Selasa, 03 Juli 2012

Fermentasi pakan dan perlakuan kolam dengan Probiotik Bacillus sp



Mekanisme kerja probiotik pada akuakultur adalah kompetisi ekslusif terhadap bakteri patogen, pengaktifan respon imun atau menstimulasi imunitas, kompetisi reseptor perlekatan pada epitel saluran pencernaan, kompetisi untuk mendapat nutrient, mengeluarkan subtansi anti bakterial dan dekomposisi zat organik yang tidak diharapkan.
Dikolam Randi Farm budidaya tehnik bioflog kami menggunakan probiotik Bacillus sp .Mengapa kami menggunakan probiotik ini??? Bacillus merupakan salah satu bakteri yang dapat menghasilkan berbagai jenis enzim yang mampu merombak zat makanan seperti karbohidrat, lemak dan protein menjadi senyawa yang lebih sederhana sehingga mudah diserap oleh pencernaan (Buckle et al. 1987).
Dalam pemberian pakan kami di Randi Farm. Kami senantiasa memfermentasikan pakan dengan probiotik ini. Karena ketika spora Bacillus masuk ke dalam tubuh bersama pakan, Bacillus langsung germinasi (membelah diri) dan saluran usus ikan dan tumbuh sebagi sel vegetatif tetapi tidak berkembangbiak menjadi jumlah yang sangat banyak. Bacillus juga tinggal sementara di usus ikan, karena tidak membentuk kolonisasi dalam usus. Bacillus juga sangat berpotensi untuk menstimulasi sistem imun lokal usus. Proses germinasi (membelah diri), yang merupakan ciri khusus dari spesies bacillus, hanya berlangsung ketika ada nutrisi, air, dan dalam kondisi yang hangat dan pH yang sesuai. 

Hasil dari perlakuan kami  di Randi Farm dengan pemberian probiotik yang difermentasikan minimal 2 hari. Didapat hasil :
1. Aroma pakan kami lebih harum dan menyengat.
2. Nafsu makan ikan tinggi. Videonya
3. Munculnya sisa kotoran yang mengambang, yang merupakan ciri-ciri pencernaan yang sempurna.

4. Pertumbuhan relatif cepat. (Ukuran 4-6 dalam 2 minggu masuk 5-7 dan 7-9).
5. Bacillus sp membantu terbentuknya agregat BIOFLOG didalam kolam padat tebar Randi Farm.


Beberapa probiotik yang dijual dipasaran biasanya sudah ada tertera mengandung bakteri apa. Sehingga baiknya dilihat probiotik tersebut mengandung apa saja.??dan kami sarankan probiotik yang mengandung Bacillus sp Untuk fermentasi pakan. Semua produk pakan yang kami jual, juga kami sarankan untuk difermentasikan dengan bakteri tersebut.  Berikut kami postingkan gambar proses kegiatan fermentasi pakan kami. Beberapa produk probiotik yang mengandung baccillus sp yaitu : MINA PRO, EBS dari KMP dll.







Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

14 komentar:

Teguh mengatakan...

fermentasinya aerob atau anaerob pak?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Teguh : fermentasi tanpa udara...anaerob

Fatur Rohman mengatakan...

fermentasinya berlaku untuk pakan butiran juga g Pak(pembesaran)...

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@fatur : berlaku juga mas fatur..tapi dua hari saja di fermentasinya..

Terima kasih

Randi Farm

Anonim mengatakan...

mas, maksudnya proses anaerob nya cukup 2 hari saja ya? Setelahnya boleh kena udara kah?
Berarti fermentasi anaerob 2hari lalu disimpan biasa untuk diberikan ke ikan...?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Anonim : baiknya disimpan biasa saja...paling bagus diperkiraan memang untuk habis saat fermentasi sudah berjalan 2 hari..langsung diberikan ke ikan..langsung habis..jadi tidak ada yang disimpan..

ryan mengatakan...

untuk 1 kg pakan berapa banyak probiotiknya

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Ryan : probiotik baiknya diberikan dengan semprot sehingga lebih hemat jadi bukan hitungan 1 kg butuh berapa liter..namun sebagai referensi biasanya 1 kg butuh 5 cc.

Terima kasih

Randi Farm

palg1997 mengatakan...

Mas Randi, apakah sama hasil apabila probiotik yang sudah dicampur air dan molase disimpan 2 hari, lalu disprey ke pakan dan diberikan ke ikan.
Terima kasih

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Palg1997 :perlakuannya kan berbeda mas..yang satu untuk pakan dan yang satu untuk perairan. Jika diaplikasikan bersamaan akan lebih baik lagi.

Terima Kasih

Randi Farm

arif mengatakan...

mas randi jika bahan2 uktuk buat pelet di permentasi bagusnya fermentasinya setelah bahannya di uap atau sebelum di uap mas..?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Arif : tentu saja baiknya setelah di uapkan..supaya tidak banyak probiotik yang mati saat penguapan..

Terima kasih

Randi Farm

Palgunadi mengatakan...

Maaf mas, apakah tidak termasuk fermentasi juga jika probiotik yang dicampur molase dan simpan selama 2 hari,.. setelah itu baru di spaykan ke pakan, dan langsung di berikan ke ikan

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Palgunadi : itu termasuk fermentasi juga mas...molase adalah bahan makanan dari probiotik, atau biasa disebut prebiotik. Disimpan selama 2 hari termasuk proses fermentasi juga :-)

Terima Kasih

Randi Farm

Posting Komentar