Sabtu, 19 Juli 2014

Bertani Terpadu Skala Rumah Tangga (Bagian 2. Usaha Pakan)






Pakan memegang peranan penting pada sektor usaha perikanan, peternakan dan unggas. Pakan mencakup sekitar 70% biaya operasional dari kegiatan peternakan dan perikanan. Saya mencoba membuat pakan sendiri untuk ternak kelinci, ayam dan ikan. Biaya operasionalnya pun jauh lebih murah. Bahan baku pakan saya dapat dari sekitar cilacap dan purwokerto.
Untuk pakan kelinci dan ayam saya membuat formulasi dengan kadar protein lebih kecil dibandingkan dengan protein pakan ikan. Kadar protein akan mempengaruhi biaya operasional pakan. Untuk pembuatan pakan kelinci dan ayam saya membuat satu formula dengan menghabiskan biaya total per kg Rp 5.000. Dengan asumsi kebutuhan makan kelinci dan ayam per hari 1 ons sehingga biaya operasional pakan Rp 500/ ekor/hari.
Sebagai contoh : saya memiliki 8 ekor kelinci dan 2 ekor ayam sehingga kebutuhan pakan 1 kg/hari atau Rp 5.000/ hari. cukup murah kan :-) ini pengalaman saya dilapang dan alhamduillah kelinci sehat dan ayam kate saya bertelur terus.

Untuk pakan ikan, tergantung dari jenis ikan yg dibudidayakan, saya terus terang belum melakukan usaha pembesaran ikan, namun untuk formulasi pakan sudah dibuat dengan asumsi kandungan protein mendekati 30%, biaya kebutuhan pakan per kg yaitu Rp 6000/kg. Dengan menggunakan mesin pencetak pelet sederhana dengan bahan onggok (gaber) dan difermentasi dengan aspergillus niger. Kita bisa mencetak pelet ikan apung dan kandungan gizi yang baik.








Pakan adalah bahan output dari luar sistem pertanian terpadu. Namun proses ini memegang peranan penting dalam menghasilkan sumber energi lainnya yang dihasilkan dari usaha perikanan, peternakan dan unggas.Setelah pakan untuk ternak, ikan dan unggas sudah kita dapatkan, usaha pertanian terpadu akan terus berjalan dengan aliran output setiap usaha. Selanjutnya akan kita postingkan kegiatan peternakan kelinci dan unggas untuk bagian 3 didalam sistem bertani terpadu skala rumah tangga. terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar