Kamis, 16 Agustus 2012

Prinsip Pembuatan Pelet Apung





Hampir semua pakan ikan pabrikan yang beredar di indonesia merupakan pakan yang berjenis terapung. Pakan terapung merupakan tehnologi pakan yang paling effisien dan effektif untuk bisa langsung dimakan oleh ikan. Sekalipun ikan itu termasuk jenis ikan pemakan di bagian bawah kolam, akan tetapi tetap saja pakan terapung jauh lebih effektif.  Salah satu keunggulan dari pakan terapung yaitu :

  1. Pakan terapung yang baik jika tidak termakan tidak langsung merusak lingkungan air kolam.
  2. Pakan terapung lebih mudah dimakan oleh ikan dengan kondisi keadaan pakan di permukaan kolam.
Sehingga tidak heran, hampir semua pabrik pakan ikan memiliki produk pakan unggulan yang berupa apung. Petani ikanpun jga merasakan bahwa pakan terapung jauh lebih effektif, tidak merusak lingkungan air kolam, dan sasaran pertumbuhan ikan yang lebih besar dengan penggunaan pakan apung. Pakan tenggelam bukan berarti tidak bisa diberikan. Namun penggunaan pakan tenggelam lebih effektif untuk ikan yang sudah besar khusus lele di kisaran ukuran LBG atau REMAJA. Namun untuk yang masih kecil baiknya menggunakan pakan apung.
Sayangnya dengan semakin tingginya harga pakan pabrikan dengan tidak diimbangi harga jual yang tinggi pula semakin menjerat petani ikan dengan semakin berkurangnya keuntungan yang didapat. Beberapa petani berusaha membuat pakan sendiri namun sayangnya dengan mesin seadanya sering kali hanya menghasilkan pakan yang tenggelam.
Lalu bagaimana pelet yang beredar atau yang dikeluarkan oleh pabrik pakan ikan bisa mengapung. Randi Farm terus menelusuri prinsip-prinsip tehnik membuat pakan apung. Bagaimana pelet bisa mengapung?????
 Perhatikan gambar dibawah ini...

Pernahkah anda melempar roti bs atau roti tawar kedalam kolam..Sebesar apapun rotinya..pasti akan mengapung diatas kolam. Lalu mengapa pelet yang kita buat padahal hanya ukuran 3 mm langsung tenggelam. Roti yang mengapung diatas kolam memiliki gaya dorong keatas karena adanya rongga-rongga didalam roti, rongga-rongga itu berisi udara yang terjebak dan memberikan gaya dorong keatas. Sehingga roti tidak akan langsung tenggelam.Seperti gambar dibawah ini


Prinsip inilah yang terdapat pada pelet apung dimana didalamnya terdapat rongga udara yang terjebak didalam padatan pelet yang dicetak. Lalu bagaimana prinsip ini dilakukan?? Memang menggunakan mesin khusus yang memiliki sifat ektruder yaitu bertekanan dan suhu tinggi. Salah satu mesin pelet apung yaitu mesin ektruder






Bagaimana mesin ini bekerja.Mesin ini terdiri atas mesin hopper, bagian selongsong cetak,bagian cutter dan heater. Pertama persyaratan bahan baku yaitu mengandung bahan pati sebesar 20-25%. Bahan pati diperlukan untuk proses gelatinasi atau perekatan dan penambah kandungan air di dalam pakan . Bahan akan masuk kedalam hopper. Fungsi dari hopper agar masukkan bahan pakan kedalam corong pencetakan stabil dan bisa diatur jumlah input bahan bakunya. Bahan baku akan masuk kedalam selongsong cetak bertekanan. Salah satu bentuk selongsong cetak.

 
Heater yang mengkilap dimana suhu tinggi tercipta.

Prinsipnya adalah bahan pakan mengalami gerakan dan tekanan tinggi yang memasuki selongsong cetakan. Setelah itu bahan pakan akan melewati bagian heater dengan panas tinggi dan masuk ke bagian cutter atau pemotongan. Saat di bagian cetakan dan melewati heater, pakan mengandung kadar air seharusnya menguap karena melewati suhu tinggi di heater. Namun hal itu tidak terjadi karena berada pada kondisi tekanan tinggi, alhasil terjadi udara yang terjebak dipakan yang seharusnya menguap namun tidak terjadi. Saat keluar dari cetakan dan menyesuaikan suhu dengan lingkungan luar, menyebabkan rongga didalam pakan akibat udara yang menguap dan terjebak didalam pakan. Dengan adanya rongga-rongga didalam pakan sehingga ada gerakan dorongan ke atas yang menyebabkan pakan akan mengapung. Prinsip inilaj yang terjadi didalam roti yaitu rongga didalam bahan. 

Randi Farm sendiri sedang memesan mesin pelet yang apung supaya bisa menghasilkan pakan ikan yang mengapung tujuannya agar bisa semakin dekat dengan bentuk, struktur, dan sifat seperti pakan pabrikan. Komitmen kami bisa menghasilkan produk pakan yang baik, berkualitas namun harga yang terjangkau. Postingan selanjutnya tentang kriteria pakan dan parameter senyawa dan kimia pakan yang baik. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Terima Kasih



30 komentar:

EngQLyzer Make A Beat mengatakan...

sukses mas, dalam menciptakan pakan apung nya. ijin mempelajari ilmunya mas

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@EngQLyzer : Sukses untuk kita semua..silahkan di share.

4uman mengatakan...

Pak Randi sedang bikin ekstruder yah.. hebat pak, kalau jadi kapasitasnya berapa pak? kalau lihat gambarnya kayaknya motor utamanya 3phase 15hp keatas ini. Kalau yg pernah sy lihat sebelum masuk kedalam selongsong cetak bertekanan ada lagi silinder klu tidak salah kondisioner atau apa yg didalamnya terdapat seperti pengaduk yg ditata sedemikian rupa sehingga bahan disamping mengalami pengadukan juga bisa bergerak maju masuk ke selongsong cetak dan juga ditambahkan steam. Tujuannya untuk memasak bahan baku kali yah..
Terima kasih bapak atas sharing ilmunya, Blognya bapak sangat inspiratif dan menarik..

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@4uman : Kami baru memesan pak..insya4wl kedepannya setelah mesin jadi..akan kita buat lebih sederhana..betul itu menggunakan motor 3 phase 15 hp..tapi karena tidak semua lokasi memiliki listrik 3 phase akan dibuat yang menggunakan mesin solar 20 hp...iya itu mesin hopper supaya menjaga kestabilan bahan yang masuk ke selongsong cetak...Alhamdulillah jika memang bisa bermanfaat untuk kita semua :-)

Anonim mengatakan...

mat malam pak
saya Yan Dewa di Flores, mau tanya brp harga mesin penepung dan mesin pencetak pelet ?
ahrp kabar
thanks


Yan Dewa

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Yan Dewa : Selamat malam..
Harga mesin penepung atau diskmill tergantung dari ukurannya...kalo yg kemaren saya rakitkan dengan mesin solar 6 PK totalnya 3,8 juta...kalo mesin pencetak peletnya..yang dimaksud pelet apung atau tenggelam. Kalo yg apung kami belum tau...kalo pelet tenggelam yang kamirakit...kami jual 3,5 Juta..

Terima Kasih

Randi Farm

naruto mengatakan...

ditunggun artikelnya tentang mesin untuk pelet apungnya mas randi, dan kira2 brp harganya?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Naruto : baik...kami juga sedang menunggu mesin pelet apungnya jadi terlebih dahulu.. :-)

Xarell Farm mengatakan...

Sukses mas. Ditunggu info hasilnya yah. Apakah hasil bisa berbeda kandungan dengan menggunakan mesin pelet sebelumnya.

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Xarell : baik..mas :-)

Ade nuryaman mengatakan...

Ini harga mesinnya berapa mas, terus kalo misalkan sayah ngambil mesin dari tempat mas randi itu plus cara membuat peletnya ga ?

Terimakasih

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@ade nuryaman : kalo mesin pelet apung masih mahal mas..kalo yang pelet tenggelam jika pesan dari kami akan kami berikan cara pembuatannya juga mas ade.. :-)

Ade nuryaman mengatakan...

Tapi sayah Berminat mas , Kalo misalkan udah dapet harga mesinnya berapa+kalo ada waktu pelatihan pembuatan peletnya mohon infonya ke alamat email sayah mas " nuryaman.ade@gmail.com"

terimakasih

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Ade nuryaman : Kapasitas 100-125 kg/jam harga mesinnya 68 juta kekuatan mesin solar 20 HP dan listrik menggunakan 1500 watt.

Terima Kasih

Xarell Farm mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Xarell Farm mengatakan...

Saya mau pesan Pelet apungnya mas yusuf. Mudah2an bisa seperti pelet pabrikan yah. Dan ukuran juga mengikuti. Meningkat lagi kadar protein dan turunnya serat dalam pelet. Tops ya mas. Btw, saya perempuan. Jangan dipanggil Mas atuh

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Xarell Farm : Oh iya maaf mba hehehe..ok. Siap mba :-D

Anonim mengatakan...

slamt siang mas, untuk mesinpelet kering terapung yang paling kecil skala rumah tangga, butiran ukuran 1-4 mm, langsung dengan oven listrik nya kira kira harga nya berapa,

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Anonim : Selamat siang..untuk mesin pelet kering terapung kami belum menjualnya, karena memerlukan tehnik yang lebih rumit lagi..Terima Kasih

agus mengatakan...

Mas randi, posisi dimana ya di pwt nya? Klo ga salah dikarang wangkal ya? Saya kbtulan di pwt jg. Kapan2 saya pengen main, skalian liat mesin pelet yg tenggelamnya. Lagi pengen gedein lele ama nila maz...hehehe.... Salam banyumasan.

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Agus : tempat pembuatan pakan ikan kami ada di desa sambengkulon, kecamatan kembaran. Purwokerto. RT 4 RW 01.

Terima Kasih

Randi Farm

deny ndronk mengatakan...

salut to randi farm, Semoga bsa meringankan para pembudidaya ikan krn mahalnya pakan pabrik, "selamat berjuang...!!!"

ada mengatakan...

salutttttttttttttt

ada mengatakan...

ass. yth pak randi. saya ada dari lampung, ingin membuka usaha pakan pelet leele. kira2 bagaimana cara saya meramu bahannya. apakah anda membuka pelatihannya karena saya berminat. terimakasih. wassalam

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Deny : Amien..Insyaallah :-)

@Ada : Salam kenal..untuk pelatihan kami belum adakan dahulu, karena masih fokus dalam formula terbaik pakan ikan apung yang kami buat..Akan kami infokan jika sudah siap.

Terima Kasih

Randi Farm

Anonim mengatakan...

Ada nomor hp nya Pak Randi, suatu saat saya ingin ke farm anda, biar kalau saya kesasar bisa telp? Bolehkah?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Ada di tab kontak saya :-)

Terima Kasih

Randi Farm

Li Sun mengatakan...

Sukses mas

Li Sun mengatakan...

Salam sukses..
Mas bahan2 yg bagus untuk membuat palet tenggelam apa aja mas?
Mksh sukses slalu

Anonim mengatakan...

Kapasitas 100-125 kg/jam harga mesinnya 68 juta kekuatan mesin solar 20 HP dan listrik menggunakan 1500 watt.

pak bisa diinfokan suplier siapa pak?

Posting Komentar