Jumat, 04 April 2014

Kreatif meningkatkan kualitas pelet buatan sendiri






Postingan ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya setelah kita mampu membuat pelet mengapung selama 6 detik pada postingan Pelet mengapung 6 detik dengan menggunakan 2 bahan yaitu onggok dan tepung ikan.
Lalu apakah dua bahan tersebut tercukup kebutuhan gizinya.inilah permasalahan selanjutnya setelah pelet buatan sendiri bisa mengapung. Gizi atau lebih bisa di kategorikan untuk pelet ikan yaitu kandungan protein. Bahkan lebih dalam lagi yaitu kandungan asam amino. Bagaimana caranya??? kita bahas...

Meningkatkan kualitas Onggok
Onggok atau gaber atau limbah tepung tapioka harga belinya berada di kisaran 3000-3500/kg. Onggok diberikan 50% dalam bahan agar pelet bisa mengapung, tanpa bahan ini pelet akan langsung tenggelam. Cara meningkatkan kualitas onggok dengan fermentasi Aspergillus niger. Sesuai postingan kami tentang Aspergillus niger pada link fermentasi aspergillus niger dan  hasil referensi yang didapat dari penelitian yang dilakukan oleh



D r h . T a r m u d j i M S
Penulis adalah Peneliti pada Balitvet Bogor
Dimuat pada Tabloid Sinar Tani, Juni 2004



Sebelum difermentasi onggok tersebut harus dikeringkan terlebih dahulu, sampai kadar airnya maksimal 20% dan selanjutnya digiling. Untuk setiap 10 kg bahan baku pakan dibutuhkan 80 gram kapang Aspergillus. niger dan 584,4 gram campuran mineral anorganik.
Sedang untuk preparasinya adalah sebagai berikut: 10 kg onggok kering giling dimasukkan ke dalam baskom besar (ukuran 50 kg). Selanjutnya ditambah 584,4 gram campuran mineral dan diaduk sampai rata. Kemudian ditambah air hangat sebanyak delapan liter, diaduk rata dan dibiarkan selama beberapa menit. Setelah agak dingin ditambahkan 80 gram Aspergillus niger dan diaduk kembali. Setelah rata dipindahkan ke dalam baki plastik dan ditutup. Fermentasi berlangsung selama empat hari. Setelah terbentuk miselium yang terlihat seperti fermentasi tempe, maka onggok terfermentasi dipotongpotong, diremas-remas dan dikeringkan dalam oven pada suhu 60 derajat C dan selanjutnya digiling.
Setelah dianalisa kandungan nutriennya, antara onggok dan onggok terfermentasi berbeda. Yaitu, kandungan protein kasar dan protein sejati, masing-masing meningkat dari 2,2 menjadi 25,6 dan 18,4%. Sedang karbohidratnya menurun dari 51,8 menjadi 36,2%. Hal ini terjadi karena selama fermentasi, kapang A. niger menggunakan zat gizi (terutama karbohidrat) untuk pertumbuhannya. Dan kandungan protein meningkat dari 2,2 menjadi 18,4%, dengan menggunakan urea dan ammonium sulfat sebagai sumber nitrogen.



Kami menjual  Aspergillus niger dengan harga Rp 7500/ 100 gram
hubungi kami 085647613701

Kandungan protein onggok 18,4% dalam 50% bahan baku sudah sangat baik untuk mendekati pelet ikan protein 30%. Bahan selanjutnya yaitu 50% tepung ikan dan bahan tambahan lainnya agar didapat protein mendekati 30% dan lengkap asam amino.

Meningkatkan bahan protein
Postingan kami tentang asam amino pada Parameter asam amino pelet ikan menjelaskan bahwa pelet ikan bukan dilihat dari tingginya protein. Namun kelengkapan asam aminonya. Pada pelet ikan, asam amino yang penting dibutuhkan yaitu Lysin, Metionin dan threonine. Bahan ini sebetulnya kaya pada tepung ikan yang diolah secara benar dan murni. Namun dengan kondisi sekarang tepung ikan banyak dipalsukan, banyak dicampurkan yang menjadikan kandungan asam amino ini semakin berkurang. Sehingga kita perlu menjamin bahwa bahan protein dari pelet yang kita buat bisa memenuhi gizi ikan, oleh karena itu penting kita berikan bahan tambahan asam amino pada pelet yang kita buat.
Beberapa bahan yang saya rekomendasikan untuk dicampurkan dengan tepung ikan yaitu

1. Ajitein bahan produksi dari Ajinomoto ini bisa menjadi alternati tambahan yang dicampur dengan tepung ikan. Dengan kandungan protein lebih dari 55% dosis yang diberikan 5% dari total bahan baku.
2. Promate produksi PT.Cheil Jedang Indonesia
Bahan ini mengandung kadar protein tinggi lebih dari 55% dan diberikan dengan dosis 5% dari total bahan baku.

3. L-Lysin


L-Lysine adalah asam amino esensial yang harus dikonsumsi oleh hewan melalui makanannya dalam jumlah yang cukup, sesuai dengan kebutuhannya. L-Lysine menjadi asam amino pertama yang jumlahnya terbatas pada ikan, sedangkan pada unggas menjadi asam amino kedua yang jumlahnya terbatas. Asupan melalui makanan mungkin tidak mencukupi, sehingga dibutuhkan tambahan dari luar. L-Lysine HCl Feed Grade diproduksi melalui fermentasi bakteri mikroba dengan bahanbahan baku alami yang dapat membantu meningkatkan kinerja hewan dan efektifitas biaya produksi pakan ternak. Dosis 1-2 kg/ton pakan atau 2 gram/kg pakan.
Fungsi
  1. Sebagai struktur pembangun protein di dalam tubuh
  2. Menyeimbangkan asam amino pada tubuh hewan
  3. Meningkatkan pertumbuhan hewan
  4. Meningkatkan marbling pada daging
  5. Membantu penyerapan kalsium dalam tubuh

4. Metionin
Metionin deskripsi sama seperti lysin adalah asam amino esensial yang harus dikonsumsi oleh hewan melalui makanannya dalam jumlah yang cukup, sesuai dengan kebutuhannya. Metionin menjadi asam amino pertama yang jumlahnya terbatas pada ikan, sedangkan pada unggas menjadi asam amino kedua yang jumlahnya terbatas. Asupan melalui makanan mungkin tidak mencukupi, sehingga dibutuhkan tambahan dari luar. L-Lysine HCl Feed Grade diproduksi melalui fermentasi bakteri mikroba dengan bahanbahan baku alami yang dapat membantu meningkatkan kinerja hewan dan efektifitas biaya produksi pakan ternak. Dosis 1-2 kg/ton pakan atau 2 gram/kg pakan.

 5. L-Threonine
L-Threonine adalah asam amino esensial yang harus dikonsumsi oleh hewan melalui makanannya dalam jumlah yang cukup sesuai dengan kebutuhannya. Supply melalui makanan saja mungkin tidak mencukupi pada hewan, sehingga dibutuhkan tambahan supply dari luar. L-Threonine merupakan asam amino kedua yang jumlahnya terbatas pada babi, sedangkan pada unggas menjadi asam amino ketiga yang jumlahnya terbatas. Kekurangan L-Threonine dapat mempengaruhi penggunaan L-Lysine sehingga hal ini juga berdampak pada pertumbuhan hewan. L-Threonine yang diproduksi PT. Cheil Jedang Indonesia dihasilkan melalui proses fermentasi. Melalui hal ini, PT. Cheil Jedang Indonesia turut berkontribusi untuk menunjang industry peternakan, dan turut serta dalam konservasi lingkungan melalui pengurangan jumlah ekskresi Nitrogen ke udara. Membantu memelihara keseimbangan protein di dalam tubuh 

Fungsi
  1. Membantu memelihara keseimbangan protein di dalam tubuh
  2. Meningkatkan pertumbuhan hewan
  3. Menyeimbangkan asam amino pada tubuh hewan
  4. Meningkatkan marbling pada daging
  5. Menjaga fungsi usus hewan
  6. Meningkatkan respon imun

6. L-Tryptophan


Asam amino esensial merupakan asam amino yang tidak dapat disintesa oleh tubuh sehingga diperlukan konsumsi dari luar. LTryptophan berperan dalam proses biosintesis protein terutama berkaitan dengan penyusunan massa otot dan stimulasi respon imun. L-Tryptophan dapat meningkatkan sistem imun dengan menjaga keseimbangan protein internal yang menginduksi pertumbuhan normal dan meningkatkan pembentukan a n t i b o d i . Trytophan sebagai prekusor serotine (neurotransmitter) dapat menurunkan agresifitas hewan. Dengan memproduksi L-Tryptophan Penggunaan L-Tryptophan bersama dengan L-Lysine, L-Threonine, dan L-Methionine dapat membantu memenuhi kebutuhan diet baik pada hewan domestik maupun hewan ternak anda.
Fungsi

  1. Mengontrol stres dan tidur
  2. Imunoregulator
  3. Meningkatkan palatabilitas
  4. Meningkatkan bobot badan
  5. Menurunkan FCR (feed convertion ratio)
  6. Mengurangi agresifitas hewan

7. Vitamin
Bahan vitamin mudah dibeli di toko pertanian atau poultry. Vitamin bisa didapat dari premix aquavita keluaran boster atau vitamin untuk ternak atau unggas.

Perhitungan penambahan bahan tambahan protein dan asam amino diatas masih tergolong murah untuk didapat bahan baku yang berkualitas hanya dengan onggok, tepung ikan, tepung protein, bahan asam amino dan vitamin mineral. Akan kami buatkan perhitungan per satuan kilogramnya.

Kami juga menjual ajitein, promate, l-lysin, metionin, threonine, tryptophan pada postingan kami selanjutnya dengan daftar harga dan minimal pembelian silahkan kunjungi link Daftar harga dan minimal pemesanan

Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Terima Kasih

5 komentar:

andrean ziantoryx mengatakan...

untuk bikin pakan ayam pedaging bisa gk gan???

Hendar 081222538111 mengatakan...

apakah saya bisa membeli bahan-bahan asam amino tersebut di randi farm ??

Widyo Susanto mengatakan...

Untuk meningkatkan gizi / protein pelet lele buatan sendiri, baguskah / bisakah membeli tepung lisyn kemudian unt bibis pelet ya bos ?

Widyo Susanto mengatakan...

Untuk meningkatkan gizi / protein pelet lele buatan sendiri, baguskah / bisakah membeli tepung lisyn kemudian unt bibis pelet ya bos ?

KINGTECH COMPUTER mengatakan...

ada neo plasma penghilang bau fermentasi pak ?

Posting Komentar