Minggu, 25 Mei 2014

Bahan pengapung pakan ikan



Postingan ini kami buat untuk tambahan informasi pembuatan pelet agar bisa mengapung. Kami sendiri belum pernah mencoba namun informasi ini kami dapat berasal dari produsen pelet alternatif. Bahan tambahan agar pelet bisa mengapung lama yaitu :
  1. Daun dan batang Talas. Merupakan tanaman pangan berupa herba menahun. Tanaman talas mengandung asam perusi (asam biru atau HCN). Sistim perakaran serabut, liar dan pendek. Umbi mempunyai jenis bermacam-macam. Umbi dapat mencapai 4 kg atau lebih, berbentuk selinder atau bulat, berukuran 30 cm x 15 cm, berwarna coklat. Daunnya berbentuk perisai atau hati, lembaran daunnya 20-50 cmpanjangnya, dengan tangkai mencapai 1 meter panjangnya, warna pelepah bermacam-macam. (sumber www.warintek.ristek.go.id) . Dosis untuk pakan ikan : 37% dari total bahan baku daun atau batang talas bisa membuat pelet menjadi mengapung.  
  2. Tepung kanji yang dicairkan.Tepung yang berasal dari ketela pohon atau singkong. penggunaanya bisa dicampur dengan onggok agar daya apung lebih lama. Dosis untuk pakan tepung kanji dicairkan 8% dari total bahan baku. 
Semoga Informasi ini bisa bermanfaat. :-)

2 komentar:

Agen starbio ternak (Fermentasi) mengatakan...

Trims infonya gan,kalau boleh nanya bagaimana cara pemanfaat limbah singkong untuk pembuatan pakan ikan

Mohammad Yusuf mengatakan...

@agen starbio : Bahan pakan ikan harus dalam keadaan tepung. sehingga apapun bahannya dikeringkan dahulu lalu ditepung agar bisa dijadikan campuran pakan ikan dalam formulasi.

Posting Komentar