Jumat, 17 Februari 2017

Bahan protein untuk membuat pakan. (Tahap 2 membuat pakan mandiri)





Salah satu bahan yang penting wajib tersedia dalam pembuatan pakan adalah bahan protein. Protein salah satu gizi yang tidak hanya membentuk masa otot tapi juga bisa berfungsi pengganti sumber tenaga yang biasa kita ketahui ada di karbohidrat. Dalam kegiatan pembesaran ikan, penggemukan unggas, ayam petelur, penggemukan kambing dan sapi, burung puyuh. Salah satu bahan yang biasa kita sebut konsentrat sebetulnya sumber protein.
Lalu sumber protein disekitar kita bisa didapatkan dimana??
Wilayah yang dekat dengan lautan, bisa mendapatkan bahan protein dari ikan2 rucah, ikan bs, namun tidak disarankan ikan asin. Ikan asin terlalu banyak garamnya hingga 70% dari bobot total. Selain itu ada pula limbah penetasan telur, limbah pemotongan sapi, limbah penggemukan ayam. Intinya limbah-limbah yang berasal dari hewani bukan campuran seperti limbah sosis, limbah susu dll.
Saya sangat sarankan berasal dari hewani karena segala gizi dan vitaminnya sudah komplit untuk kebutuhan pakan ternak. Daging hewan atau telur selain sudah mengandung asam amino juga mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan ternak baik itu ikan, unggas, dan sapi kambing. Bagaimana dengan protein dari nabati seperti bungkil kedelai, ampas tahu dll. Boleh saja dicampurkan namun yang terbaik tetap dari hewani. Dan melihat di lapang bahan protein nabati seperti bungkil kedelai dan ampas tahu sudah bersaing untuk mendapatkannya.
Jadi tahap 2 untuk membuat pakan mandiri yaitu survey bahan protein hewani yang bisa anda dapat di sekitar wilayah anda??
Selanjutnya akan kami share kan menyimpan bahan protein untuk pakan mandiri. Semoga bermanfaat.
CV RANDI FARM

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Ijin share info min:

Sedia tepung Roti dari fresh kulit roti tawar. Side product/ bad stock fresh. Cocok unt pakan ternak. Tidak repot sortir gula/selai. Non jamur. Lokasi pondok cabe, untuk kebutuhan sekitar tangsel, parung, gn sindur dan depok. Harga Rp. 2800 bahan kulit kering, Rp. 3500 tepung per Kg. Cod lokasi/ loco gudang. Min 500kg. PM. Hub : 08987300699/ WA

Posting Komentar