Minggu, 25 Mei 2014

Empat tahapan membuat pakan ikan



Postingan ini kami buat untuk para petani ikan yang mencoba membuat pakan namun masih belum maksimal. Banyak keluhan dari petani yang mencoba membuat pakan sendiri seperti  ikan tidak mau makan, ikan tidak cepat besar dll. Membuat pakan ikan memerlukan ketekunan dan kreatifitas lebih. Sama saat kita memutuskan untuk budidaya ikan perlu ketekunan, kesabaran dan tidak mudah menyerah. Membuat pakan ikan hingga bisa menjadi sempurna tidak semudah kita membuat roti lapis. Jika membuat pakan ikan itu mudah, sudah lama produsen pabrik gulung tikar peletnya tidak laku karena petani ikan membuat pakan sendiri. Sehingga perlu ujicoba secara mendalam dalam membuat pakan alternatif.
Untuk petani ikan yang mencoba membuat pakan ikan, paling tidak memerlukan 4 tahapan ini hingga pakan yang dibuat bisa berhasil dengan baik. Dan jika berhasil bonusnya pakan yang dibuat bisa saja dijual ke sesama petani ikan.
Perlu 4 tahapan yang dilakukan yaitu :

1. Pakan yang dibuat mengapung. Pakan ini jauh lebih efektif dan terlihat apakah pakan termakan sempurna atau tidak. Jika membuat pakan tenggelam kita kurang paham pakan akan dimakan atau tidak. resikonya jika tidak termakan, hanya akan menimbulkan penyakit untuk ikan dan lingkungan kolam.

2.Pakan dimakan sempurna oleh ikan. Pakan yang kita buat pastikan dimakan oleh ikan. Proses ini memerlukan penyesuaian pakan dahulu jika ikan sudah terbiasa dengan pakan pabrikan. Pakan yang dibuat sebaiknya memiliki aroma yang memikat seperti aroma amis, aroma manis , aroma silase, atau aroma lain yang bisa membuat ikan bernafsu untuk memakan. 

3. Uji kandungan gizi pakan ikan. Setelah pakan ikan yang dibuat bisa termakan, lalukan uji kandungan gizi pakan yang dibuat. Data uji protein, karbohidrat, lemak, serat kasar. Uji kandungan gizi bisa dilakukan di laboratorium universitas atau dinas yang memiliki pelayanan uji kandungan gizi. Biasanya dihitung per sampel bahan.

4. Tahap terakhir adalah pakan ikan bisa meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan ikan. Ini tahap terakhir setelah pakan yang dibuat bisa termakan sempurna, kandungan gizi  baik dan ikan gemuk tumbuh berkembang dengan baik.

Jika 4 tahapan ini sudah dilalui anda bisa mandiri budidaya ikan, tanpa harus tergantung dengan pakan pabrikan yang semakin mahal harganya. Tips dari saya pastikan bahan baku pakan ikan dalam bentuk tepung. Semakin kecil ukuran tepungnya semakin baik karena akan mudah diserap oleh ikan.

Terima kasih :-)

0 komentar:

Posting Komentar