Sabtu, 19 Juli 2014

Bertani Terpadu Skala Rumah Tangga (bagian 6. Hidroponik Organik)






Sekarang ini masyarakat mulai tertarik tehnik budidaya sistem hidroponik, karena tehnik ini dianggap sederhana, bisa dilakukan dimana saja dan tidak memerlukan lahan tanah sebagai penanaman. Tehnik hidroponik cocok diterapkan skala rumah tangga karena masyarakat bisa bercocok tanah didalam rumah. Tehnik inipun bisa dibuat otomatis dimana setiap hari tidak perlu menyiram tanaman dan menambahkan nutrien untuk tanaman secara manual. Dalam sistem pertanian terpadu skala rumah tangga saya sama sekali tidak menggunakan pupuk luar atau pupuk AB mix. Karena didalam sistem pertanian terpadu menhindari bahan masukan dari luar agar aliran energi tetap berada didalam sistem. Sehingga nutrien untuk tanaman saya hasilkan dari pupuk cair organik yang berasal dari komposter. Pupuk cair ini saya tambahkan oksigen dengan aerator dan saya campurkan dengan air perbandingan 1 liter pupuk cair organik.dengan 30 liter air.

Hidroponik Organik.
Sebetulnya pengertian organik akan berbeda jika diliat dari sudut pandang bidang-bidang kajian. Tapi secara awam saja istilah organik disini yaitu pemberian nutrisi berupa nutrient kepada tanaman menggunakan bahan-bahan yang kita fermentasi sendiri dari komposter yaitu berasal dari penguraian feses kelinci, fesen ayam, urine kelinci dan sisa tanaman yang kita buatkan didalam komposter. Komposter menghasilkan pupuk cair dan kita manfaatkan sebagai sumber nutrient untuk tanaman.Satu-satunya bahan dari luar yang kita gunakan dalam budidaya hidroponik organik yaitu arang sekam. Tehnik hidroponik organik yang saya terapkan menggunakan subtrat arang sekam dan pupuk kompos padat dengan perbandingan 1 : 1. Setiap hari saya mengalirkan nutrient kedalam wadah penanaman menggunakan pompa aquarium dengan watt rendah. Sehingga berjalan secara otomatis.



Hidroponik subtrat dengan media arang sekam dan pupuk kompos padat, menanam kangkung, selada, sawi dan bayam.








Hidroponik organik yang saya kerjakan meliputi hidroponik pakan hijauan untuk kelinci menggunakan biji padi.

Sistem pertanian terpadu skala rumah tangga menghasilkan sayuran dan pakan hijauan denga sistem hidroponik organik, sehingga aliran energi tidak keluar dari sistem. Hasilnya adalah sayuran yang sehat dan pakan hijuan ternak yang melimpah. Selanjutnya akan masuk ke tehnik budidaya pembesaran ikan dalam sisten bertani terpadu skala rumah tangga bagian 7. Terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar