Minggu, 27 Januari 2013

Teknologi Ekstrusi Untuk Pembuatan Pelet Ikan Apung


Sering kali kita mengamati pelet ikan yang bisa mengapung. Tidak bisa kita pungkiri lagi hampir semua produk pelet pabrikan yang sekarang beredar di masyarakat sifatnya mengapung. Pelet ikan mengapung yang paling effektif dimakan oleh ikan secara sempurna. Bentuknya yang rapi dan sesuai dengan bukaan mulut ikan menjadikan pakan tipe ini yang paling baik effisien dan effektif untuk ikan. Sifat mengapung pada pelet menjadikan lebih mudah termakan oleh ikan dan lebih terlihat kita jika memang pakan tidak termakan. Sehingga kita bisa lebih mengetahui jika pakan tidak dimakan.
Seringkali petani yang mencoba membuat pelet ikan terkendala pakan yang tidak bisa mengapung.Sehingga pelet yang dihasilkan sifatnya tenggelam. Pakan tipe tenggelam tetap bisa digunakan sebagai pakan ikan dengan sistem dan tehnik tertentu agar pakan tenggelam bisa langsung dimakan oleh ikan. Oleh karena itu pada postingan ini dengan kerendahan hati kami untuk berbagi ilmu, setelah kami mampu membuat pelet apung, mempelajari sistem dan tehniknya kami akan menginformasikan teknologi pelet apung.
Prinsip Ekstruksi pada pembuatan pelet apung pada ikan yang digunakan dalam proses pembuatannya. Teknologi ini  sudah ada pada tahun 1797 di Inggris oleh Josep Bramah yang menciptakan mesin untuk membuat pipa tanpa sambungan.


Ekstruder yang telah banyak dikenal saat ini adalah ekstuder tipe ulir (screw) dimana putaran ulir akan memompa bahan keluar melalui die.  Prinsip ekstrusi dalam pengolahan makanan yang menggabungkan proses pendorongan bahan, pencampuran, dan pembentukan. Terobosan ini menyediakan pengetahuan dasar bagi ekstruksi HTST ( High Temperatur Short Time). Disistem ini proses gelatinasi pati, pembentukan kompleks lemak-pati, denaturasi dan teksturisasi protein, pengikatan, reaksi kimia dan biokimia, pengaruh tekanan/penggilingan dan pengembangan (Linko, et al dalam jowitt, 1982)




Die pada mesin pelet tenggelam .Pelet yang beraneka ragam bentuknya dan hasil produksinya terletak pada bagian yang disebut die-nya, dimana dari sinilah bahan akan didorong keluar.

Tehnik ekstruksi dengan menggunakan ulir (screw) merupakan tehnik yang paling sering digunakan. Tujuannya ialah untuk merubah polimer bahan mentah dalam bentuk tepung atau pelet melalui serangkaian kombinasi proses seperti pencampuran, penggilingan, pembentukan dan proses pencetakan menjadi bahan jadi atau bahan setengah jadi. Oleh karena itu dalam proses pembuatan pelet ikan apung kami di Randi Farm, bahan baku harus dalam bentuk tepung ukuran 2 mm. 


Screw dan selongsong

Bahan Baku Pelet Yang Akan Diolah

Ekstruksi dapat digunakan untuk proses pemasakan tepung mentah menjadi tepung masak ataupun produk setengah jadi. Bahan yang digunakan pada alat ekstruksi ini biasanya memiliki kandungan air kisaran 24-28%. Bila produk akhir yang diinginkan berbentuk produk yang mengembang maka digunakan ektruder yang dapat mengolah bahan kadar air sedang. Produk akhir yang dihasilkan hampir selalu mencapai tingkat matang sempurna. Produk ektruksi menjadi renyah karena terbentukya rongga-rongga berupa gelembung gas di dalamnya sehingga menghasilkan dinding-dinding gelembung yang tipis dan rapuh. 
Semua bahan-bahan yang akan masuk kedalam proses ekstruksi dalam proses pengolahan akan memiliki kecenderungan untuk ikut memodifikasi proses dan mempengaruhi produk akhir yang diolah. Proses ekstruksi menggunakan energi mekanis dan energi panas yang besar dengan tekanan yang tinggi, hal ini akan mengakibatkan bahan-bahan yang berbentuk bubuk, butir dll berubah menjadi lebih cair. Oleh karena itu karakteristik-karakteristik bahan seperti friksi permukaan, kekerasan, kepadatan partikel menjadi penting untuk diperhatikan.

Struktur dasar dari produk-produk yang diektruksi diperoleh dengan cara mengubah dan mengatur sifat-sifat biopolimer-biopolimer alami seperti pati dan protein dari jenis lain. Biopolimer alami memainkan peranan yang penting dalam pembentukan struktur produk. Pada umumnya biopolimer ini berubah menjadi polimer-polimer yang meleleh pada temperatur tinggi. Lelehan ini membentuk fase kontinyu yang akan mengikat semua partikel-partikel bahan lain yang terdapat dalam fase terdispresi dan membantu dalam menahan proses pelepasan gas ketika tahap pengembangan terjadi, oleh karena itu struktur gelembung yang mengembang dapat terbentuk (Frame, 1994)

Jagung salah satu biopolimer alami

Perubahan struktur pati pada proses ekstrusi akan mempengaruhi tekstur, flavor dan mountfell dari produk akhir yang dihasilkan. Agar pati dapat tergelatinisasi dengan baik maka ada baiknya sebelum bahan diektruksi dilakukan perlakuan pendahuluan dulu pada pati yang akan digunakan. Pemberian air  dibutuhkan agar pati menyerap air yang dibutuhkan untuk melakukan gelatinasi dengan baik. Oleh karena itu Randi Farm memiliki standar sendiri untuk mendapatkan kelembapan tertentu yang dibutuhkan dalam pencetakan pelet apung kami. 

Proses gelatinasi saat pati mendapatkan panas mulai dari gambar 1 sampai gambar 8


Mesin Ekstrusi (Ekstruder)

Mesin Ekstruder yang biasanya tersedia di pasaran adalah jenis ekstruder ulir tunggal (single screw extruder/SSE) dan ekstruder ulir ganda (twin screw estruder/ TSE). Pembahasan kita kali ini lebih ke mesin ekstuder ulir tunggal. 

Mesin Ulir Tunggal/ Single Screw Extruder

Mesin Ulir Ganda/ Twin screw estruder

Ekstruder tipe ulir biasanya dikelompokkan berdasarkan seberapa banyak energi mekanis yang dapat dihasilkan. Sebagai contoh, ekstruder dengan energi  mekanis yang rendah dirancang untuk mencegah proses pemasakan pada adonan bahan. Ekstuder tipe ini biasanya digunakan pada pembuatan pretzel, pasta dan beberapa jenis makanan ringan dan sereal. Ekstruder dengan energi mekanis tinggi dirancang untuk memberikan energi yang besar agar dapat diubah menjadi panas untuk mematangkan adonan bahan dan biasa digunakan dalam produksi makanan hewan, makanan ringan dengan bentuk mengembang dan sereal ( Frame, 1994)

Pada umumnya zona operasi pada SSE terbagi menjadi tiga bagian yaitu :

  1. Solid transport zone yang terletak di bawah hopper/feeder. Pada zona ini bahan digerakkan dalam bentuk bubuk atau granula. Berhubung ouput produk yang dihasilkan harus sama dengan input bahan yang dimasukkan maka perencanaan yang buruk pada zona ini akan membatasi output yang dihasilkan.
  2. Melting zone. Pada zone ini bahan padat akan dipanaskan.
  3. Pump zone. Pada bagian pertama zona ini, tinggi saluran berkurang disebabkan oleh peningkatan diameter dari ulir. Pada zona ini bahan mengalami tekanan untuk mengurangi jumlah ruang-ruang kosong pada bahan. Pada bagian kedua zona ini yang disebut juga sebagai metering zone, bahan digerakkan dan dihomogenisasi lebih lanjut. Pada beberapa ekstruder peningkatan tekanan terjadi di zona ini.
SSE mengandalkan pada drag flow untuk menggerakkan bahan dalam barrel dan menghasilkan tekanan pada die. Agar bahan terdorong maju makan bahan tidak boleh ikut berputar dengan ulir. Sama saja seperti cara kerja sebuah sekrup dan mur, agar sekrup bergerak maju maka harus dalam keadaan diam bukan ikut berputar.

Tahap-tahap dalam Proses Ekstrusi

Pembagian tahap-tahap pengolahan ektrusi dapat dilihat dari berbagai segi. Beberapa pengolah membagi proses pengolahan ekstrusi menjadi tiga tahap yaitu pra ekstrusi, ekstrusi dan tahap setelah ekstrusi (post-extrusion)

Tahap Pra Ekstrusi, melibatkan dua langkah utama yaitu :

1. Pencampuran (Blending) yaitu proses pencampuran komponen bahan yang akan diesktrusi sesuai dengan formulasi yang telah ditentukan merupakan salah satu syarat penting, selain harus memperhatikan ukuran bahan yang akan dicampur, cara mencampur komponen yang benar juga penting untuk diketahui.
2. Penambahan air (Moisturizing) yaitu proses penambahan air sampai pada standar kelembapan yang ditentukan. Cara penambahan kandungan air ini harus dapat menjamin penyebaran kelembaban yang merata pada campuran adonan bahan mentah. Ketidakseragaman penyebaran air pada bahan akan mengakibatkan kondisi ektrusi yang sukar diprediksi, akibatnya produk ekstrusi yang dihasilkan juga menjadi tidak konsisten.


Pencampuran dan Penambahan Air

Tahap Ekstrusi yaitu tahap pencetakan bahan baku dengan mesin yang digunakan ialaha berbagai jenis ekstruder dan beragam aksesorisnya sesuai kebutuhan pengolah. Produk yang keluar dari tahap ini disebut ekstrudat dan tergantung dari kebutuhan kita atau jenis ekstruder yang digunakan, ekstrudat ini dapat merupakan produk akhir ekstruksi ataupun juga produk yang harus diolah lagi lebih lanjut.
 

Tahap Post Ekstrusi yaitu tahap setelah proses pencetakan pelet dilakukan. Mesin yang tersedia untuk proses ini adalah mesin pengering, atau bisa flavouring, pemanggangan, pelapis dan pendingin yang semuanya disesuaikan dengan kebutuhan pengolah.


 
Dengan mengetahui prinsip dari cara kerja sistem ekstruksi alhamdulillah Randi Farm mampu membuat pelet apung yang hasil dan bentuknya mendekati pelet pabrikan yang beredar. Dan sejauh ini pelet kami bisa dimakan sempurna oleh ikan. Kami akan terus mengembangkan hasil ujicoba kami dan mulai merancang mesin pelet apung dengan harga yang lebih murah namun kualitas dan prinsip kerja tetap diutamakan. Kami akan membuat mesin pelet apung dengan harga murah  untuk membantu petani ikan di Indonesia.



Kajian dan informasi diatas kami sadur dari link Sistem Ekstrusi
Terima kasih

25 komentar:

kolis ma mengatakan...

sempurna sekali penjelasan nya tentang sistem kerja exstruder ,pak randi farm menambah pengetahuan saya terima kasih ,semangat terus pak randi saya sangat tertarik dengan uji coba yang pak randi lakukan sehingga menghasilkan pelet apung ,dengan cara bagaimana bisa membuat pelet mengapung pak randi apa seperti yang tertera pada gbr diatas?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Alhamdulillah..jika memang bermanfaat mas kolis :-) Cara membuat pelet mengapung betul dengan apa yang sudah kami jelaskan diatas..menggunakan sistem ekstrusi..

kolis ma mengatakan...

mas randi,untuk mesin pencetak pelet apung apa sudah tersedia ,kisaran harga sekitar berapa ya mas

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

Sudah kami jual mesin pelet apungnya..silahkan kunjungi http://www.randifarm.com/2013/01/order-mesin-pelet-apung-randi-farm.html

Terima Kasih

Randi Farm

gunawan mengatakan...

Mantap...
Boss seandainya saya pesan selongsong dan die nya saja apa bisa?

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Gunawan : coba nanti kita buatkan rincian harga untuk masing-masing bagiannya :-)

Terima kasih

gunawan mengatakan...

Iya gan. Mohon bantu gan.
Karna saya perlu dengan alat tersebut.
Atau blh saya minta nomor hp gan, untk lebih gampang berkomunikasi...

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Gunawan : baik ini no HP saya 085647613701. Terima kasih

Anonim mengatakan...

saya teo dari bengkulu, kalau boleh tau hrganya brapa mas? Sms saja ke sini 085758226506

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Teo : Sudah saya kirimkan..terima kasih

Randi Farm

khusnul yakin mengatakan...

mas randi untuk mesin pensetak pelet yang mas randi punya itu menghasilkan pelet apung atau tenggelam..?
rencana saya mau order

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Khusnul Yakin : Hasil cetakan dengan menggunakan mesin ini menghasilkan pelet apung mas..

Terima Kasih

Randi Farm

Anonim mengatakan...

Mas, kalau dalam pembuatan bahan baku pelet apung harus menggunakan tepung kenapa mesti pakai yang 2mm, kok gak yang lebih kecil. Bukankah bahan bakunya belum betul-betul menjadi tepung alias masih banyak serpihan-serpihan besar yang saya pikir akan menurunkan nilai kecernaan pelet dan berikutnya adalah tidak tercapainya fcr rendah yang diinginkan. Pelet pabrikan sudah pasti menggunakan bahan dasar tepung yang betul-betul tepung mas. Kalau 2mm sudah pasti tidak bisa jadi 100% tepung dan saya yakin akan menurunkan kualitas pelet yang mas bikin. Menurut saya daripada mengejar target produksi dengan asumsi biaya rendah, waktu pengerjaan singkat tapi kualitas tidak optimal menurut saya lebih baik agak mahal sedikit tapi betul-betul memiliki tingkat kecernaan yang tinggi mas, sebab berbicara kualitas pelet bukan hanya protein sebagai satu-satunya acuan. Berikutnya yang lebih penting adalah nilai kecernaan pelet itu sendiri. Ini pendapat pribadi saya mohon diralat bila ada kesalahan.

RANDI FARM PURWOKERTO AQUAPONIK-HIDROPONIK mengatakan...

@Anonim : Hasil update kami skrg kami menggunakan tepung minimal ukuran 1 mm. Lebih halus lebih baik lagi. Betul mas..2 mm bahan tepung lebih kasar. sekarang setelah menjadi adonan kami tepung lagi ke ukuran 1 mm sehingga lebih halus. Terima Kasih banyak atas masukkannya :-)

Randi Farm

hendra hamza mengatakan...

Mas, Mo tanya klo harga untuk mesin itu dikisaran berapa mas, Kapasitasnya berapa kg/jam, dan untuk pengiriman gimana mas, Salam Rifki, klo boleh harganya di SMS aja ke 081358277247, Thanks Mas Randi, Sukses slalu.

Wildan Reza mengatakan...

mas,minta spesifikasi harga dan bahan yang di gunakan.
sms ke nomor 08989641984

hari mengatakan...

masrandi saya dari lampung mau nanya kalau beli die nya aja bisa gak dan harganya brapa yang ukuran 1 mm mohon sms ke 085840447484,hari

khabib ansori mengatakan...

Mas sya dri balikpapan, mhn informasi sepesifikasi mesin pelet apung serta harganya, no hp saya 081347218193 an. Ansor, Tks

bang kax mengatakan...

Mas saya dari sidoarjo, tolong informasi screw dan selongsong nya y ms, 081216200700

bang kax mengatakan...

Mas saya dari sidoarjo, tolong informasi screw dan selongsong nya y ms, 081216200700

Bima S Unang mengatakan...

Mas saya butuh barel 50cmx4inch dengan screw-nya.

Mohon info harga.

Salam
Bimasunang@yahoo.com

admin mengatakan...

HOT GOSIB DI KALANGAN MASYARAKAT INDONESIA,,,
Dan Jadi Buruan Masyarakat Game Online untuk Bergabung bersama mejaqq.com
Usut punya Usut ternyata mejaqq.com jadi HOT GOSIB TERKINI mau tau kenapa??
Karena mejaqq.com selalu memberikan Permainan yang Asik,Santai juga PASTI !!
Dengan Banjir BONUS TURNOVER 0.5% + REFERRAL 15% & JACKPOT yang Fantastik. BUKTIKAN SENDIRI!!
Dan Terus Tingkatkan Total Turnover anda, Semakin Besar TO nya Semakin Besar Juga Bonusnya smile emotikon
Hanya Rp20.000 Saja,minimal deposit permainan nya,Dan kalian akan dapat kan kemenangan yang tak terduga.." yang bikin kalian HAPPY Pasti nya. : )
SEgera Daftarkan Diri Anda dan Sobat-Sobatmu Untuk Bermain Domino99, AduQ, BandarQ, Capsa Susun dan Poker Online

SO" U ALL MUST TRY GUYSS.. : ) BELIEVE ME

Anonim mengatakan...

Gan Randifarm,
Kalau mau pesan poros ekstrusinya saja diameter 70 mm panjang ulir ekstrusinya 600 mm. Kira-kira berapa harganya ?
Aryo S di aryosatito@gmail.com

Mohammad Yusuf mengatakan...

Mohon maaf kami sudah tidak menjual part dari mesin ekstruder.

Terima Kasih

Purwiro Harjati mengatakan...

Kalo mesin lengkap kapasitas 5 ton per hari berapa harganya ya gan? kalau order perlu waktu berapa lama? trims atas infonya melalui email purwiro.jati@gmail.com atau sms ke 08117220360

Posting Komentar