Kamis, 23 Oktober 2014

Membuat instalasi pengeringan bahan baku atau pelet secara sederhana ala Randi Farm


Pembuatan pelet atau pakan baik untuk peternakan atau perikanan. Tidak terlepas dari tingkat daya tahan bahan baku atau keawetannya. Salah satu cara untuk menjaga tingkat keawetan bahan baku atau pelet yaitu dengan pengurangan kadar air. Saat ini untuk proses pengurangan bahan baku secara konvensional masih dengan penjemuran namun memiliki keterbatasan yaitu hanya bisa dilakukan saat cuaca panas dan dilakukan hanya pagi sampai sore hari. Cara kedua dengan menggunakan oven namun membutuhkan biaya yang cukup besar.
Hasil dari pengalaman kami di lapang saat pembuatan pakan ikan dan tepung ikan, kami menggunakan cara yang lebih sederhana dan bisa dilakukan baik siang hari maupun malam hari. Tehnik yang kami gunakan yaitu mengalirkan udara panas melalui bahan baku agar cepat terjadi penguapan dan pengurangan kadar air.  Prinsipnya kami mengalirkan udara panas yang ditembakkan kedalam ruangan.
Langkah yang pertama dilakukan yaitu kami membuat balok dengan batu bata dan semen seperti kita membuat bak kamar mandi. ukuran menyesuaikan bisa panjang 2 meter x lebar 1 meter x tinggi 1,5 meter. Bahan dibuat dengan batu bata, semen dan di plester semen agar tahan lama perlu diingat prinsipnya seperti membuat bak kamar mandi dengan bagian atas terbuka.



Langkah kedua setelah bangunan selesai, buat lubang pada bagian bawah untuk tempat mengalirkan udara panas yang ditembakkan ke dalam ruangan bak pemanas.

Langkah ketiga membuat tempat pemanas bahan, kami menggunakan plat besi lubang seperti gambar dibawah ini  dan kami buat penjepit dari  bahan kayu seperti gambar dibawah ini









Tahap terakhir yaitu pengaliran panas, kami sarankan menggunakan pemanas bertekanan atau bisa dengan kompor gas yang ditembakkan dengan blower. Jika tanpa blower bisa menggunakan kompor tikus seperti gambar dibawah ini.




Tehnik ini dilakukan diruangan tertutup sehingga bisa dilakukan saat malam hari dan tidak terganggu cuaca hujan, tehnik ini bisa digunakan untuk mengerikan pelet ikan, unggas, ternak, atau mengeringkan bahan baku agar lebih kering, lebih awet atau untuk tujuan penepungan. Tehnik ini sederhana, tidak memerlukan biaya besar dan bisa dilakukan siang atau malam hari tanpa tergantung cuaca. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. terima kasih :-)





3 komentar:

Meybron Baboe mengatakan...

Mantap dan wajib ditiru.....terima kasih ilmunya.

Anonim mengatakan...

Asapnya gimana gan?

Unknown mengatakan...

asapnya terbang kelangit

Posting Komentar