Senin, 16 Juli 2012

2 In 1 Dalam Aquaponik...Panen sayur dan filtrasi air kolam ikan.


Bagi para pembudidaya ikan salah satu aspek yang penting terkait dengan sistem air adalah kebersihan air kolam. Kebersihan bisa berasal dari sisa kotoran ikan yang mengendap didalam kolam atau sisa pakan yang tidak termakan oleh ikan lele. Sekarang ini dengan semakin berkembangnya sistem, semakin banyak pula teknologi yang bisa diterapkan untuk mengolah kotoran ikan yang ada di kolam. Salah satunya metode aquaponik dengan filter media tanam dan perakaran tanaman. Prinsip kerja dari aquaponik yaitu tanaman dibudidayakan dengan sistem hidroponik dengan media tanam yang cocok sebagai filter dan menyaring kotoran kolam ikan.
Sebetulnya sistem ini bisa diimprofisasi dengan wadah apapun yang hemat, murah atau pun bekas, bisa menggunakan talang air, papan dan plastik, sehingga tidak harus membeli pot. Bahan media filter bisa dengan arang kayu, zeolit, batu apung, pecahan batu bata, kerikil, dicampur dengan serabut kelapa atau ijuk. Tanaman yang ditanam bisa sayuran daun, tomat, timun, disesuaikan dengan media penanamannya.






Semoga bisa bermanfaat
Terima Kasih

32 komentar:

go away mengatakan...

banyak artikel2 yang bermanfaat bagi pembududaya, tips n trik berbagai hal yang bisa dilakukan sesuai dengan lingkungan kita. terimakasih mas randi

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Semoga bisa memberikan motifasi dan inspirasi untuk kita semua :-)

Anonim mengatakan...

Mas Randi, kapan mau ngadain pelatihannya dan berapa biayanya...

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Akan kami umumkan dan kami postingkan segera jika kami sudah siap memberikan pelatihan kembali :-)

Anonim mengatakan...

keren banget...

Anonim mengatakan...

tiap kolam pake pompa air sendiri-sendiri bang?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Anonim : sebetulnya jika kolam saling terhubung..bisa hanya menggunakan satu pompa saja..ada cara yang lebih sederhana lagi..namun belum kami postingkan. Ditunggu saja :-)

Anonim mengatakan...

Mas randi kalau perbandingan media tanamnya Berapa?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Perbandingan media tanam...kalo kami biasa pupuk kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1 : 1.. arang sekam kami membuat sendiri..

Terima Kasih

Randi Farm

Anonim mengatakan...

Di randi farm jual media tanam juga? Harganya brp?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Media Tanam sebetulnya tidak kami jual dikarenakan media tanam bisa dibuat sendiri. Namun Jika ingin dibeli silahkan. kami menggunakan arang sekam. Per karung Rp 10.000/karung ukuran 50 kg.

Terima kasih

Randi Farm

Anonim mengatakan...

mas,nanamnya pake tanah juga y?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Pakai media netral seperti arang sekam dan kompos :-)

Ninda mengatakan...

mas randi saya mau bertanya,,
bagaimana cara menanam tanamannya dalam pot jika media tanamnya berupa arang sekam????

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Ninda : Cara menanam dalam pot jika media tanamnya berupa arang sekam sama seperti diatas hanya saja pada bagian pengeluarannya diberi saringan agar arang sekam yang bentuknya lebih kecil tidak keluar dari saluran out put..

Nuri mengatakan...

Salam kenal mas Randi, tertarik untuk nyoba akuaponiknya nih, ada yg ingin saya tanyakan:
1. sirkulasi air dari kolam ke tanaman di lakukan terus menerus atau gimana?
2. Kalau air dalam kolam berkurang karena penguapan, apakah harus ditambah? berapa % maksimal penambahan air agar kondisi kolam tetap baik untuk ikan?
3. Media tanaman apakah ada masa pakainya? kalau ada setelah berapa kali penanaman media harus diganti?
terimakasih ya....

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Nuri :
1. Sirkulasi baiknya cukup dilakukan pada pagi hingga sore hari. Untuk malam tidak perlu.

2. Tentu perlu ditambahkan lagi, namun biasanya tidak terlalu signifikant, diberikan air secukupnya saja sesuai ketinggian kolam yang optimal.

3. Untuk arang sekam tentu ada, biasanya akan hancur dalam 2-3 kali panen, namun cukup ditambahkan saja ke dalam penanaman sayuran, jadi tidak perlu diganti semua.

Terima Kasih

Randi Farm

carya mengatakan...

Salam kenal mas randi
Maaf Mau tanya mas randi farm
1,itu pipa selangnya berdiameter brp?
2,pada tiap potnya pipa di beri lubang berapa dan berdiameter brp untuk penyiraman?
Smg ilmu nya bermanfaat ya mas dunia dan akherat.aamiiin

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@salam kenal Mas carya
1. Pipa menggunakan ukuran 1/4 inci, ukuran terkecil pipa air..
2. Diameter ouputnya juga sama 1/4 inci..untuk lubang pengeluran pada air masuk, cukup selubang paku atau kurang lebih 6-7 mm.

Terima Kasih

Randi Farm

anang ardiantaka mengatakan...

mas, kan media tanamnya arang/zeolit, nah trus gt perlu di pupuk gak ya ? kan larut dan mengalir ke kolam.

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Anang :
Tidak perlu mas..pupuknya kan sudah dari air kolam ikannya..

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum.....
saya tofik dr purbalingga mas...saya tertarik dgn budidaya lele system aquaponik.saya sudah buat kolam terpal uk 1x2 kedalaman 120cm...saya mau tanya beberapa hal mas.
1.berapa kepadatan lele untuk kolam uk saya.??
2.untuk tanamannya di pelihara dalam tanah berapa hari sebelum di masukan ke system aquaponik??
3.untuk tanaman cabe rawit bsa ga??
sebelumnya terima kasih....
Wassalam..........

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Waalaikumsalam..

Salam kenal mas taufik..mohon maaf postingan baru dibalas..kami sedang mengerjakan pakan dan tepung ikan sehingga lebih banyak di lapang..Baik akan kami jawab satu persatu..
1. Kepadatan tebar untuk lele dimulai dari 150-175 bibit dahulu..jika sudah mahir bisa ke 200-225/ meter kubik..

2. Gunakan kangkung dulu yang lebih mudah dan tahan air dengan umur 7-10 hari dengan dua daun..

3. Cabe rawit belum pernah kami coba..Mohon maaf belum bisa kami infokan.

Terima Kasih

Wassalamualaikum wr wb

Randi Farm

Anonim mengatakan...

Mas,kolam lele saya airnya berwarna merah. Kalau pakai cara seperti ini, airnya bahaya buat tanaman apa nggak?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Anonim : Tidak masalah mas.

Anonim mengatakan...

numpang tanya mas....

pompa airnya itu seperti apa ya?
boleh tau merk'nya?

suwun

Mohammad Yusuf mengatakan...

menggunakan pompa air aquila P2800 kalo tidak salah...ketinggian 2.5 meter..

terima kasih

H Ahmad sutikno mengatakan...

trms banget mas atas semua ket nya ,cuma saya tanya mas mana dulu yg ditanam, tanaman dulu (tapi masih kecil2)atau ikan dulu( tpi belum dapat pupuk tanaman karena masih kecil2) trm kasih mas , saya pemula dalam intrnt jadi mahir menjalankannnya h ahmad bogor 087873670569

Mohammad Yusuf mengatakan...

@ Ahmad : yang pertama dilakukan yaitu budidaya ikan dahulu..supaya terakumulasi kotoran dan sisa pakan yang terbung untuk dijadikan pupuk bagi tanaman.

harga jaket semi kulit murah mengatakan...

Wah ilmu baru nih.. makasih banyak tipsnya :)

Euis Nurhalimah mengatakan...

MAS maaf mau tanya masih jual arang sekam tidak? Randifarm tempat.y d mana? Trmks.

Euis Nurhalimah mengatakan...

MAS maaf mau tanya masih jual arang sekam tidak? Randifarm tempat.y d mana? Trmks.

Posting Komentar