Minggu, 02 September 2012

Pakan Randi Farm... Kualitas Super Harga Rakyat






Pengalaman dalam ujicoba pakan selama 2 tahun menempa kami terus berinovasi untuk menciptakan pakan yang berkualitas namun dengan harga yang masih terjangkau dan menguntungkan petani ikan lele. Sebelumnya postingan kami tentang pelet apung dimana kami masih menunggu mesin pelet apung jadi, sembari kami meramu pakan ikan lele dengan kualitas terbaik. Kami mulai memperhatikan sumber bahan baku, parameter kualitas kimia pakan, parameter fisik dan biologi pakan. Serta efisiensi penyerapan pakan oleh sistem pencernaan pakan ikan. Untuk menciptakan pakan yang berkualitas berpedoman dengan parameter asam amino yang seimbang salah satu bahan protein selain tepung ikan beberapa bahan baku yang kami gunakan adalah sebagai berikut :

1. KOPRA.



Bahan baku ini sudah diujicoba penelitian mampu mengganti tepung bungkil kedelai untuk bahan baku pakan ikan dan karena adanya proses pemanasan dalam pembuatan pakan sehingga racun yang ada didalam bungkil bisa dinetralkan. Memiliki protein sebesar 22% dan asam amino yang baik sebagai sumber bahan baku. Beberapa hasil penelitian tentang kopra sebagai pengganti bungkil kedelai dan alternatif pakan ada di link Kopra dan Kopra 2. Sehingga kami menggunakan kopra sebagai salah satu bahan baku.

2. PRO AMINOSIN
Kandungan protein yang tinggi, mineral yang baik, karbohidrat dan lemak yang sesuai parameter pakan yang baik serta kandungan asam amino yaitu lysine yang tinggi dalam bahan baku pakan sehingga kami menggunakannya sebagai salah satu bahan baku pakan kami.

3. AJITEIN
Salah satu bahan baku sumber protein sel tunggal. dan mengandung 19 asam amino. Dan menambah sistem imunitas ikan. Dengan kandungan lysin 1,56 % dan Metionin 1,43%.

4. Premix Aquavita
Sebagai sumber vitamin didalam bahan baku pakan. Kami berikan premix aquavita kedalam bahan baku pakan. Sehingga pakan juga sudah mengandung vitamin dan mineral dalam pakan ikan kami. Vitamin dan mineral untuk meningkatkan metabolisme pakan, meningkatkan sistem imunitas ikan sehingga diharapkan tidak dipergunakan antibiotik kimia kedalam air jika didalam pakan sudah kami berikan vitamin. Sehingga hasil ikan lebih sehat dan lebih baik.

5. Ekstraktan Amino Liquid

Sebagai pengganti minyak ikan kami gunakan bahan ektraktan plus vitamin dari Booster yang merupakan Food Suplement yang mengandung Protein dan Asam Amino untuk pertumbuhan ikan. Sehingga akan meningkatkan mutu pakan ikan, mengatasi strees lingkungan, mengatasi pertumbuhan terlambat, pencegahan difisiensi vitamin, mineral dan memperkuat daya tahan tubuh.

Semua bahan baku kami buat dengan prosentase yang ideal tidak berlebihan dan sesuai dengan dosisnya. Untuk sekarang kami masih menjual pelet tenggelam dan kami menjual dengan harga Rp 5500/kg  dengan spesifikasi bahan baku pakan diatas. Kami belum melakukan uji protein terbaru untuk pakan ikan kami. Karena bersamaan dengan launching pakan apung kami akan berikan parameter kadar tidak hanya dari protein namun dilengkapi dengan parameter lainnya sesuai standar.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat. 
Terima Kasih




51 komentar:

Yoyo Gandhi mengatakan...

Masih setia menunggu pelet apungnya...semoga cepat terealisai...

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@yoyo : Terima Kasih Pak Yoyo Gandhi... :-)

Anonim mengatakan...

Berapa bulan panennya & dari ukuran berapa benihnya?

Anonim mengatakan...

pelet sekarang ini tenggelam atau apung mas? komposisi pelet nya? ongkos kirim ke pekanbaru riau berapa?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Belum kami uji ke pakan untuk komposisi pakan diatas...untuk yang sekarang kami masih memproduksi pelet yang tenggelam. Sembari menunggu mesin pelet apung selesai. :-)

Firmansyah Akatigo mengatakan...

untuk harga, sampai ke sumatera barat berapa satu karungnya mas. untuk orderan berapa karung bisa ke sumatera barat mas

Anonim mengatakan...

harga proaminosin dan ajetinnya berapa mas randi!!! ohya sama ongkir ke ponorogo berapa!!!

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Firmasyah : ke sumatera barat sepertinya ongkirnya yang mahal...tapi jika kirimnya banyak bisa dengan truk namun tonase besar..
@Harga proaminosin dan ajitein sepertinya standar di website yang lain.

Anonim mengatakan...

mas randi kalau boleh tau komposisinya (prosentase) dari bahan2 diatas bagaimana yah?


Rahmat

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Rahmat : setiap bahan baku ada dosisnya.Karena jika berlebihan akan mengganggu keseimbangan asam amino. Untuk prosentasenya mulai dari 5-7% dari total bahan baku. tergantung peracikan dari pembuatnya dan melihat penyesuaian dengan bahan baku lain.

Terima kasih

Randi Farm

Anonim mengatakan...

Mas Randi estimasi harga mesin pelet apungnya berpa yah?

saya juga ada rencana buat pakan pelet apung sendiri

Terima Kasih

Thomas

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Thomas : harga mesin pelet apung antara 70-100 juta mas..tergantung kapasitas yang bisa dihasilkan..

Terima Kasih

Firmansyah Akatigo mengatakan...

maaf mas, saya mau nanya. kalau saya bikin pelet sendiri dengan kandungan diatas dan ditambah dengan tepung ikan, ampas tahu dan minyak ikan. komposisinya jadi berapa itu mas. dari thread sebelumnya mas bilang
tepung ikan 30 kg
ampas tahu 10 kg
bekatul 5 kg
minyak ikan 1 liter.
terimakasih sebelumnya mas

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Firmansyah :Kami sudah tidak menggunakan ampas tahu..dikarenakan bahan baku ampas tahu yang sulit didapat..kami tetap menggunakan ampas tahu dan minyak ikan saja..jika ada ampas tahu bisa diganti dari kopranya..

Terima Kasih

Unknown mengatakan...

mas randi kalo dikirim ke jogja biayanya berapa mas, emang 1 karungnya brapa kg dan harganya berapa? proteinnya dah di uju belum di lab?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Unknown : kalo dikirim ke jogja kena per kg ongkos kirimnya jika menggunakan jasa kirim Rp 700/kg. 1 karung kami akan buat isi 30 kg. harga peletnya Rp 5500. Untuk uji proteinnya dan labnya sembari menunggu mesin pelet jadi. Tapi kami buat dengan dosis protein dengan takaran perkiraan 30% protein.

Terima Kasih

Randi Farm

H3nry mengatakan...

apa kabar mas randi, untuk cabang yg di jakarta sudah berjalan apa belum mas ? biar saya bisa pesan pakann dan biaya kirimnya lebih murah, utk pakan nya apa sdh di produksi yg di jakarta ?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@henry : Untuk dijakarta belum berjalan, kami belum lauching karena mesinnya belum selesai pak henry. Sekarang yang kami produksi masih pelet tenggelam dengan formulasi sama seperti pelet apung.

daysleeper mengatakan...

kenapa lele dberi pelet bt an sndri pertumbuhannya tdak sepesat dberi pelet pabrik...kr2 perlu d tambah formula apa ya mas randi......mtrnwn

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Daysleeper : Coba tambahkan pakan yang proteinnya lebih baik dan lebih bagus kualitasnnya seperti tepung ikan murni atau vitamin.

Terima Kasih

Randi Farm

Anonim mengatakan...

Mas, panennya berapa lama dan dari ukuran benih barapa? Thanks

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Belum pernah kami coba tapi untuk daya pakannya untuk ikan lele sangat baik dan nafsu makannya tetap bagus.

Randi Farm

Terima Kasih

Anonim mengatakan...

bang randi pelet anda ini bisa stabil dalam air berapa waktu ya???

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Anonim : kami belum uji kestabilan dalam air untuk pelet tenggelamnya..mungkin sekalian dengan pelet apungnya jika sudah selesai..

Anonim mengatakan...

ok trimakasih bang randii, moga tambah ramai!!!
bang randi tepung ikanya dah lab kan pa belum? hasilnya berapa?? rencana mau butuh ni, dikirim ke ponorogo

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@ANONIM : Amien..terima kasih pak. akan kami uji lab di lembaga yang berstandar nasional seperti SUCOFINDO pak..sekalian uji kandungan asam aminonya..

H3nry mengatakan...

Saya masih menunggu cabang mas randi yg di jakarta berikut pakan apungnya, krn saya di daerah pinggiran bogor-parung.
Alhamdulillah tetangga yg lain jg sudah mulai tertarik dgn lele dan beberapa sdh ada yg mulai mengisi kolam mereka, jadi jika saya memesan pakan lebih banyak mungkin biaya kirim lebih murah ( apalagi dari daerah selatan jakarta )
dan jika sudah launcing saya harap harga pakan nya tidak berbeda jauh dari harga purwokerto.
saya walaupun msh tergolong pemula ( br 2 kali panen )sdh mulai kesal dgn pakan pabrik yg terus naik dan setau saya tdk ada kenaikan harga di produk lain.
dan saya pikir mungkin mereka mengambil kesempatan menaikkan harga di saat beberapa daerah sedang bomming ternak lele dan permintaan pasar naik.
Padahal jikalau para peternak tdk ada untung otomatis mereka pindah haluan dan jika para peternak gulung tikar siapa yg mau membeli pakan pabrik lagi ! apa mereka tdk berfikir ke situ. mohon maaf mas jadi curhat nih. he he he.. saya berharap banyak dgn mas rendi
terima kasih

H3nry mengatakan...

Pagi mas rendi, apa kabar ? semoga sehat2 selalu.
mas saya mau tanya sedikit tentang ayam tiren, menurut mas berapa umur / ukuran lele maximal bisa di berikan makanan tambahan ayam tiren ? dan apakah ada efek nya jika diberikan pada saat lele pembesaran masih kecil ( tebar 1~2 minggu )

Anonim mengatakan...

mas ajitein beli dimana??di jogja ada tidak ya mas?
agung

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Agung : kami ada kenalan distributor..tapi sekarang stoknya juga sedang tidak ada mas agung..

eki mengatakan...

Bang Randi, mohon pencerahannya...
Saat proses pencampuran semua bahan dgn minyak ikan apakah perlu tambahan air??
dari thread sebelumnya mas bilang
tepung ikan 30 kg
ampas tahu 10 kg (skr pakai kopra)
bekatul 5 kg
minyak ikan 1 liter.
Dengan komposisi diatas apakah bisa tercampur dgn sempurna hanya dgn 1liter cairan??
Terimakasih Mas Randi atas pencerahannya, semoga baraokah...Amiin

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Eki : proses pencampuran minyak ikan sebaiknya diluar setelah pakan jadi. Sehingga disemprotkan setelah pakan setelah dicetak sehingg bisa lebih hemat dan aroma minyak ikan juga lebih terasa..

Terima Kasih

Randi Farm

eki mengatakan...

Oo..gitu Mas Randi.
Terimakasih atas pencerahannya dan quick response nya..

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Sama-sama :-)

farid mengatakan...

mau tanya mas randi,
Menyambung komentar mas eki di atas, dari komposisi bahan yang disebutkan mas eki, setelah jadi pelet kandungannya proteinnya jadi berapa % ya?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Kandungan protein tergantung dari kandungan protein tiap bahan bakunya juga..termasuk tepung ikan,ampas tahu, bekatul...jika protein tepung ikan tinggi sudah pasti kandungan protein pakan juga akan tinggi..jd jika tidak diketahui kandungannya kita juga tidak bisa memperkirakan...kandungan protein tepung ikan berbeda-beda tergantung dari proses penepungannya dan kesegaran bahan bakunya..

Terima Kasih

Randi Farm

farid mengatakan...

ow gitu ya mas, jadi dari bahan awal sudah harus dihitung dulu ya kandungan proteinnya, ohya mas kalau boleh tau, uji kandungan %bahan(protein, karbo, serat, air)di lab itu mahal ya?kira kira sampek berapa ya?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@farid : saya biasa menguji di Lab Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UNSOED relatif lebih murah :-) kisaran Rp 50.000/sampel.

Terima Kasih

Randi Farm

a12vim mengatakan...

mas rendi saya mau tanya, bagaimana ikan yg mas randi beri pakan buatan sendiri itu hasilnya lebih baik....??? berapa hari perbedaan panennya dengan yg memakai pelet buatan pabrikan..?? untuk masalah tepung ikan kenapa tidak boleh asin mas..?? nelayan yg saya temui rata2 dia jemur ikanya setelah diasinkan terlebih dahulu karena menurutnya ikan tidak akan bau dan belatungan..?? apa ada pengaruhnya kalo saya pake ikan yg telah diasin...??? terimakasih mas....

a12vim mengatakan...

satu lagi mas
di tempat saya banyak sekali peternakan ayam apakah ayam tiren bisa kita campur menjadi pelet buatan (dagingnya saja)

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@a12vim : Postingan atas sudah saya jawab di judul satunya..
Untuk ayam tiren bisa digunakan, tapi diolah terlebih dahulu dengan perebusan, lalu dihaluskan dengan penggilingan, jika dalam bentuk tepung lebih baik lagi...supaya untuk mengurangi bau yang akan menyengat..

Terima Kasih

Randi Farm

beruang mengatakan...

Selamat Malam Mas Randi
Perkenalkan saya Bp Asep dr Bandar Lampung.
Mas raandy bisa gak kasih tau komposisi bahan bakunya utk pembuatan pelet. apakah masih menggunakan bahan baku lain selain dari; kopra - proaminosin- ajitein & produck Boster..? misalnya dedak halus, ampas tahu dan lainnya..?

terus terang saya kedodoran pake produck pabrikan...
mesin grandulator dah siap Mas, tinggal menemukan formula pakan yg jempolan .
tolong bantu ya Mas
Terimakasih

beruang mengatakan...

Malam Mas randy..
Mas mengenai bahn baku dari bungkil kelapa, kalo pake kelapa parut yg dipanaskan bisakan Mas,,.?
apakah parutan ampas kelapanya perlu dipermentasi dulu...?
kalo iya caranya gimana...?
Berpa % untuk takaran ampas kelapa nya Mas..?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Beruang : kalo menggunakan kelapa parut kami belum pernah mencoba dan belum tau seberapa besar manfaatnya..kelapa parut..kalo difermentasi dahulu tentu bisa..tapi sifat dari kelapa parut yang kami belum paham mas..jd belum bisa memberikan info :-)Bahan-bahan pakan yang bisa didapatkan di sana apa saja mas????selain jagung dan bekatul/dedek??

Terima Kasih

Randi Farm

beruang mengatakan...

Terimaksih Mas Randy atas responnya...
selain jagung n bekatul.kelapa juga mudah didapat...
lampung kan tempatnya .

Begini Mas...
Rencananya sy mo buat pelet dg bahan; - limbah rebusan ikan asin 30 % - dedak 5% - ampas tahu 45 % - minyak ikan . tapi pencapaian proteinnya hanya 30 %...
saya mau dg jml protein 40 up % dg komposisi yg seimbang.

nah saya tertarik dg bahan baku yg Mas Randy punya, bungkil kelapa, aminosin,ajitein dan produck boster.
dan mengenai kelapanya ( bungkil kelapa)gimana ngolahnya.? apakah buah kelapa tsb diopen lalu dibuat tepung..? maaf ya Mas, kalo mas berkenan, sy minta komposisi bahan baku yg mas Randy punya dan cara pengolahannya. ini almt Emaill sy: abanklampung@gmail.com

Terimakasih ya Mas dah mau Bantu
Succsess Selalu RandyFarm

Anonim mengatakan...

Mas randi, apakah sudah ada pengalaman sebelumnya pada ikan patin.. Berapa ongkos kirim ke bogor mas?..terima kasih

salam Adit

janudin maulana mengatakan...

utk pengiriman ke indramayu berapa harga perkarungnya

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Adit : pakan kami sudah dicoba ke sidat, ikan mujaer, ikan nila, ikan mas..alhamdulillah baik.

@Janudin : silahkan kunjungi postingan berikut http://www.randifarm.com/2013/06/biaya-pengiriman-order-pelet-randi-farm.html

Terima Kasih

Randi Farm

Anugrah Fram mengatakan...

SALAM SUKSUS BUAT MAS RANDY.YANG SELALU MEMBAGI ILMU UNTUK MEMBANGUN NEGERI.

Anugrah Fram mengatakan...

Mas Randi Mau Tanya Sistem Kolam Bioflok Dengan Kolam Terpal Baiasa itu bagus yang mana ya mas

Mohammad Yusuf mengatakan...

@Anugrah Farm : Sama-sama pak..semoga sukses selalu. untuk bagus tidaknya suatu tehnik budidaya relatif pak..setiap sistem ada kelebihan dan kekurangan. Tinggal dari petani saja yang menyesuaikan menggunakan sistem yang mana dan dianggap paling cocok. :-)

Posting Komentar