Kamis, 30 Agustus 2012

Sayuran Daun di Randi Farm

Kami postingkan gambar-gambar sayuran daun  aquaponik terbaru kami di lahan kami di bobosan Purwokerto.

Selada 
 



Sawi putih




Bayam
 

Sawi manis


Persemaian
 




Persiapan Media Tanam
 



TERIMA KASIH :-)






6 komentar:

Anonim mengatakan...

nutrisinya murni dari air kolam ikan Pak? Tdk ada tambahan lain? Kok bisa besar2 ya...
Saya sedang belajar aquaponik; pake sistem rakit apung, styrofoam diapungkan langsung di kolam ikan.
Semai sawi tgl 1 Agts'12, berarti udah sebulan ya... tingginya baru 5cm, daunnya (asli) ada 3-4 helai. rasanya kok pertumbuhannya laaamaaaa sekalii... Kenapa ya pak? Tq.

-christine-

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Cristine : nutrisi penyiraman menggunakan air kolam ikan lele. Tapi di media tanam kami campurkan arang sekam dengan pupuk kompos sapi yang sudah jadi. Kami menggunakan sistem subtrat arang sekam.
Persemaian sawi sebetulnya satu minggu sudah panjang. Menyemai sawinya di media apa bu??nutrisinya apa??

Anonim mengatakan...

ooo pake kompos juga ya? Berarti selain dari air kolam nutrisinya jg dari kompos dong... Saya nutrisinya murni pake air kolam, media semainya rockwool; diselipkan di styrofoam lalu diapungkan langsung di kolam ikan.
Berarti air kolam (murni) tdk bisa dijadikan alternatif utk ber-hidroponik secara organik ya? [menurut pengertian sy akuaponik & hidroponik sama2 mengambil nutrisi dr air; bedanya yg satu dr air kolam ikan yg bisa dibilang organik, satunya lagi dari pupuk kimia. Arang sekam/pasir/rockwoll hanya sbg penopang tanaman saja & tdk memberikan nutrisi apapun kpd tanaman. Maaf, ini hanya kesimpulan sy sendiri dr hsl cari2 info di dunia maya. CMIIW]
Kalau utk menyiram tanaman, air kolam oke banget; saya sdh coba.
OK deh, terima kasih banyak infonya Pak...

salam,
-christine-

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Christine : Betul..perlu ada kompos untuk membantu pemberian nutrisi, karena nutrisi dari ikan untuk pertumbuhan awal seringnya kurang baik, kami sudah coba. Semoga informasi ini bisa bermanfaat :-)

Randi Farm

Rian mengatakan...

Mau tanya pak Randi, penggunaan air kolam ke tanamannya melalui apa ? Apakah di siram manual pagi dan sore atau di hubungkan pipa dari kolam untuk langsung mengairi media tanam ? Apabila di sambungkan pipa ke media tanam, apakah nanti air pembuangan dari media tanam ke kolam tidak keruh karena sekam bakarnya ikut mengalir ke kolam ? Atau di buatkan saringan ? Di media tanam apakah tidak menumpuk kotoran kolam sehingga bisa menyebabkan terendam/banjir untuk sayurannya ?

Terima Kasih,
Rian

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Rian : Salam..penggunaan air kolam untuk penyiraman ke tanaman melalui selang. Penyiraman dengan manual jika dirasa media tanaman sayuran sudah mulai kering jadi sekitar 2 hari. sistemnya terpisah, air bekas penyiraman tidak kembali lagi ke kolam. Jadi tidak ada sirkulasi airnya.

Rian

Posting Komentar