Sabtu, 03 Maret 2012

Rumusan Pelet Protein 29% Randi Farm





Semoga postingan ini bisa bermanfaat untuk para petani lele di Indonesia. Hasil uji coba kami secara terus menerus didapat rumusan yang saat kami uji coba di lab ilmu tanah untuk Uji protein didapat angka 29,6%. Sehingga rumusan ini dengan kadar protein ini hampir menyamai kadar protein pabrikan yang berkisar 30%.
Berikut rumusannya :
1. Ikan BS                    : 10   kg.

2. Tepung Udang          :    5   kg

3. Ampas Tahu Basah   : 10   kg
4. Jagung Giling            :  2,5 kg
5. Bekatul                    :  2,5 kg

Herbal
1. Jahe   : 30 gram
2. Lengkuas : 30 gram
3. Bawang Putih : 30 gram.

Semua bahan di haluskan dan dicampur menjadi satu dengan pengadukan secara manual saja. Lalu langsung dicetak dengan mesin pencetak pelet  dan dikeringkan bisa dengan dijemur atau dioven.




Terima Kasih

34 komentar:

Anonim mengatakan...

selamat malam mas randi,
mau nanya mas? rumusan formula peletnya knapa tidak diberi probiotik dan difermentasi seperti postingan2 yang terdahulu?
apa tidak lebih baik jika ada probiotik dan difermentasi terlebih dahulu!!
;dari farid

Anonim mengatakan...

Harga perkilonya berapa? Dipostingan sebelumnya Rp 4500/kg kok pas saya beli Rp 6000/kg, manto sambeng.

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Tidak pak..probiotik baiknya diberikan saat akan tebar ke ikannya. Jika diberikan kedalam formulasi menyebabkan bau amis dari pelet cepat hilang. Jadi tidak kita berikan saat pencampuran.

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

harga per kilonya sekarang Rp 5000 mas..kalo mau beli bilang saja dari saya ke mas mulyononya..

Anonim mengatakan...

terimakasih mas atas jawabannya,
kalau aplikasi pemberian pakan saat akan tebar ikan seperti apa mas?
dan untuk ampas tahunya mas,dalam postingan sebelumnya disebutkan bahwa "ampas tahu mengandung penghambat trypsin yang harus dihilangkan oleh pemanasan atau metoda lain", magsudnya gmn mas? apa harus dipanaskan dulu ya?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Jadi pemberiannya sedikit dulu diawal supaya ikan lele berkumpul. Jika sudah berkumpul barulah pelet diberikan. Baik setelah pencetakan kita lakukan pastilah harus kita jemur menjadi pelet kering. (metode ini juga berfungsi sebagai penghilang trypsin pada ampas tahu)..
Penjemuran diterik sinar matahari sudah sangat membantu.

Anonim mengatakan...

terimakasih mas atas jawabannya, sudah sangat jelas dan ingin sekali meramu pelet sendiri, seperti mas randi.
ohya ada satu hal lagi yang ingin saya tanyakan, aplikasi pemberian probiotik saat pemberian pakan ke ikan seperti apa?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

aplikasi probiotik bisa dengan penyemprotan secara merata ke pakan ikan sebelum diberikan kedalam kolam ikan.

tora mengatakan...

disini disediakan fasilitas pelatihan pembenihan ikan g boz? jenis ikan lele yang dibudidayakan jenis apa boz?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

kami bergerak di pembesaran ikan lele jadi untuk pembenihan kami belum bisa..tapi bisa kami pertemukan dengan petani pembenih ikan lele di tempat kami.Jenis ikan lele yang dibudidayakan lele dumbo.

sutiono-malang mengatakan...

jika tidak ada tepung udang ga pa2 mas..soalnya di daerah saya agak sulit belinya..nuwun

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

tidak masalah mas...pakai yang bisa digunakan saja.

sutiono-malang mengatakan...

proses ini tidak perlu dikukus mas?dan apa tidak ditambahkan aci untuk perekatnya?thx

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

tidak perlu ditambah aci...tapi yang terpenting adalah bahan ampas tahu..yang bisa sebagai perekat dan pembuat apung.

sutiono-malang mengatakan...

ma randi..proses pembuatan pelet ini apa mengahasilkan bau karena kemarin waktu cb buat baunya kok menyengat,jadi ga enak ama tetangga.apakah ini karena ikannya tak rebus dulu ebelum saya cetak?tx

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

baikknya ikan di jemur atau dikeringkan lewat oven..jika ikan kering tidak bau dan segera dijadikan tepung ikan.

sutiono-malang mengatakan...

rumusan pakan ini apakah bisa diberikan ke bibit yang mulai tebar sampai panen mas?perkiraan panen ukuran 1kg isi 12 berapa bulan mas?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Tentu bisa..kisaran 1 kg isi 12 ekor kurang lebih 2-2.5 bulan ukuran panen.

sutiono-malang mengatakan...

makasih bnyk mas..sudah bnyk membantu saya.

yzr mengatakan...

mas randi bisa gak dikirim ke email aku harga bibit lelenya ukuran 3-4, 5-7,6-8. dan harga mesin peletnya..makasih..yassirarafat82@gmail.com

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

sudah kami kirim ke emailnya.

Terima Kasih

Arif Dhiaksa mengatakan...

Cup,temenku lagi nyari ampas tahu buat pasokan rutin pakan sapi.. si bisa di dapet dimana ya yang ada pabrik tahu daerah sekitar PWT?
trims
(Arif Dhiaksa)

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Arif : Wah ampas tahu sudah jadi rebutan rif..ku aja udah gak pake ampas tahu untuk pakanku..di purwokerto udah jadi bahan pakan sapi sama babi..jd sulit juga kalo mau rutin

ardhisa mengatakan...

Oh gitu toh... temenku juga crita gitu, kesulitan nyari ampas tahu buat sapi2nya coz ampas buat rebutan.. pabrik tahu sekarang kebanyakan njualnya ke peternakan gedhe & ngiket kontrak

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Arif : Iya makanya untuk ampas tahu sudah tidak ku pakai.

Peternak Newbie mengatakan...

pak randi.. ampas tahunya dicampur dalam keadaan basah atau dikeringkan lebih dahulu ya?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Peternak newbie : dalam keadaan kering mas..

Anonim mengatakan...

asslkm, kpd yth rekan2 peternak di wil purwokerto yg msh butuh ampas tahu basah, sy bs kirim 60 karung ampas tahu basah dgn berat skitar 30 kg/karung(berat saat pembungkusan). Hrg 10 rb/karung. Ongkos kirim 250 rb ke purwokerto, muatan 60 karung pake pick up. Brgkli mau info lkpny silahkan hub email sy mandirikp@gmail.com.
Trmksh, slm sukses.
Wlkmslm Wr. Wb..

Anonim mengatakan...

o y, kami jg menjual bekatul halus sparator hrg 3000/kg, kl yg sedang hrg 2000/kg, grantek hrg 1200/kg, hrg belum ongkir, dan ongkos kirim ke purwokerto 260 rb. Min order 1,5 ton.

eldi mengatakan...

mas randi...
perbandingan 1 kg ampas tahu kering berapa kilo ampas tahu basahkah?

eldi mengatakan...

mas randi...
perbandingan 1 kg ampas tahu kering berapa kilo ampas tahu basahkah?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@eldi : sepengalaman saya 1 kg ampas tahu basah hanya menghasilkan 2-3 ons ampas tahun kering mas..

eldi mengatakan...

kalo ampas tahunya disimpan 3-4 hari, apabila sudah jamuran, apakh ampas tahu tersebut masih bisa untuk bahan baku pelet mas randi.
terima kasih.

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@eldi : baiknya yang sudah jamuran jangan digunakan untuk pakan ikan...atau baiknya dijemur dulu, supaya kering. Dan menjadi tepung ampas tahu.

Terima Kasih

Randi Farm

Posting Komentar