Senin, 16 Juli 2012

Penstabil lingkungan air kolam ikan (kompos dan batang, daun pisang)


Menghadapi musim ekstrim dimana pada malam hari suhu udara dingin sekali dan siang panas sekali menyebabkan banyaknya ikan lele yang mengalami penyakit dan kematian mendadak. Kondisi ini disebabkan karena suhu dingin yang memudahkan penyakit seperti virus dan jamur mudah berkembang dan menyerang ikan lele. Seperti penyakit mulut putih, belang putih, yang banyak disebabkan oleh virus dan jamur. Penambahan perlakuan garam  dan pergantian air sering kali tidak memberikan hasil yang baik dan jutsru akan memperbanyak ikan yang mati. Hal ini terjadi karena suhu air tetap dingin sehingga tidak akan banyak berpengaruh untuk ikan lele. Lalu bagaimana agar suhu kolam bisa tetap stabil???

Salah satu tehnik yang kami lakukan yaitu dengan pembenaman kedalam kolam berupa kompos kotoran sapi dan pembenaman batang dan daun pisang yang sudah tua. Dan akan selalu kami berikan didalam kolam mulai dari ukuran masuk ikan lele hingga panen.. Untuk gedebok pisang jumlahnya akan kami kurangi. Dosis yang biasa kami lakukan yaitu untuk ukuran 4 x 2 kami isi 4-5 karung kompos dengan ukuran karung 30 kg. Sehingga jika kolam lebih luas maka bisa ditambahkan kembali.karung komposnya.

Mengapa bahan tersebut bisa menjaga kestabilan lingkungan air kolam??
Dibutuhkan aksi metabolisme mikroba yang akan menghangatkan lingkungan air kolam. Mikroba yang berasal  baik dari kompos dan daun batang pisang hidup dan bermetabolisme didalam kolam. Aktifitas mikroba akan menghangatkan lingkungan air kolam. Batang pisang yang juga mengandung glukosa dan sellulosa merupakan sumber energi atau sumber makanan untuk mikroba yang hidup didalam air. Menambah pakan alami didalam kolam sehingga menjaga kestabilan lingkungan air kolam. Kondisi air dalam pH yang netral, dan suhu yang stabil.





Semoga Informasi Ini Bisa Bermanfaat
Terima kasih

63 komentar:

Anonim mengatakan...

mas randi kotoran sapinya yg sudah kering apa masih basah??

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Kotoran sapinya yang sudah kering atau sudah jadi dan tidak berbau..untuk mempercepat pengomposan kolam :-)

Terima Kasih

Randi Farm

Ebooks mengatakan...

Apa perlu ditambah probiotik mas Randi..?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Ebook : Kami tambahkan probiotik bacillus sp dan rhodoccocus sp dan rhodobacter sp..

Yoyo Gandhi mengatakan...

Kalu lihat fotonya,air harus mengalir terus kekolam ya Mas..?
Apakah bisa diaplikasikan untuk kolam dgn air tetap/tidak mengalir..?
Terimakasih sebelumnya.

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Yoyo : tidak harus mas..bisa diaplikasikan di kolam air tetap dan tidak mengalir. Tidak masalah :-)

Randi Farm

Iwan mengatakan...

Mas, ditempat saya suhunya dingin, untuk kolam saya lelenya kondisinya menggantung dan kurang nafsu makan, 3 hari yg lalu udah saya ganti air kolam lamanya, trus kalo stabilizer air seperti ilmunya mas randi apa bisa saya terapkan pada kolam saya yang masih berisi lele ukuran 50 gram per ekor.? Trims

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Iwan : Bisa mas...dicoba saja tapi jangan terlalu berlebihan juga..seperti tadi dosisnya kolam ukuran 4 x 2 diisi 4-5 karung.

Anonim mengatakan...

mas, batang pisang yang dimaksud gedebog ato pelepah daun pisang? kalau gedebog apa perlu dicacah2 dulu?
dari : LELE_IMPIAN

Anonim mengatakan...

oya mas, kalo pake urine sapi/kambing/kelinci bagaimana? boleh tidak?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Lele Impian : Gedebog, batang pisang dan daun pisang yang sudah kering dan coklat. Bisa dicacah dahulu.

@Anonim : Saya belum pernah mempelajari urine terkait kandungan dan aplikasinya untuk kolam..jadi belum bisa saya beri masukan dan info..

Terima Kasih

Randi Farm

Xarell Farm mengatakan...

Mas ijin share

Xarell Farm mengatakan...

Untuk kolam Stabiliser ini kohe, batang dan daun pisang tidak perlu diangkat sampai panen ya mas? mohon pencerahan

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Xarel : Silahkan mas :-) Kalo sudah diisi ikan..bisa dikurangi gedebok dan batang pisangnya..untuk kohenya dibiarkan saja..diisi 5 karung.

Terima Kasih

Randi Farm

Anonim mengatakan...

kalo pake kotoran ayam bisa ga bang?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Bisa saja..tapi lebih lama proses penguraiannya bisa 1 bulan..karena kotoran ayam menghasilkan amoniak juga dikarenakan bahan pangannya juga konsentrat ber protein tinggi...

Terima Kasih

Randi Farm

daysleeper mengatakan...

mas randi mau tanya nih
1. untuk kotoran sapinya yang kering dimasukkan karung dilubangi tidak yah karungnya... kalau dilubangi kira2 berapa banyak
2. adakah jenis2 tanaman yang dapat mengobati berbagai penyakitikan lele, terutama aeromonas. terimakasih

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Daysleeper

1. betul mas dilubangi...berapa banyaknya diseusuaikan saja yang penting merata dan cukup..dilubangi bisa menggunakan paku besar asalkan jangan terlalu lebar, nanti banyak yg keluar komposnya.

2. Penyakit lele lebih banyak terjadi akibat suhu dingin, coba airnya dihangatkan atau ada media penghangat..insya4wl bisa mencegah penyakit..atau metode seperti postingan ini bisa dicoba.

Terima Kasih

Anonim mengatakan...

mas Randi, kalau kotoran sapi diganti dngn kotoran kambing bisa ga ya? makasih sebelumnya atas infonya
dari anton parung..

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@anton parung: bisa mas..malah tambah bagus. :-)

terima kasih

julian mengatakan...

mas emang untuk phon dan daun pisang bisa mengahasilkan pakan alami ya..
terimaksih

Agus Nugraha mengatakan...

salam sukses bos Randy!!!!!untuk kolam indukan dan pemijahan apakah juga perlu kompos, daun dan gedebog pisang sebagai stabilizer suhu air ?? trims agus - solo

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Kolam indukan dan pemijahan setau saya jangan diberi kompos karena justru menyebabkan indukan tidak mau memijah

Terima Kasih

Randi Farm

Khalid Ali Fahmi M. mengatakan...

Salam mas Randy
Ditempat sya bnyak kotoran kambing, sya tertarik untuk memanfaagkannya.
Mohon pencerahannya mengenai proses kotoran kambing

1 apakah bisa hanya kotorannya saja tanpa dicampur probiotik?
2 kira2 berapa lama kotoran tsb baru bisa digunakan di kolam lele?

Terimakasih atas artikelnya.

Khalid Ali Fahmi M. mengatakan...

Salam mas Randy
Ditempat sya bnyak kotoran kambing, sya tertarik untuk memanfaagkannya.
Mohon pencerahannya mengenai proses kotoran kambing

1 apakah bisa hanya kotorannya saja tanpa dicampur probiotik?
2 kira2 berapa lama kotoran tsb baru bisa digunakan di kolam lele?

Terimakasih atas artikelnya.

Khalid Ali Fahmi M. mengatakan...

Salam mas Randy
Ditempat sya bnyak kotoran kambing, sya tertarik untuk memanfaagkannya.
Mohon pencerahannya mengenai proses kotoran kambing

1 apakah bisa hanya kotorannya saja tanpa dicampur probiotik?
2 kira2 berapa lama kotoran tsb baru bisa digunakan di kolam lele?

Terimakasih atas artikelnya.

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Khalid :
Salam pak khalid...
1. Kotoran saja tanpa dicampur probiotik akan lebih lama terfermentasinya, tujuan pemberian probiotik untuk menambah bakteri yang belum ada atau menambah jumlah bakteri yang dipakai untuk fermentasi.

2. Sampai kotoran itu tidak berbau dan sudah tidak panas lagi mas..jd itu tandanya fermentasi sudah berjalan..

Terima Kasih
Randi Farm

rufin mengatakan...

mantep banget,..
boozzzz, trimakasih atas infonya

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

sama-sama :-)

Anonim mengatakan...

Selamat sore mas Randy.

Mas, untuk kultur air, sebaiknya dilakukan berapa lama? apakah 5 hari cukup sebelum benih lele ditebar?


Terimakasih.

cuvon mengatakan...

salam sukses mas..
kalau untuk menambah nafsu makan lele gmna ya mas?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Anonim : Baiknya 1 minggu atau jika dirasa pakan alami seperti hewan-hewan kecil sudah hidup didalam air, dengan pengamatan dilapang juga bisa disebar benihnya..

@Cuvon : Sama seperti kita jika ingin menambah nafsu makan dengan penambahan bahan-bahan herbal seperti temulawak,temu ireng, daun pepaya,lalu dijadikan jamu dan diberikan ke kolam atau melalui pakan.

Terima kasih

Randi Farm

Ktna Jombang mengatakan...

salam sukses mas
mohon ijin share by copas, demi kemajuan rekan-rekan petani ternak ikan

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Silahkan :-) Semoga bisa bermanfaat..

Anton Ilham mengatakan...

salam sukses mas...
Terima kasih banyak atas info nya.
Saya mau tanya probiotik yang di butuhkan apa saja ya mas ?
Belinya dimana ?
Harga nya berapa ?
Cara penggunaan nya gimana ?
Maaf mas belum pernah bertani lele. Baru mulai bikin kolam 2m x 5m. 5 kolam

Frans Jaidie mengatakan...

Berfanfaat sekali infonya..jadi pgn ternak ikan :)
Btw, Mas Rendy... selain Lele Jenis ikan apa saja yang bisa dikasih pakan organik/KOHE?

Terima ksaih sebelumnya...

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Anton : jenis probiotik yang digunakan bisa apa saja yang terpenting diperuntukan untuk lingkungan perairan bisa dari lactobacillus atau bacillus..belinya ditoko pertanian atau perikanan..harga disesuaikan dengan lokasi..cara penggunaann jelas sudah ada di botol kemasan.. :-)

@Frans : Kami masih fokus di perikanan ikan lele dahulu..jadi belum melakukan pengujian ikan yang lain, sehingga belum bisa memberikan rekomendasi jenis ikan apa yang bisa diberi pakan organik :-)

Terima Kasih

Randi Farm

Anonim mengatakan...

Salam sukses mas randi,setelah saya aplikasikan di kolam saya,kok bau airnya jadi menyengat ya..apakah itu bermasalah buat ikannya? Mohon pencerahan..

Anonim mengatakan...

Salam sukses mas randi,setelah saya aplikasikan di kolam saya,kok bau airnya jadi menyengat ya..apakah itu bermasalah buat ikannya? Mohon pencerahan..

Anonim mengatakan...

Salam sukses mas randi,setelah saya aplikasikan di kolam saya,kok bau airnya jadi menyengat ya..apakah itu bermasalah buat ikannya? Mohon pencerahan..

Anonim mengatakan...

Salam sukses mas randi,setelah saya aplikasikan di kolam saya,kok bau airnya jadi menyengat ya..apakah itu bermasalah buat ikannya? Mohon pencerahan..

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Anonim : Itu hanya untuk diawal saja mas..5 hari saja..setelah itu diangkat semua disisakan 2 karung kompos..jangan dibiarkan terus..nanti akan menyengat..

Terima Kasih

Randi Farm

cholis mengatakan...

halo ...
gimana kalau kompos yang di masukkan ke dalam karung dicampur pupuk urea bagus gak mas?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@cholis : kompos saja sudah cukup :-)

Randi Farm

Ewa Sanqyu mengatakan...

1.gedebok pisang
2.kotoran ayam 1 karung
3.dedak 5 kg
4.enceng gondok 3 kg
5.azzola microphilla 3 kg
6.EM-4 250 ml
fermentasi selama 2 hari setelah itu saya aplikasikan ke kolam pengkayaan pakan alami, air saya naikkan menjadi 40cm, sudah 1 minggu air masih berbau,
rencananya akan di aplikasikan pada kolam penetasan & perawatan larva dengan air sumur bor 15 cm & air dari kolam pengkayaan pakan alami 15 cm, kira2 bisa ga ya mas Randi tekhnik ini di gunakn untuk proses penetasan & perawtan larva, melihat kondisi kolam pengkayaan pakan alaminya berbau
mohon sharenya

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Ewa : kolam pengkayaan membutuhkan waktu sampai 1 bulan. karena mungkin kotoran ayamnya saat diberikan masih panas atau belum terfermentasi sempurna. Sebaiknya menggunakan kotoran ayam yang sudah kering betul. Dan butuh waktu 1 bulan untuk proses penguraiannya supaya sempurna.

Terima Kasih

Randi Farm

Ewa Sanqyu mengatakan...

gimana jika di dalam kolam pengkayaan yg berbau tersebut sudah banyak di tumbuhi jasad renik, kutu air misalnya, serta azzola yg tumbuh sangat subur di banding kolam sebelahnya, apakah dengan suburnya azzola & melimpahnya kutu air di kolam tersebut bisa menjamin bahwa air itu juga sudah bisa di gunakan untuk kolam pembenihan?

Anonim mengatakan...

terimakasih bang Randi. jazakumullohukhoiran

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Ewa : betul sekali..salah satu parameter yang bisa digunakan yaitu kutu air dan azzola yang berlimpah. :-)

Sama-sama.

Terima Kasih

Randi Farm

Komarudin hdyt mengatakan...

good job bang ...

4rizal mengatakan...

gimana untuk kolam yg sudah diisi ikan pak,apa msh bs dilakukan pengomposan?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Bisa tapi jangan terlalu banyak..ukuran 4 x 2 diisi 2 karung saja..

Terima Kasih

Randi Farm

kagungansite mengatakan...

ijin share mas......

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Kagungansite : silahkan mas.. :-)

Anonim mengatakan...

kalau kotoan sapi dan kambing di gabung apa bisa mas

Mohammad Yusuf mengatakan...

Boleh saja..gabungan kotoran sapi dan kambing..bisa dicoba.

Roy Candra mengatakan...

Mas Randy, saya coba aplikasi kotoran sapi yang sebelumnya saya rendam pakai air dan saya beri probiotik, saya taruh di tong plastik. Setelah kurang lebih 4-5 hari, saya masukkan ke kolam (kolam terpal). selang 1 hari airnya kok keluar buih" / gelembung, dan airnya coklat seperti kotoran sapi serta bau (kotoran sapi). Yang ingin saya tanyakan:
1. Apakah air itu berbahaya untuk lele?
2. Berapa lama saya harus diamkan air itu hingga saya masukkan benih lele?
3. Bagaimana cara mengolah air yang seperti itu, mengingat air yang bagus adalah yang berwarna coklat kehijauan, atau hijau yang berarti banyak plankton.
Mohon pencerahannya, terima kasih.

Mohammad Yusuf mengatakan...

@roy : sudah kami balas melalui email. terima kasih

Anonim mengatakan...

Mas randy, mohon pencerahan masalah yg saya alami seperti yg d tanyakan mas Roy Candra....gmna solusinya ?

Anonim mengatakan...

Lek lah

Suliah Suliah mengatakan...

mas randy, kalo pengomposan kolam menggunakan daun pepaya sama probiotik saja ,bisa gak ya? tanpa menggunakan kohe.mohon penjelasannya.

Suliah Suliah mengatakan...

mas randy, kalo pengomposan kolam menggunakan daun pepaya sama probiotik saja ,bisa gak ya? tanpa menggunakan kohe.mohon penjelasannya.

Samuel Limawan mengatakan...

Terima kasih untuk artikelnya.
Pak utk gedebog pisangnya dibenamkan atau diapungkan seperti gambar ?

Posting Komentar