Sabtu, 24 Oktober 2015

Hidroponik Organik Sayuran Ekspor Sistem Terbuka CV Randi Farm


Hidroponik sudah menjadi tehnik budidaya yang semakin populer saat ini. Saya sendiri masih terus melakukan uji coba menerapkan teknologi hidroponik ini dengan cara paling sederhana dengan menggunakan bahan yang mudah diterapkan pula. Saya M Yusuf Randi selaku Direktur CV Randi Farm yang saat ini juga merangkap sebagai dosen di Fakultas Pertanian Universitas Muhadi Setiabudi dibantu mahasiswa BEM Faperta Universitas Muhadi Setiabudi sedang melakukan uji coba hidroponik organik dengan sistem terbuka. 
Inspirasi ini saya dapatkan sebelumnya dengan melakukan uji coba penanaman hidroponik menggunakan zeolit dengan menggunakan nutrisi organik buatan sendiri. Saat ini kami melakukan uji coba ke sayuran buah tomat melon okra dan sayuran daun seperti pak choy, chaisim, kangkung dan selada. Hasilnya semua sayuran tumbuh dengan baik tanpa sedikitpun menggunakan pupuk kimia AB mix dan tanpa pestisida kimia. Sehingga saya memberi jaminan ini termasuk produk sayuran organik.

Caisim Hidroponik Organik 



Selada Hidroponik Organik



Buah okra hidroponik organik

 Berbagai hasil sayuran daun dan buah menerapkan hidroponik organik

 Buah Okra Merah Hidroponik Organik

Buah Okra Hijau Hidroponik Organik 

Melon Hidroponik Organik 

Tomat Hidroponik Organik 

Selada Hidroponik Organik 

Pak Choy Hidroponik Organik 

Selain menggunakan nutrisi dari bahan organik, tanaman ini juga tidak menggunakan rumah plastik sebagai pelindung. Namun tanaman tetap kuat dan kokoh walau terkena hujan atau angin, sehingga bisa saya simpulkan hidroponik ini menggunakan sistem terbuka.
Perbedaan nutrisi kimia AB Mix dengan nutrisi organik yaitu ada pada pengukuran TDS dan pH air. Didalam pupuk kimia AB mix angka tersebut mutlak diperlukan dan diperhatikan dan jika nutrisi tidak sesuai dengan nilai TDS dan pH yang diinginkan, akan berakibat tanaman akan merespon dengan cepat seperti layu, terbakar atau menguning. 
Apa kelebihan dari pupuk organik?? Penerapan nutrisi organik untuk hidroponik selain biaya pembuatannya murah dan mudah juga tidak dipengaruhi ukuran TDS dan pH. Maksudnya adalah nutrisi organik lebih stabil dan tidak perlu selalu tepat dengan nilai TDS dan pH yang disesuaikan dengan nilai TDS dan pH dari AB Mix. 
Hal ini terjadi karena nilai pH dari nutrisi organik cenderung ke BASA atau tinggi dikisaran 8-9. Bahkan media zeolit juga mendukung meningkatkan pH nutrisi. Namun respon dari tanaman seperti gambar diatas, tanaman tumbuh dengan subur dan sehat. Hal ini menjadi salah satu topik penelitian Doktoral penulis untuk melanjutkan ke studi S3 nya. Bisa jadi ada proses yang terjadi antara zeolit dan nutrisi organik yang menyebabkan terjadinya penurunan nutrisi didaerah sekitar perakaran tanaman, sehingga tanaman bisa tumbuh dengan subur. 
Untuk nilai TDS organik yang kita ukur berkisar di 900 ppm atau 1,7 uC/MS. Nilai ini termasuk tinggi untuk sayuran yang masih muda atau sayuran daun, dan jika diterapkan dengan model AB mix maka tanaman akan terbakar atau membusuk. Namun hal ini tidak terjadi di perlakuan nutrisi organik. 
Saat ini saya aktif melakukan uji coba di Lahan Kampus Universitas Muhadi Setiabudi Brebes. Kami sedang melakukan uji coba hidroponik organik sistem terbuka dengan menanam sayuran-sayuran ekspor seperti Buncis Perancis, Zuchini, Kyuri dan sayuran tomat indigo rose. 

 Zuchini Hidroponik Organik



Kyuri Hidroponik Organik 

Buncis Perancis Hidroponik Organik 

Penanaman dengan Mahasiswa Faperta Universitas Muhadi Setiabudi Brebes 


Hidroponik Organik Sistem Terbuka Sayuran Ekspor

Saya berencana akan melakukan pelatihan Hidroponik Organik ini setelah kami berhasil melakukan ujicoba sampai pemanenan tanaman yang ditanam. Akan kami update terus informasi ini sebagai bahan ilmu dan inspirasi untuk kita semua. Terima Kasih

5 komentar:

Soekarno Filantropis mengatakan...

Pak randi yth, apakah boster amino liquid benar benar bisa mengganti minyak ikan ?, coz tanpa minyak ikan pakan gak dimakan sempurna sama lele.

Semoga gak cuma iklan / endorse..

Mohammad Yusuf mengatakan...

Salam bapak soekarno. Kami sudah sejak tahun 2013 sudah tidak bergerak di produk ikan2an..termasuk amino liquid. Amino liquid membantu juga agar aroma pakan lebih amis..jika menggantikan minyak ikan kami belum pernah menguji coba dengan membandingkan respon ikannya.mohon maaf.

Soekarno Filantropis mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Soekarno Filantropis mengatakan...

.Haaah......kok bisa begitu pak, padahal saya suka sekali blog ini dan followersnya & konsumen bapak juga udah banyak. Boleh tahu alasanya pak, Coz saya baru aja dapetin link bahan tepung ikan dan roti bs. Saya pakai blog bapak buat referensi saya.....

Thanks pak randi.

anugerah bhavati mengatakan...

Pak boleh Tahu resep pupuknya, Dan cara pembuatanya?

Posting Komentar