Sabtu, 18 Februari 2017

TIPS MEMBELI TEPUNG IKAN





Bahan tepung ikan merupakan sumber protein yang paling mudah didapatkan untuk bahan pembuatan pelet ikan, namun bahan ini paling sering dipalsukan oleh suplier atau produsen. Warna tepung ikan ada yang coklat dan ada yang abu-abu. Warna ini mudah dipalsukan dengan menambah beberapa campuran bisa dari tanah, tepung tulang atau kerang atau bahan lain yang lebih murah. Beberapa pabrik pakan ikan juga enggan membeli tepung ikan lokal karena banyaknya campuran. Bagaimana tips untuk mendapatkan tepung yang baik :

•Tepung ikan yang murni warnanya homogen tidak banyak campuran dengan warna lain artinya jika warna tepung coklat maka semua tepungnya dominan coklat bukan ada warna hitam, warna putih atau bahan lain yang bukan serbuk.

•Aromanya akan lebih amis atau menyengat tidak banyak kotoran atau bahan lain.

•Beli ditempat yang memproduksi tepung ikan secara langsung jangan melalui makelar karena kualitasnya akan meragukan, diamati kondisi tempatnya apakah memang memproduksi atau hanya mengambil saja. Beberapa tepung ikan lokal memang menambahkan campuran sehingga harus lebih hati-hati.

•Uji sampel bahan tepung ikan secara acak ditempat produksi, jangan percaya sampel tepung ikan yang diberikan langsung karena bisa saja yang diambil kualitasnya yg bagus saja, tapi saat dikirim akan jelek kualitasnya.

•Uji sampel tepung ikan di laboratorium yang bebas, seperti dinas perikanan atau universitas. Uji sampel tepung ikan dari kadar proteinnya dan TVBNnya. TVBN adalah parameter kesegaran tepung ikan. Parameter ini biasa digunakan oleh perusahaan produksi pelet karena merupakan faktor penting setelah protein sebagai syarat bahan baku yang baik.

•Jangan membeli tepung ikan asin karena hampir 80% bahannya terdiri atas garam bukan protein tepung ikan. Tepung ikan ini bisa saja dibuat tawar dengan melalui proses perendaman dan perebusan namun hasil akhirnya akan menyusut sampai 80%.

•Pembeli hendaknya membuat surat perjanjian kepada penjual terkait jaminan kualitas bahan yang dibeli, karena bisa saja di awal pembelian tepung ikan diberikan yang kualitasnya baik, tapi selanjutnya tepung ikan diberikan yang campuran atau kualitasnya tidak baik. Saat pembelian dan pengangkutan bahan hendaknya pembeli ikut dalam proses pengangkutan dan packing tepung ikan untuk menjamin kualitas tepung ikan yang dibeli.
 
Semoga informasi ini bermanfaat.

CV RANDI FARM

2 komentar:

Acep Wahidiat mengatakan...

Slmt malam Mas Randi, apakah boleh bahan tepung ikan klo diganti langsung dengan bahan ikan basah?

Unknown mengatakan...

Ijin share info min:

Sedia tepung Roti dari fresh kulit roti tawar. Side product/ bad stock fresh. Cocok unt pakan ternak. Tidak repot sortir gula/selai. Non jamur. Lokasi pondok cabe, untuk kebutuhan sekitar tangsel, parung, gn sindur dan depok. Harga Rp. 2800 bahan kulit kering, Rp. 3500 tepung per Kg. Cod lokasi/ loco gudang. Min 500kg. PM. Hub : 08987300699/ WA

Posting Komentar