Kamis, 24 Juli 2014

Pembuatan Instalasi kolam pembesaran ikan skala rumah tangga randi farm






Kolam pembesaran ikan yang saya buat dari drum air volume 200 liter yang saya belah menjadi dua. Beberapa metode yang saya terapkan yaitu memperhatikan kadar oksigen air didalam kolam, bentuk kolam bundar, terlindungi oleh air hujan secara langsung, dan sirkulasi air dilakukan dengan cepat.Rencana kolam akan saya tebar benih ikan lele dengan kepadatan 250 dan 350 bibit (kepadatan tebar tinggi), sehingga akan memerlukan

  1. Memperhatikan kadar oksigen didalam air. Hal ini dilakukan karena kepadatan tebar tinggi memerlukan oksigen yang tinggi didalam kolam. Cara meningkatkan kadar oksigen didalam kolam kami lakukan dengan 2 cara yaitu penambahan aerator didalam kolam dan sirkulasi air kolam dengan cepat yang dilakukan terjadwal dan rutin. 
  2. Bentuk kolam bundar. Kolam bundar memudahkan aliran kotoran terserap oleh saluran sirkulasi didalam kolam. Kolam bundar dan sempit menjadikan ruang gerak ikan lebih sempit tujuannya mengurangi energi pengeluaran ikan dan memudahkan pakan terlihat dan cepat termakan. 
     
  3. Sirkulasi air dilakukan dengan cepat. Saya menggunakan pompa air shimizu yang biasa digunakan untuk menyedot air sumur untuk sirkulasi, sehingga aliran air yang di sirkulasi lebih cepat. Kedepannya jika ingin menambah kolam, cukup membuat instalasi sirkulasi karena pompa air shimizu diposisi yang sama sudah cukup kuat membuat tenaga sedot dan pompa di dalam kolam.
     
  4. Memiliki kanopi agar terlindungi dari udara luar secara langsung dan air hujan. Tujuannya agar mengurangi masukan dari luar kedalam kolam, sehingga kestabilan kolam tetap terjaga. kami juga berikan jaring pelindung diatas kolam, mencegah ikan lele ompat atau predator dari luar.
     
    Selanjutnya kami sedang mempersiapkan pembuatan pakan buatan untuk stok pakan sebelum kami menebar benih ikan lele. terima kasih :-)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

itu pakek sistem Ras to mas? biofilernya pakek apa?

Mohammad Yusuf mengatakan...

Menggunakan sistem ras...dimana kotoran ikan dan sisa pakan akan kami sirkulasikan dan diolah kembali.

Posting Komentar