihan harganya berapa? yudi di kebumen

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Kalo ke kebumen Rp 10.000 mas yudi untuk ongkos kirimnya.

Anonim mengatakan...

klw ke srbya brpa total ongkos y

Posting Komentar