Rabu, 24 September 2014

Budidaya sidat kolam drum randi farm






Sidat sudah menjadi salah satu komoditas yang menjanjikan di dunia perikanan di indonesia. Harga jual yang cukup tinggi mencapai Rp 130.000-160.000/ kg menjadikan komoditi ini semakin banyak yang mengusahakan. Kestabilan harga jual dikarenakan sampai saat ini belum ada teknologi pemijahan sidat yang bisa dilakukan, sehingga bibit diambil langsung dari alam dan menjaga harga jual tetap tinggi. Kasus meledaknya reaktor fukushima di jepang yang mencemari lautan jepang, menjadikan jepang mencari sidat sampai ke indonesia. Wilayah indonesia yang kepulauan, banyak lautan dan muara sungai, menjadikan indonesia menjadi tempat yang potensial dalam menghasilkan ikan sidat. 
Kami sedang mencoba membesarkan ikan sidat di cilacap dengan teknologi kolam drum dengan saluran pengeluaran tengah. Pakan ikan sidat yang berbentuk pasta dan protein tinggi kami buat sendiri dengan menggiling daging ikan rucah segar sehingga pakan sidat 100% murni ikan rucah tanpa campuran. Kami juga menjual ikan giling asli dengan harga Rp 7000/kg.


Kolam kami buat dengan drum biru plastik yang kami potong dari drum ukuran 220 liter. Kolam berbentuk bundar sesuai dengan model perikanan intensif. Pengeluaran kami buat tepat ditengah agar kotoran dan sisa pakan mudah terbuang, dan proses pergantian air lebih mudah. Ikan sidat menghendaki lingkungan air yang bersih dan tinggi akan oksigen, sehingga kamu berikan aerator didalam kolam dan pancuran pompa air. Ketinggian air kami berikan 25 cm.









Ikan sidat suka berlindung dan tidak menyukai paparan sinar matahari secara langsung, sehingga kami berikan potongan pipa paralon untuk tempat sidat berlindung. Sejauh ini kami menebar baru di 30-33 ekor selama 1 minggu ikan sidat sudah mulai memakan pakan pasta yang kami buat. Kematian kami alami baru 3 ekor, ikan sehat tidak menggantung dan tidak stres. 





Akan kami update terus informasi terkait budidaya sidat.
Terima Kasih

3 komentar:

Mukhson Sr mengatakan...

ketertarikan maka lebih dahulu dipelajari dan dipahami terimakasing atas postingnya semoga bermanfaat

budikismanto mengatakan...

Artikel yg sangat bermanfaat

budikismanto mengatakan...

Artikel yg sangat bermanfaat

Posting Komentar