Kamis, 07 Juni 2012

Proses Pembuatan Pakan Pelet Di Randi Farm (7 Juni 2012)



Hingga berita ini diturunkan, alhamdulillah kami bisa membuat pakan dengan tehnik yang sederhana, bisa mengapung (10 detik) namun proteinnya sudah mencapai 34%. Jika pelet tenggelam kami sudah bisa membuat pakan dengan protein 50%. Kami senantiasa terus berusaha membuat pelet yang baik, bergizi dengan harga jual yang murah. Berikut kami postingkan beberapa tahapan kami membuat pakan pelet di Desa Sambeng kulon Kecamatan Kembaran

1. Penyimpanan Bahan Baku




Ruangan ini merupakan tempat kami menyimpan bahan baku sebelum masuk ke dalam proses penghancuran bahan.

2. Penghancuran bahan baku menjadi tepung








Kegiatan penghancuran bahan baku menjadi tepung yang nantinya akan masuk pada kegiatan formulasi.

3. Formulasi dan pencampuran bahan baku




Bahan dalam bentuk tepung kami campurkan menjadi satu dengan formulasi dan ukuran yang sudah menjadi standar kami.

4. Pengaliran Uap air (steaming)



Pengaliran uap air bertujuan untuk sterilisasi dan juga menambah aroma pada pakan pelet yang kita buat. Lamanya pengaliran uap cukup 2 menit.

5. Pencetakan Pelet




Proses pencetakan pelet dengan mesin gilingan 42 dan tenaga disel 7 PK. Dalam satu jam mampu mencetak 150 kg pelet basah.

6. Pengeringan Pelet






Proses pengeringan menggunakan manual dengan sinar matahari dengan bantuan seng untuk pengeringan. Penggunaan oven masih kurang maksimal karena hanya menampung dengan daya yang kecil dan lama.

7 Pakan Jadi dan siap packing




Berikut tahap demi tahap pembuatan pakan ikan lele di Randi Farm. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semua.

69 komentar:

Manavnaya mengatakan...

salut buat bang randi.. Cuman aku agak penasaran dg kapasitas mesin cetaknya yg mampu mmproduksi150kg per jam. Saya punya cetakan yg lumayan besar trbuat dari pipa diamtr 5 inc hany mampu mencetak 20kg/jam dg composisi air 5 ltr per 20 kg campuran bhn. Kira2 rahasiany dimana bang?...

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Tidak ada rahasia kami menggunakan mesin giling daging ukuran 42 dengan tenaga mesin diesel 7 pk..hasilnya per 10 menit bisa mencetak 30 kg pakan basah...untuk ukuran cetakan 3 mm. Jika ukuran 4 hingga 5 mm hasilnya akan lebih banyak yang dicetak...

Terima kasih

Randi Farm

alexandrio mengatakan...

mas randi, hebat ya inisiatif bikin pakan sendiri. bisa jadi inspirasi banyak peternak lele nantinya.

ngomong2, boleh tau komposisi pakan lelenya?
terima kasih

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Alexandro :baik, terima kasih atas apresiasinya komposisi kami 30 kg tepung ikan, 5 kg bekatul, 45 ampas tahu, vitamin, 1 liter minyak ikan..

Terima kasih

kang dadang mengatakan...

brpa kang harga mesin bikin pelet

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Baik kang dadang...harganya Rp 3.500.000 + packing kayu Rp 75.000 + Ongkos kirim..Sudah lengkap dirangkai dengan pisau pemotong dan cetakan ukuran 3 mm, 5 mm dan 8 mm. Kekuatan mesin 5,5 PK bahan bakar mesin bensin.

Terima kasih

Randi Farm

Fauzan Agung mengatakan...

bagus bgt mas idenya,sekarang harga pelet pabrikan mahal dan saya lagi cari alternatif yg murah tapi tetep bagus buat lele,.,.,.,.,.klo boleh tau berapa harga bahan2 buat bikin pelet sendiri,saya tertarik neeeh.
saya dari cilacap

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Fauzan : baik untuk bahan-bahan
Tepung Ikan : Rp 4600/kg.
Bekatul : Rp 2000/kg
Minyak Ikan : Rp 13500/liter
Vitamin : Rp 13.000/bag untuk 20 kg.
Ampas tahu : bisa dicari di sekitar lokasi.

Terima kasih

Anonim mengatakan...

Harga mesin 3,5 juta itu spacnya penggiling daging ukuran 42? dan mesinnya? Kalo menggunakan dinamo berapa harganya? Perlu daya lisriknya berapa?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Harga mesin 3,5 juta gilingan dagingnya ukuran 32..kalo yang 42 akan berbeda lagi harganya...mesinnya kekuatan 5,5 PK, jika menggunakan dinamo listrik kekuatannya hanya 1 PK dan ada penambahan harga Rp 450.000..Daya listriknya saya belum cari tahu..

Anonim mengatakan...

mas randi mau tanya...
kalo vitamin ,minyak ikan ,dan tepung ikan bisa didapat dimana ya mas??
apa mas randi jg menjual?? matur nuwun..agung jogja

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Agung : Vitamin, Minyak Ikan dan Tepung Ikan kami jual mas..silahkan hubungi kami di 085647613701

Terima Kasih

Randi Farm

Anonim mengatakan...

Mas apakah kuat mas, mesin pelet yg kalau pake mesin bensin kekuatan 5,5PK diganti motor listrik cuma 1PK?
Kalau memang kuat berarti mesin bensin yg mas pakai kayaknya terlalu besar.. bukankah 1 PK = 1 HP = 0,75kW mohon dikoreksi kalau salah.

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Betul..mesin bensin 5,5 Pk memang lebih kuat daripada 1 PK hanya saja harganya mesin bensin 5,5 PK lebih murah daripada harga mesin listrik 1 PK..dan 5,5 PK bisa memproduksi lebih banyak daripada 1 PK..

Terima Kasih

Randi Farm

amran wahyudi mengatakan...

mas randi,apakh ampas tahunya jg hrus keri
ng dlm bntuk tepung?sbb dt4 sya adany msh bsah,mengandung bny air.mtrnwn

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Amran : kami sudah tidak menggunakan ampas tahu..dikarenakan bahan baku yang sulit didapat dan mengurangi aroma pakan. ..sehingga kami hanya membuat pakan tenggelam saja dengan campuran tepung ikan, tepung bulu ayam, bekatul dan tepung roti, minyak ikan dan vitamin.

Terima Kasih

Randi Farm

Anonim mengatakan...

kl utk pembuatn tepung bulu ayam bgaimn mas randi?dan adakh bhan penggnti ampas thu spy bs bt pelet apung?mtrnwn

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Untuk tepung bulu ayam..nanti saya buatkan postingannya mas...khusus.. :-)

Anonim mengatakan...

ada yang tau bikin pelet ikan pake ampas tahu atau mungkin malah ada terobosan lain? apa aja yg perlu disiapkan dan bagaimana cara pembuatannya? kalau tau mohon berbagi infonya ya untuk program kkn... terimakasih...
CP:081578363833 (arifin)
arifin.ddhani@yahoo.com

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Arifin : Pembuatan pelet ikan menggunakan ampas tahu sebetulnya bisa saja, bahkan hasilnya jika ampas tahu yang sudah diramu dengan bahan baku lain bisa menjadi pelet yang mengapung. Bahkan kami dulu juga menggunakan ampas tahu, namun dikarenakan pengadaan bahan bakunya susah, kami menggunakan bahan baku lain yang lebih mudah didapat dan lebih kontinyu..Jika digunakan sebagai program KKN sebaiknya dilihat bahan baku yang paling mudah didapat disana apa saja, seperti bekatul, tepung ikan, tepung jagung, dll.
Semoga bisa membantu...

Terima kasih

Randi Farm

Anonim mengatakan...

mas randi, inisiatif ya bikin pakan sendiri. banyak peternak lele yang mau belajar membuat pakan lele nantinya.

Kalau boleh tau komposisi pakan lelenya yang mas randi buat sekarang apa aja ya? Dan apa mas menyediakan bahan bakunya?

terima kasih..
dhia10062010@yahoo.com

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Untuk komposisi bahan baku pakannya..sudah kami buat postingan tersendiri di http://www.randifarm.com/2012/09/pakan-randi-farm-kualitas-super-harga.html

Terima kasih

Randi Farm

belajar membuat website mengatakan...

harga pelet bikinan mas randi dijual gak ? harga berapa ? minimal order brapa ? saya di klaten

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Kami juga menjual pelet kami masih tenggelam...mengapung hanya sebentar saja..per kg kami jual dengan harga Rp 5500 sampai klaten kena ongkos kirim 700/kg..tidak ada minimal order namun jika pemesanan diatas 100 kg kena Rp 700/kg.untuk pengirimannya.jika dibawah 100 kg akan lebih mahal.

belajar membuat website mengatakan...

kadar proteinnya brapa mas? dah pernah diujicoba blom mas?

belajar membuat website mengatakan...

bisa minta no contak nya mas.....

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Formula terbaru belum kami ujikan kadar proteinnya..tapi campurannya ada proaminosin, premix aquavita, amino liquid, dan asam aminonya kami buat seimbang dan mudah diserap oleh tubuh ikan..
ini kontak kami 085647613701 (yusuf randi)

Randi Farm

Anonim mengatakan...

saya sudah cari2 namanya Randi farm dan workshopnya.. ternyata fiktif..
saya orang asli karangwangkal.. dan sy juga anggota kelompok budidaya perikanan di bobosan.. bobosan tidak ada jl ks tubun..??? mohon tidak menyesatkan..

bowo
petani asli grendeng rt04/rw07 n0 31 kel. grendeng, purwokerto utara.

Anonim mengatakan...

saya sudah cari2 namanya Randi farm dan workshopnya.. ternyata fiktif..
saya orang asli karangwangkal.. dan sy juga anggota kelompok budidaya perikanan di bobosan.. bobosan tidak ada jl ks tubun..??? mohon tidak menyesatkan..

bowo
petani asli grendeng rt04/rw07 n0 31 kel. grendeng, purwokerto utara.

Anonim mengatakan...

MENYESATKAN...
saya sudah cari2 namanya Randi farm dan workshopnya.. ternyata fiktif..
saya orang asli karangwangkal.. dan sy juga anggota kelompok budidaya perikanan di bobosan.. bobosan tidak ada jl ks tubun..??? mohon tidak menyesatkan..

bowo
petani asli grendeng rt04/rw07 n0 31 kel. grendeng, purwokerto utara.

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Bowo : Mas Bowo yang terhormat...
Jalan Jaelani No. 269 RT 02 RW 03 tetangga bapak Wiharto itu adalah alamat rumah saya. Bukan alamat lahan budidaya. Coba ditelusuri dulu.

Lokasi budidaya sayuran dan ikan ..ada di jalan KS TUBUN yang berbatasan antara karangsalam dan bobosan. Lokasi kami masuk di rt 08 rw 02 yang berdekatan dengan perumahan wijaya kusuma regency. Kami terdaftar dengan SIUP dan TDP di kecamatan bobosan. Silahkan ditelusuri..Usaha kami juga sudah berjalan 2 tahun..alangkah baiknya hubungi kami di 085647613701. Dan tidak serta merta memberikan komentar yang kurang bijak..

Terima Kasih

Randi Farm

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Jalan KS Tubun masuk mulai dari lapangan PORKA ke arah utara bertemu perempatan parakan onje dan terus lurus ke utara arah Universitas Wijaya Kusuma masih masuk Jalan KS Tubun..jika mas bowo hanya sampai rejasari, mohon maaf itu salah informasi, KS Tubun masih masuk sampai ke arah beji..Jalan KS Tubun merupakan perbatasan antara karang salam dan Bobosan..dimana lokasi kami berada di depan perumahan wijaya kusuma regeny yang masuk karang salam, namun lokasi kami ada di seberang yang masuk kecamatan bobosan..Jika sudah ada di dekat perumahan wijaya kusuma regency. Mas bowo akan melihat rumah plastik. Disitulah tempatnya...

Terima Kasih

Randi Farm

arkan kareba mengatakan...

Mas randi yg baik,sy mau nanya nih berapa cost produksi / kg.makasih atas infox

Ulhu macassart

arkan kareba mengatakan...

Mas randi yg baik,sy mau nanya nih berapa cost produksi / kg.makasih atas infox

Ulhu macassart

arkan kareba mengatakan...

Mas randi yg baik,sy mau nanya nih berapa cost produksi / kg.makasih atas infox

Ulhu macassart

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Arkan : untuk nilai cost produksi/kg tergantung dari harga lokasi per kg tiap bahan baku di daerah masing-masing mas..sehingga tidak bisa menjadi referensi untuk satu daerah. Kalo kami sendiri per kg bisa kena Rp 4700.

Terima kasih

Randi Farm

Anonim mengatakan...

pak sy bikin pakan sendiri tepung ikan 90% kanji utk perekat 10% gmn bgs ga tuh.. kl beli mesin pelet tanpa diesel jatuhnya brp sy ud ad diesel 7PK, tlg jwbnya via sms soalnya sy jrg bgt online mksih.. baderu 08562938222

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Baderu : tentu bagus sekali pak..kalo menggunakan tepung ikan dan perekat kanji..asalkan tepung ikannya jangan asin. Mesin pelet tanpa diesel bisa pak..dikurang Rp 850.000 dari harga mesin yang kami jual.

Terima kasih

Randi Farm

a12vim mengatakan...

mas rendi saya mau tanya, bagaimana ikan yg mas randi beri pakan buatan sendiri itu hasilnya lebih baik....??? berapa hari perbedaan panennya dengan yg memakai pelet buatan pabrikan..?? untuk masalah tepung ikan kenapa tidak boleh asin mas..?? nelayan yg saya temui rata2 dia jemur ikanya setelah diasinkan terlebih dahulu karena menurutnya ikan tidak akan bau dan belatungan..?? apa ada pengaruhnya kalo saya pake ikan yg telah diasin...??? terimakasih mas....

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@a12vim : ilmu pakan ikan memang tidak sederhana, perlu proses percobaan dan mencari hal baru..pakan buatan pabrik jelas hasil penelitian yang panjang jadi memang hasilnya lebih baik...tapi disini kita berusaha untuk membuat pakan sendiri yang hasilnya paling tidak bisa menyamakan dengan pabrikan..untuk berapa harinya masih kami ujicobakan..
Untuk ikan asin..pada dasarnya tidak masalah menggunakan asin namun perlu dicampur dengan bahan baku protein yang tidak asin seperti kopra, tepung kedelai, ampas tahu, supaya mengurangi asinnya..dan sebetulnya bahan asin bisa juga ditawarkan dengan merendam di air yang asin juga..

Terima Kasih

Randi Farm

Anonim mengatakan...

jd kl pake ampas tahu dalam keadaan tepung jg y mas?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Anonim : betul mas..bahan sebaiknya dalam bentuk tepung..

Terima kasih

a12vim mengatakan...

Ass.Wr.Wb
maaf mas saya mau tanya mengenai minyak ikan apakah dapat di gantikan dengan minyak bekas dari hasil gorengan ayam restoran cepat saji mas ? karena kalo menurut logika saya mungkin banyak mengandung protein dari hasil penggorengan ayam tersebut.

terimakasih atas Infonya....

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Waalaikumsalam..

Mengenai minyak ikan bekas dari hasil gorengan ayam sudah termasuk minyak jelantah yang berbeda sekali dengan minyak ikan yang murni. Kami tidak sarankan mas..

Terima Kasih

Randi Farm

Wassalamualaikum

kamarbagus mengatakan...

mas randi mau tanya kalo cuma beli penggiling dagingnya + pemotong, penggeraknya pake manual di puter pake tangan,brapa ya mas?

kamarbagus mengatakan...

mas randi mau tanya kalo cuma beli penggiling dagingnya + pemotong, penggeraknya pake manual di puter pake tangan,brapa ya mas?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@kamar bagus : penggilingan daging bisa dibeli di toko tehnik atau mesin-mesin mas..kalo pemotongnya bisa melalui bengkel bubut..Kalo melalui kami gilingan daging + pemotong dan cetakan ukuran 3 mm dan 5 mm totalnya Rp 700.000

Terima kasih

Randi farm

SIMPUL KOPERASI BALARAJA mengatakan...

mas,RANDI saya punya bahan Tumpi jagung...
mhn petunjuk kira"bahan apa lgi untuk pencampur menjadi pakan Lele apung
terima kasih Salam sukses

NB:stock Tumpi jagung sy ada 20 ton perbulan,nya (rutin)
selama ini sy hanya menjual secara langsung Tumpi,nya..
dan sy tertarik ingin memperoduksi sendiri mnjdi Pakan Lele/itik.

Palgunadi mengatakan...

Mas Randi, masukin dong artikel untuk bahan pakan ikan mas atau nila.
Terima kasih

harry harsono mengatakan...

mas rendi dan teman2 yang lain...jika membutuhkan bahan baku untuk pembuatan pakan pelet ikan kami menawarkan bekatul super,splator, dll..dengan harga terjangkau

hub: Harry
hp. 081807772568, 081320660600
email : harryharsono17@yahoo.com

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@harry : terima kasih pak harry :-)

Jay Preneur mengatakan...

vitamin yang dimaksud itu vitamin apa mas randy?

rhyan thaesau mengatakan...

mas randi mau tanya jika harga mesin pencetak woods pellet berapa ?
dan harga penjualan woods pellet berapa ?
mohon penjelasannya ,, terima kasih

itank mengatakan...

resep pembuatan pelletnya gimana bos ?
http://ji-software.com

Aplikasi Toko mengatakan...

ilmu baru nih, terima kasih sudah membuat artikel yang bermanfaat

khori tricakra36 mengatakan...

Mas randi saya mau pesen minyak ikan, sama tepung ikan bisa, tolong harganya dong

Mohammad Yusuf mengatakan...

@khori : mohon maaf kami sudah tidak menjual minyak ikan lagi..

terima kasih

Muhamad Baehaqi mengatakan...

Mas, alamaty dmn?

Muhamad Baehaqi mengatakan...

Mas, alamaty dmn?

Mohammad Yusuf mengatakan...

Mohon Maaf Kami sudah tidak menjual pakan ikan, tepung ikan dan minyak ikan. Terima Kasih

CV Randi Farm

acan botak mengatakan...

Cek 123

Unknown mengatakan...

Saya berdomisili aceh,ada menjual mesin pembuatan pelet full set, sekiranya ada yg berminat email nandareskysp@yahoo.com

Sentot Prawira mengatakan...

Keren nih Mas Rendy...����������

Nasrudin Nasrudin mengatakan...

Terima kasih atas informasinya mas randy sangat bermanfaat saya sangat tertarik dengan artikel mas..... kalau saya boleh tau bahan bahan apakah yang harus saya persiapkan untuk membuat pelet dan komposisinya, mohon pencerahannya yah mas randy yang baik..

Nasrudin Nasrudin mengatakan...

Terima kasih atas informasinya mas randy sangat bermanfaat saya sangat tertarik dengan artikel mas..... kalau saya boleh tau bahan bahan apakah yang harus saya persiapkan untuk membuat pelet dan komposisinya, mohon pencerahannya yah mas randy yang baik..

sigit triyanto mengatakan...

Artikelnya sangat inspirtif mas..banyak manfaatnya..semoga semakin sukses mas..

sigit triyanto mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
sigit triyanto mengatakan...

Proses steaming atau penguapan sama gak mas dengan pengukusan?

sigit triyanto mengatakan...

Proses steaming atau penguapan sama gak mas dengan pengukusan?

Posting Komentar