Kamis, 01 Maret 2012

Kolam klinik dalam pembudidayaan ikan lele






Dalam pembudidayaan ikan lele sering kali beberapa pembudidaya mengalami permasalahan penyakit ikan. Dimulai dari jamur, bercak, kerusakan patil dan mulut. Penyakit pada ikan sering kali mudah menyebar ke ikan lain karena memang media air sangat mudah digunakan sebagai media perkembangan bibit penyakit. Padahal seperti halnya mahluk hidup yang lain penyebaran dimulai dari ikan yang sakit dan menular. Randi Farm membuat postingan ini berdasarkan pengalaman yang sudah kami lakukan dan alhamdulillah berhasil. Kami menyiapkan kolam khusus ukuran 3 x 3 dengan ketinggian air hanya 30 cm. Kami namakan sebagai kolam klinik.
Betul seperti halnya Rumah Sakit, kolam klinik digunakan untuk menampung ikan-ikan yang sakit pada kondisi ektrim. Kami biasa memisahkan ikan-ikan yang sakit dengan ikan yang sehat dengan sortasi jika terjadi kondisi tanda-tanda kolam ikan terkena serangan penyakit. Ikan yang sehat akan kami kembalikan ke dalam kolam budidaya dimana sebelumnya kolam ikan diganti 100% airnya terlebih dahulu. Dan ikan-ikan yang sakit kami pindahkan ke kolam klinik. Hal ini penting agar penyakit tidak cepat menyebar dari ikan lele sakit ke ikan lele sehat.
Ada beberapa kemungkinan ikan lele sakit kami pindahkan ke kolam klinik yaitu MATI, TERUS SAKIT DAN SEHAT. Sama seperti rumah sakit kan hehehe..ya begitulah takdirnya.
Didalam kolam klinik kami menambahkan  garam dan beberapa herbal lain  dan  daun pepaya dan gedebok pisang. Pergantian air secara berkala. Pemberian pakan hijauan dan pelet minimal. Biasanya kami mengadakan sortiran dari kolam klinik 2 minggu sekali untuk mengembalikan ikan lele yang sudah sehat. Ikan yang mati selama di kolam klinik kami buang agar tidak menjadi racun.
Berikut foto kolam klinik di Randi Farm


Namun kolam klinik tidak harus dari kita membuat kolam sendiri. Di lahan kami di sambeng kulon kami memanfaatkan air mengalir dari sungai yang kaya akan planton dan fressh water untuk ikan lele. Kami memanfaatkan aliran irigasi kecil untuk menampung beberapa ikan lele yang sakit. Aliran air yang terus mengalir menyebabkan ikan lele mendapatkan pasokan oksigen dan planton yang baik untuk menambah tingkat kekebalan ikan lele.
Berikut kolam klinik kami di sambeng kulon







Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua.. :-)

0 komentar:

Posting Komentar