Kamis, 21 Juni 2012

Pembuatan Instalasi BIOFLOG di Randi Farm




Berdasarkan sistem kerja BIOFLOG pada postingan sebelumnya. Maka kita harus mengkondisikan lingkungan kolam untuk tempat budidaya dimana
 Bakteri, sisa pakan, Kotoran, oksigen harus tersuspensi dengan baik dalam air kita harus membuat pergerakan yang berada dibawah kolam. Bagaimana caranya:
Dengan kolam luasan 5 x 2 ketinggian 1 meter, kami menggunakan pompa celub yang kami beli di toko ikan hias seharga Rp 120.000 dengan daya 43 watt. Lalu kami sambungkan dengan pipa paralon ukuran 1/2 inci dan kami posisikan di pojok bawah kolam.


Setelah itu kami buat instalasi dari pipa ukuran 1/2 inci dengan saluran pembuangan di pojok yang berlawanan. Dan selama berada di jalur instalasi kami buat lubang untuk saluran kucuran air di atas kolam.






Lalu bagaimana caranya agar terjadi gerakan dibawah..Nah itu faktor pentingnya..kami buat instalasi tambahan ke arah bawah menjulur diagonal melintasi kolam dan diberi lubang juga seluas paku supaya ada gerakan air juga didalam...seperti gambar ini.






Jika instalasi sudah siap, jaringan listrik sudah terpasang, kolam bisa langsung diisi air dan pompa dinyalakan. Penambahan bakteri baccilus sebanyak 20 cc + 20 cc molase diencerkan kedalam air dan diberikan kedalam kolam. Pompa terus dinyalakan untuk membuat booming probiotik baccilus didalam kolam. Sehingga hasilnya akan seperti di Video ini


Semoga bermanfaat :-)

43 komentar:

AC mengatakan...

manstab....

Hariyanto mengatakan...

bagaimana dengan sistem kolam kultur, kolam pengayaannya apa masih bisa dipakai klo pakai sistem bioflok. makasiah

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Hariyanto : Untuk kolam kultur dan kolam pengkayaan tidak bisa dibuat sistem bioflog karena sudah berbeda probiotik dan planktonnya. Dan kandungan oksigennya juga sudah berbeda.
@AC : Sukses untuk kita semua.

Anonim mengatakan...

padat tebar sampai berapa gan? dan harga bakterinya berapa? keren banget ni

Anonim mengatakan...

Contoh kolam nya di purwokerto (KS Tubun) apa dimana ini mas Randi, mau mampir , lihat

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Anonim : Ada di daerah pabuaran mas..tempatnya berbeda.

Xarell Farm mengatakan...

Dengan kondisi spt ini, berapa lama waktu yang diperlukan sejak tebar benih hingga panen mas

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Sedang kami coba..sejauh ini..tanggal 17 Juni 2012 tebar ikan lele ukuran 46 tanggal 28 Juni 2012 di cek sudah masuk ukuran 5-7..Jadi sudah terjadi pembesaran..

Terima Kasih

Randi Farm

Anonim mengatakan...

Kalau teknik ini(bioflog) diterapkan pada kolam yang sudah ada ikan.nya(misal:sdh ditebar 1 bln.an) apa tidak justru membuat ikan pada stress?, mengapa? karena membuat H2S (amoniak) di dasar kolam jadi keruh (mubal:Jawa) dan proses netralisisr tidak ada. Karena porsi oksigen lewat percikan air jumlah.nya tak seimbang dengan H2s (amoniak/kotoran, sisa makanan yang ada di dasar kolam. Teknik ini saya setuju untuk kolam yang belum ditebar benih / dari awal benih ditebar,Pripun? Matur nwn . Mohon balasannya? (BambangFarm Solo)

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Bambang : Betul pak bambang ikan akan stress karena H2S. Tapi saya sarankan yang ingin mencoba di buat kolam baru dengan perlakuan probiotik bacillus sp di kolam 2-3 hari sebelumnya. Jadi tidak ada endapan kotoran ikan didasar kolam. Baru nanti ikan dimasukkan dan dipuasakan 1 hari.

Anonim mengatakan...

mas randi bagaimana cara menghitung kebutuhan / perbandingan jumlah antara bakteri, karbon, oksigen dan volume air untuk mendapatkan sistem bioflok yang ideal?? lalu jenis-jenis bakteri apa saja yang dapat diaplikasikan pada sistem bioflok?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Ada perhitungannya tapi saya lupa apa saja yang menjadi patokannya..nanti segera saya postingkan bagaimana cara menghitung kebutuhan bahan carkon yang harus diberikan ke kolam..jenis bakterinya ada beberapa. Namun yang saya pakai jenis Bacillus sp..Saya mengambil info dari link inihttp://artaquaculture.blogspot.com/2010/07/teknologi-bioflok-teori-dan-praktek.html..

Terima Kasih

Randi Farm

depp novianto mengatakan...

Permisi kang, itu diisi air setinggi apa?

Anonim mengatakan...

terima kasih atas tanggapannya mas randi, semoga sukses dengan percobaan biofloknya, saya tunggu postingan mas randi selanjutnya terutama cara menghitung kebutuhan karbon, oya kalo bisa sekalian dipostingkan jenis bakteri selain bacillus sp yang dapat diaplikasan untuk kolam bioflok, kebetulan saya belum ketemu produk yang mengandung bakteri jenis tersebut, semoga tulisan2 yang ada diblog ini bisa menjadi berkah tersendiri untuk mas randi

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Depp Novianto : Kami isi dengan ketinggian minimal 80 cm..
@Anonim : Untuk probiotik kami sarankan menggunakan MINA PRO, MINA PS, Mina Bacto..di purwokerto 1 botolnya Rp 40.000 dan bisa diperbanyak dengan molase..

Anonim mengatakan...

Bagaimana cara memperbanyaknya...(Probiotik tersebut) Trimakasih

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Memperbanyak probiotik saya biasa dengan mencampurkan 20 cc probiotik dengan 20 cc molase lalu diencerkan kedalam 1 liter air. Lalu didiamkan selama satu malam.

Terima Kasih

Randi Farm

Anonim mengatakan...

maaf mas, saya gaptek nih, molase itu apa, belinya dimana ato bisa dibuat sendiri?
DARI : LELE_IMPIAN

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Lele Impian : Molase adalah tetes tebu..hasil sampingan dari pembuatan gula..bisa dibeli di toko pertanian atau yang jual pelet ikan.

Terima Kasih

Anonim mengatakan...

Memperbanyak probiotik saya biasa dengan mencampurkan 20 cc probiotik dengan 20 cc molase lalu diencerkan kedalam 1 liter air. Lalu didiamkan selama satu malam........

1. Setelah menjadi 1 liter tersebut dosis yang di campur kepakan berapa banyak....?
2. Pada proses pencampuran tersebut dalam keadaan terbuka atau tertutup rapat....?

Trimakasih....

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Baik..
Setelah menjadi 1 liter maka dosisnya dicampurkan ke pakan 20 cc untuk 1 kg pakan. ada link berikut kg.http://www.randifarm.com/2012/07/proses-fermentasi-pakan-pelet-randi.html
Proses pencampuran setelah dicampur dan didiamkan selama satu hari dalam keadaan tertutup.

Terima Kasih

Randi Farm

Anonim mengatakan...

apakah dengan pompa air tersebut dapat mensuplai oksigen bioflok terutama di malam hari?
makasih.

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Anonim : kami belum pernah mengukur kandungan oksigen didalam kolam jadi kami belum tau persis apakah bisa mensuplai oksigen didalam air.

Anonim mengatakan...

Baik..
Setelah menjadi 1 liter maka dosisnya dicampurkan ke pakan 20 cc untuk 1 kg pakan. ada link berikut kg.http://www.randifarm.com/2012/07/proses-fermentasi-pakan-pelet-randi.html
Proses pencampuran setelah dicampur dan didiamkan selama satu hari dalam keadaan tertutup.

1. 20 cc untuk 1 kg pakan...apakah perlu ditambah kan molase 20 cc.....?
2. Apakah MINA BACTO dan MINA PS bisa diperbanyak juga....? Jika Bisa.....apakah sama dengan cara diatas tsb.....
3. Kalau boleh tahu bisa didapat sampai berapa FCR dan kepadatan berapa ikan/ m2...
Maaf pemula, lagi ujicoba budidaya....
TRIMAKASIH.....

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@anonim :
1. tidak perlu mas..cukup 20 cc mina pro saja.
2. Bisa..sama saja.
3. Belum pernah kami hitung, karena kami sedang membuat pelet apung dahulu.

Terima Kasih

kinomen mengatakan...

mas itu pake pompa air atau ada alat lainnya,,,,

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Kinomen : pakai pompa air mas.. :-)

hanny mengatakan...

Met pagi mas Randi,
Saya adalah pemula dlm budidaya lele ini. Sangat tertarik dengan teknologi yg mas posting disini. Pertanyaan sy: satu buah pompa air dengan ukuran seperti yg mas sebutkan di atas itu dipakai untuk meng-airasi berapa kolam mas?

Terima kasih,

Hanny

sutrisno aja mengatakan...

pagi pak,mau tanya kalo kita memperbanyak probiotik dengan molase cara untuk mengetahui bahwa kultur kita berhasil gimana????saya cari di internet kok gak ada yang bahas cara mengetahui keberhasilan penggandaan prebiotik???terima kasih.

sutrisno aja mengatakan...

pagi pak,mau tanya kalo kita memperbanyak probiotik dengan molase cara untuk mengetahui bahwa kultur kita berhasil gimana????saya cari di internet kok gak ada yang bahas cara mengetahui keberhasilan penggandaan prebiotik???terima kasih.

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Hanny : Salam kenal..Untuk Satu buah pompa hanya untuk satu kolam. Karena kan sistemnya tertutup, kecuali dibuat kolam satu terhubung dengan kolam lain baru bisa dibuat 3-4 kolam dengan satu pompa.

@Sutrisno : Paling mudahnya apabila menghasilkan gas pada cairan probiotik yang diberi molase, lalu warnanya keruh, tidak bening. Salah satu tanda ada aktifitas probiotik disana.

Terima Kasih

Randi Farm

fushigiluffy mengatakan...

Penambahan bakteri baccilus sebanyak 20 cc + 20 cc molase
dilakukan berapa kali? atau cuma 1 kali sampai panen?
beberapa tempat, perlu bebrapa kali di perlukan penggatian air apakah sistem ini perlu jga dan kapan penggantian air?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Dilakukan 1 minggu sekali..diberikan secara merata di permukaan kolam..justru jangan ada pergantian air karena akan membuat probiotik dan sifat bioflog didalam kolam.

Terima Kasih

Randi Farm

fushigiluffy mengatakan...

bioflok butuh bnyak oksigen,. apakah dengan sistem yang ini sudah cukup oksigen untuk pembentukan flog?.. trus jika kita membuat pompa di alirkan ke sistem aerasi waterfall untuk aerasi kemudian di kembalikan melalui pipa agar tidak membuat ikan stres karna adukan air, apakah kadar oksigen dalam air bertambah/tidak berpengaruh?
mohon bimbinganya masih newbie

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Belum...oksigen yang kami terapkan di postingan ini masih sangat kurang..baiknya pemberian oksigen dengan tekanan besar. Baik jika bisa seperti ini http://www.youtube.com/watch?v=-fSu8x4D60Y
Atau seperti ini
http://www.youtube.com/watch?v=0R_h0534dEU

Fauzan Ikanlauk mengatakan...

mas mau tanya, nama saya fauzan
bioflock ini ditambahkan ke dalam kolam atau ke pakan ?
terima kasih mas

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Fauzan : bioflock adalah sistem...penambahan probiotik didalam kolam..jadi ditambahkan didalam kolam.

Terima Kasih

Randi Farm

fushigiluffy mengatakan...

mas randi saya nyari yang jual bakteri bacillus subtilis koq gak ada?
masih belum mengerti nyarinya dimana?
klo mungkin mas randi ada saran beli dimana?

Anonim mengatakan...

mas randi, saya telah menerapkan sistem bioflok seperti keterangan di atas.tapi masih banyak yang mati,padat tebar kolam 2000/5 m2.mohon pencerahannya
apakah sistem bioflok mas randi sudah berkembang?

trimss..
marwan

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@marwan : kamipun belum bisa sempurna dalam menerapkan teknologi ini dikarena kandungan oksigen yang masih terlalu rendah..minimal PPM oksigen ada di 4 ppm..karena kepadatan tebarnya sangat tinggi..kami juga belum berhasil..

Terima kasih

Randi Farm

Arsyad Al Amin mengatakan...

Pak Randi, kami sedang mencoba mengembangkan bdidaya lele dengan bioflok utk masyarakat di Adipala CIlacap. Kalo di sekitar CIlacap, Probiotik atau bakterinya dapat dibeli dimana, apa Bapak juga dual probiotic?

ardi nata mengatakan...

mas mau tanya ikan lele ukuran 4 cmpanen 3 bulan lebih, pakan fermentasi nutri pakai vitamin dll, kok besarnya lama, tidak menggunakan molase dan dolomit mas

ardi nata mengatakan...

mas randi saya telpon kok gak di angkat mas, saya cari ebs pro belidimana mas

Posting Komentar