Selasa, 17 Juli 2012

Pakan Tenggelam Bisa Memperbesar Ikan Lele di Randi Farm


Postingan ini diperuntukan bagi pembudidaya lele untuk membuktikan bahwa pakan tenggelam juga dimakan oleh ikan lele dan juga bisa memperbesar. Ikan lele kami masuk tanggal 11 Juli 2012 dengan ukuran 6-8 dan 7-9. Dengan perlakuan sebagai berikut :

  1. Ukuran kolam 4 x 2 kedalam kolam 1,5 dan ketinggian air kolam 1,3 meter.
  2. Kolam diberi pelakuan kompos yang kami masukkan kedalam karung ukuran 30 kg yang kami tusuk-tusuk sebanyak 4 karung.
  3. Kolam kami beri pemberian probiotik Bacillus sp dari MINA BACTO dan Rhodococcus dan Rhocbacter dari MINA PS. Dengan dosis 20 cc/ 8 meter2.
  4. Pakan dari kami dengan pelet tenggelam dengan perlakuan fermentasi dengan MINA PRO kandungan Bacillus sp dan Molase. Difermentasikan minimal 2 hari. 
  5. Pemberian pakan hanya memperhatikan rakus tidaknya ikan memakan pakan kita. Kami berikan di pagi dan malam hari. Dosisnya sesuai dengan tingkat kelaparan ikan lele.
HASILNYA

Hingga postingan ini diturunkan dengan pengambilan sampe ke 5 kolam pada tanggal 17 Juli 2012 didapat hasil lele sudah masuk ukuran 9-12 dalam waktu satu minggu  wadah sortir ukuran 7-9 sudah tidak keluar. Pertumbuhan ikan rampag, perut ikan gendut dan berisi, ikan lele tenang berada di bawah kolam, saat diberi makan memang tidak terlalu rakus, menandakan kebutuhan makanan didalam kolam masih ada sehingga ikan lele memakan pakan alami, dan sisa pakan yang berasal didalam kolam. Kami masih akan terus mencari tahu bagaimana pakan tenggelam juga bisa dimakan ikan lele. Mekanisme apa yang tejadi di pakan tenggelam?Apakah menyebabkan air kolam sebagai sumber pakan??ataukah peran probiotik yang kami berikan juga membantu???akan kami telusuri di postingan kami selanjutnya. Berikut kami postingkan gambar-gambarnya.









Semoga bisa bermanfaat. Terima Kasih

7 komentar:

Teguh mengatakan...

dimana memperoleh mina ps dan mina bacto

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Di purwokerto ada mas teguh...posisi mas teguh dimana???

Anonim mengatakan...

pakan tenggelamnya di sebar merata atau ditaruh di wadah gitu ya mas?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Kita tebar secara perlahan-lahan supaya ikan berkumpul terlebih dahulu..lalu kita tebar di satu titik ditengah2..sehingga bukan disebar merata...tujuannya agar pakan tenggelam langsung dimakan.. :-)

anang mengatakan...

kalo pengen belajar bikin pelet di randi farm bisa ga pak?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Anang : bisa mas...silahkan saja.. :-)

JNF mengatakan...

Mas Randi apa masih mencrai partner penanam Modal untuk ternak Lele?

Kalau masih saya tertarik untuk bertemu dan mengadakan rapat.

Posting Komentar