Sabtu, 19 Juli 2014

Bertani Terpadu Skala Rumah Tangga (Bagian 3. Peternakan Kelinci dan Ayam Kate Petelur)








Kita masuk ke usaha penghasil daging sumber protein, telur dan bahan baku kompos biogas. Peranan hewan didalam sistem pertanian terpadu diperlukan karena sebagai pabrik penghasil daging dan protein. Saya menggunakan dua hewan ternak ini untuk skala rumah tangga karena bisa dilakukan dilahan yang sempit dan perawatannya tidak rumit.

A.KELINCI
Kelinci hewan herbivora pemakan tanaman sehingga sebetulnya dalam mengusahakan pakan tidak mahal, kelinci termasuk hewan yang pertumbuhannya cepat. Kelinci juga tidak mengeluarkan suara sehingga tidak berisik untuk lingkungan perumahan. Kelinci didalam pertanian terpadu saya gunakan sebagai sumber pedaging. Bisa juga untuk dijual anakannya menambah pemasukkan. Selain itu kelinci termasuk hewan yang bisa mengkonversi pakan hijauan atau pakan buatan menjadi daging hewan yang rendah kolesterol sehingga lebih sehat untuk dimakan. Jika dibandingkan dengan kambing yang sama-sama pemakan tanaman, kambing menghasilkan daging yang tinggi kolesterol.


Kelinci juga sebagai penghasil kotoran dan urine sebagai sumber bahan baku pupuk organik yang baik untuk tanaman. Kandungan NPK kelinci paling tinggi dibandingkan kandungan NPK dari jenis ternak lainnya. Saya mengolah  kotoran dan urine yang saya masukkan kedalam komposter yang menghasilkan pupuk organik cair untuk budidaya sayuran HIDROPONIK ORGANIK.

Untuk pakan hijauan kelinci mengganti rumput saya menerapkan sistem hidroponik tanaman padi. Postingan sudah saya berikan di Pakan Hijauan Hidroponik disistem ini saya menggunakan ekstrak kotoran kelinci, ayam dan urine kelinci sebagai sumber nutrisi tanaman.




B. AYAM KATE
Ayam kate jenis ayam hiasan yang cocok dipelihara dilingkungan sekitar rumah, ayam ini juga tidak terlalu bising bahkan setiap pagi membantu membangunkan kita dengan berkokok :-) . Saya memelihara hanya sepasang ayam kate, dengan formula pakan yang saya buat per 2 hari bahkan 1 hari sekali ayam kate betina bertelur. Ayam kate selain menghasilkan telur untuk kita manfaatkan juga menghasilkan feses yang baik untuk bahan komposter.





Memelihara kelinci dan ayam kate akan menghasilkan daging dan telur yang bisa digunakan dalam skala rumah tangga sebagai penghasil daging untuk kebutuhan rumah tangga. Selanjutnya akan kita bahas tentang komposter bagian 4 di sistem pertanian terpadu skala rumah tangga. terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar